Dokter THT Ungkap Teori Mimisan oleh Karakter Anime dan Manga

July 30, 2019 6:19 pm
Dokter THT Ungkap Teori Mimisan oleh Karakter Anime dan Manga

Karakter anime dan manga kerap kali menampilkan kebiasaan yang dianggap tidak wajar. Salah satunya adalah mimisan yang terjadi dikarenakan melihat sesuatu yang dianggap merangsang. Mulai dari karakter laki-laki yang melihat bagian tubuh karakter perempuan secara sengaja atau tidak sengaja, hingga dorongan seksual akibat berdelusi terhadap fetish mereka masing-masing.

Admiral yang tengah mimisan setelah didekati Tenryuu

Sebuah pemikiran menjelaskan bahwa gairah seksual menyebabkan naiknya tekanan darah, hingga memicu sebuah mimisan hebat. Memang benar bahwa keadaan yang menggairahkan atau memalukan dapat memicu terjadi geyser darah keluar dari lubang hidung kalian, tapi apakah hal tersebut yang menyebabkan terjadinya mimisan hebat?

Dalam wawancaranya dengan NicoNico News, seorang dokter  THT (Telinga, Hidung, dan Tenggorokan) dari Kaneyama Clinic, Prefektur Yamaguchi bernama Dr. Koichiro Kanaya  menjelaskan, “Memang benar tekanan darah akan naik saat kita merasa terangsang, dan hal ini sudah pernah diteliti, akan tetapi tidak ada hubungan antara rangsangan semacam ini dengan mimisan”. Dokter ini memberikan fakta bahwa mimisan biasanya terjadi saat ada luka pada bagian septum nasal manusia.

NouCome nosebleed

“Dikarenakan bagian dalam hidung adalah bagian yang rawan di tubuh manusia, saya dapat mengerti sebuah teori dimana tekanan darah yang meningkat dikarenakan gairah seksual dapat menyebabkan mimisan.  Akan tetapi, tubuh manusia terbuat dari berbagai bagian yang lembut dan fleksibel, sehingga aku tidak dapat menyangkal argumen ini sepenuhnya.”

Lalu mengapa kita sering melihat kejadian ini di dalam anime, novel visual dan manga?

Nagato dari Kantai Collection tengah mimisan

Dr. Kanaya memiliki teori tentang hal tersebut. “Pada masa lalu, orang-orang seperti pegulat profesional sering kali membuat luka lecet di bagian dahi mereka untuk meningkatkan intensitas dan atmosfer pertandingan. Aku hanya membayangkan ide semacam memberikan rangsangan ekstrem dan kelebihan dari sebuah kekuatan digambarkan sama seperti mimisan, dan hal tersebut muncul menjadi cara yang dapat diterima untuk mewakili perasaan tersebut.”

Jadi mimisan yang muncrat tersebut adalah ekspresi dari sebuah perasaan? NicoNico News juga memberikan komentar bahwa melihat karakter anime dan manga mengalami ledakan dahsyat tersebut menandakan karakter tersebut sangat sehat sempurna. Bahkan, sangat terlalu sehat.

Gambar: 1, 2

Sumber: Soranews, NicoNico News