Mangaka Flying Witch akan Donasikan Hasil Penjualan Volume ke-8 Kepada Kyoto Animation

July 24, 2019 11:25 am
Mangaka Flying Witch akan Donasikan Hasil Penjualan Volume ke-8 Kepada Kyoto Animation

Mangaka dari seri Flying Witch, Chihiro Ishizuka membuat cuitan lewat akun twitternya pada 19 Juli lalu. Dalam cuitan tersebut ia menyatakan akan mendonasikan sebagian hasil penjualan volume ke-8 manganya tersebut kepada studio Kyoto Animation. Ishizuka menambahkan bahwa donasi tersebut diambil dari penjualan fisik dan digital volume ke-8 manganya.

Volume ke-8 dari manga Flying Witch akan dirilis di Jepang pada 9 Agustus mendatang dalam edisi spesial dan reguler. Dalam edisi spesial terdapat tambahan sebuah CD drama . Pada edisi sebelumnya, Ishizuka mendonasikan hasil penjualan volume ke-7 manganya untuk korban bencana pasca hujan lebat yang melanda Jepang tahun lalu.

Tidak hanya Ishizuka, sebelumnya beberapa organisasi seperti Crunchyroll, Sentai Filmworks, Animate, pemerintah kota Uji, dan organisasi lainnya telah mengumpulkan donasi dan pesan dukungan terhadap Kyoto Animation dan para korban kebakaran. Dalam penggalangan dana yang dibuka oleh Sentai Filmworks di situs GoFundMe, hingga hari ini telah terkumpul lebih dari 2 juta Dolar Amerika Serikat. Eleven Arts, perusahaan distribusi film dari Los Angeles juga membuat kampanye origami burung bangau (Ori-Tsuru) dan akan dikirimkan langsung ke studio KyoAni.

Pada hari Selasa lalu, Kyoto Animation telah mengumumkan untuk membuka donasi setelah terjadinya pembakaran studio 1 pada hari Kamis yang menewaskan 34 jiwa dan 34 lainnya luka-luka. Detail untuk bagaimana cara memberikan donasi ini akan diinformasikan oleh para staf KyoAni dalam waktu dekat.

Dalam berita sebelumnya, Hideaki Hatta, presiden dari Kyoto Animation menyatakan akan meruntuhkan sisa bangunan studio 1 dan membuat sebuah taman umum dengan sebuah monumen memorial di tengahnya.

Sumber: The Mainichi Shimbun, ANN, Chihiro Ishizuka