Drummer X Japan, Yoshiki Donasikan 10 Juta Yen untuk Kyoto Animation

August 2, 2019 5:13 pm
Drummer X Japan, Yoshiki Donasikan 10 Juta Yen untuk Kyoto Animation

Yoshiki Hayashi atau biasa dikenal sebagai Yoshiki, adalah seorang musisi yang terkenal sebagai personil dari grup band rock visual kei, X Japan. Yoshiki sudah aktif di dunia musik sejak 1989, dan tidak hanya menabuh drum di bandnya, ia juga seorang komposer, produser dan penulis lirik. Baru-baru ini, musisi kelahiran Prefektur Chiba ini mendonasikan sejumlah uang untuk meringankan beban korban kebakaran Kyoto Animation.

Melalui yayasan miliknya, Yoshiki Foundation America yang bermarkas di California, Yoshiki menyumbangkan sekitar 10 juta yen (92.600 Dolar Amerika Serikat). Donasi ini disalurkan melalui rekening yang telah dibuka oleh CEO Kyoto Animation, Hideaki Hatta.

Kedermawanan Yoshiki bukan berasal dari kerjasama yang pernah dilakukannya dengan studio Kyoto Animation. Dari seluruh daftar lagu yang ia bawakan, hanya sedikit yang tampil dalam anime atau film anime. Lagu-lagu yang dibawakan tersebut sama sekali tidak ada yang berkaitan dengan Kyoto Animation. Akan tetapi, sang bintang merasakan adanya hubungan yang mendalam dan mengapresiasi kinerja Kyoto Animation di dunia animasi Jepang.

“Saya telah menjalani konser di berbagai belahan dunia, dan di setiap negara tempat saya tampil, banyak penggemar animasi datang ke acara saya dan juga mendukung musik saya. Saya sangat bersyukur kepada mereka. Saya juga ingin melakukan hal dapat mendukung berbagai bentuk seni dari animasi Jepang, dimana animasi adalah harta di dunia kita dan sebuah bentuk dari pengembangan budaya.

Hati saya sakit saat memikirkan luka dari keluarga yang ditinggalkan. Saya berharap tindakan ini dapat memberi kenyamanan sedikit bagi orang-orang yang terpengaruh tragedi ini, dan saya berharap orang-orang lain dapat membantu juga.”

Yoshiki, Drummer dari grup band X Japan

Pernyataan Yoshiki dan pembeberan angka donasi ini terangkat pada hari Kamis lalu, sehingga belum diketahui apakah 10 juta yen yang didonasikan termasuk dalam 1,16 miliar yen yang telah masuk rekening pada 31 Juli lalu. Akan tetapi, kami berharap donasi tersebut dalam membantu karyawan Kyoto Animation yang telah berjanji tidak akan menghilang tanpa perlawanan.

Belum lama ini, Kyoto Animation juga merilis informasi terkait data di server mereka yang diragukan telah terlahap api. Melalui sebuah pernyataan resmi, material produksi dan data lainnya telah ditemukan di server data yang terletak di lantai pertama Studio 1 Kyoto Animation.

Gambar: Instagram 

Sumber: Soranews, Yahoo! Japan News