Presiden Kyoto Animation: “Semua Data Animasi dan Komputer Musnah Terbakar”

July 20, 2019 3:38 pm
Presiden Kyoto Animation: “Semua Data Animasi dan Komputer Musnah Terbakar”

Melalui wawancara untuk media massa pada hari Jumat, presiden Kyoto Animation Hideaki Hatta menyatakan bahwa semua materi animasi dan komputer yang disimpan di gedung Studio 1 hancur akibat kebakaran pada hari Kamis lalu. Hatta mengatakan kepada media, “Jumlah kerugian? Ekstrem. Saya tidak tahu detail lengkapnya.”

Bangunan Studio 1 Kterletak di dekat Stasiun Rokujizō di Kota Uji di Kyoto. Sebagian besar produksi utama studio berlangsung di dalam gedung. Perusahaan ini juga memiliki kantor pusat, gedung Studio 2, Kantor Tokyo, dan gedung Animasi DO di lokasi lain.

Hatta menyatakan dalam wawancara, “Saya sangat sedih. Saya tidak tahan. Dalam mimpi saya, saya tidak bisa membayangkan bencana sebesar itu akan terjadi.” Dia kemudian menambahkan, “Ini adalah pukulan serius bagi perusahaan kami dan industri kami. Masing-masing dari mereka adalah rekan yang sangat baik dan luar biasa.”

Polisi Prefektur Kyoto juga mengumumkan pada hari Jumat bahwa satu lagi pria korban kebakaran hari Kamis di gedung Studio 1 telah meninggal dunia. Dia dirawat karena luka-lukanya di rumah sakit. Korban tewas dari kebakaran yang disebabkan oleh pembakaran yang diduga sekarang telah mencapai 34 orang.

Pelaku yang merupakan pria berusia 41 tahun ditahan. Polisi akan memulai interogasi setelah pelaku sembuh dari luka-lukanya.

Sumber ANN (1, 2), NHK