Data Server Studio 1 Kyoto Animation Berhasil Diselamatkan, CEO Rilis Pernyataan Resmi

July 30, 2019 12:14 pm
Data Server Studio 1 Kyoto Animation Berhasil Diselamatkan, CEO Rilis Pernyataan Resmi

Setelah bencana 18 Juli kemarin, studio Kyoto Animation telah merilis pernyataan resmi untuk bencana ini. Saat ini telah tercatat 35 orang meninggal dan 33 terluka akibat bencana ini.

CEO Hideaki Hatta menyampaikan pernyataan berikut di 5 bahasa:

Kekejaman yang tidak terduga ini telah mengambil banyak teman dan kolega kita dari masa depan mereka yang cerah dan telah menyebabkan banyak orang terluka berat.

Berita dari seluruh dunia memberi tahu kita bahwa banyak orang yang telah mengirimkan pesan dan doa kepada kita, yang bagaikan lilin dalam kegelapan, bagi kita yang terjebak dalam kegelapan kesedihan yang paling dalam.

Ada banyak teman dan kolega yang dirawat di rumah sakit dan menderita, memperjuangkan hidup mereka.

Tolong beri kami waktu.

Kami berjanji bahwa Kyoto Animation akan terus membuat animasi yang membantu orang-orang memiliki impian, harapan, dan mengesankan mereka.

Kyoto Animation akan terus membuat karyawan dan stafnya menjalani kehidupan yang bahagia, dan berkontribusi bagi masyarakat dan komunitas lokal.

Saya yakinkan Anda bahwa Kyoto Animation tidak akan menyerah, kami tidak akan pergi begitu saja… kami tidak akan menghilang tanpa perlawanan!

Di sisi yang lebi cerah, telah dilaporkan bahwa material produksi dan data lainnya ditemukan di server data yang terletak di lantai pertama gedung Studio 1 Kyoto Animation. Daisuke Okeda, pengacara Kyoto Animation telah disewa untuk berkomunikasi kepada publik tentang kebakaran; mengkonfirmasi bahwa semua data di server telah dipulihkan tanpa kerusakan.

Server diisolasi di ruang terpisah yang sepenuhnya dikelilingi oleh beton di lantai pertama gedung. Ruangan itu terpisah dari area tangga tempat seorang pria berusia 41 tahun diduga menyalakan api pada tanggal 18 Juli. Oleh karena itu, server dilindungi dari api dan juga dari air yang digunakan dalam upaya pemadaman kebakaran.

Okeda menyatakan bahwa spesialis dapat sepenuhnya memulihkan data dari server, tetapi ia tidak memastikan data apa yang ada dalam server.

Selain itu, surat kabar Mainichi Shimbun melaporkan pada hari Senin bahwa sumbangan untuk Kyoto Animation telah melebihi 1,2 miliar yen pada hari Senin.

Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga menyatakan bahwa pemerintah Jepang sedang mempertimbangkan langkah-langkah dukungan untuk Kyoto Animation setelah kebakaran. Berbagai pihak telah mengusulkan langkah-langkah dukungan untuk para korban dan perusahaan. Proposal tersebut mencakup saran keringanan pajak untuk sumbangan, dan memberikan dukungan untuk pelatihan animator.

Suga menyatakan pada konferensi pers tentang proposal bahwa ia sedang mempertimbangkan langkah-langkah dukungan yang lebih konkret, tetapi pertama-tama dia ingin menilai situasi dengan lembaga pemerintah terkait sebelum membahas langkah-langkah seperti kompensasi kepada mereka yang meninggal atau terluka, atau pembangunan ulang manajemen.

Suga juga menyatakan bahwa ia khususnya ingin membahas proses dukungan melalui Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri, serta lembaga pemerintah lainnya, mengenai penerimaan uang sumbangan di dalam negeri dan dari luar negeri.

Sumber: ANN (1,2,3) Japan today