[JOI Spotlight] Maximum Power Edition

August 4, 2019 6:55 pm
[JOI Spotlight] Maximum Power Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama untuk bulan Agustus ini. Seperti biasa para staf akan menghadirkan berbagai impresi untuk seri yang telah hadir di minggu ini.

Vinland Saga 04

Kaptain

Yang Thorffin tangkep dari pesan terakhir bapaknya agaknya “Jangan pake pedang, piso masih oke”, hasilnya dia bakal kejebak di ekspedisi militer yang traumatik. Then again, banyak cerita yang biang kerok utamanya itu “Orang salah ngartiin pesan terakhir”.

Vento Aureo 38-39 (End)

Kaptain

Nggak cocok juga sih bilang Rolling Stone itu victory lap buat tim kita. Ujung-ujungnya tuh batu buat ngasih jump scare aja di akhir cerita buat Mista, because dude keeps getting owned. Entah bagian Fugo nanti bakal dapet OVA juga kayak Rohan apa nggak, tapi Vento Aureo secara efektif dah selesai.

Diavolo itu orang yang ngeliat masa lalu sebagai beban dan GER ngehukumnya dengan nggak ngasih dirinya akses ke masa depan. Sebenarnya dah cukup dia itu dibunuh sama orang yang ketagihan narkoba, tapi ya dapetnya “kematian” paling brutal dari seri ini.

Adaptasi yang kompeten buat part Jojo. Diluar beberapa duel yang ada Mista-nya secara keseluruhan saya nggak terlalu antusias. Habis ini kebanyakan Stand, kecuali yang punya final boss part 6; udah nggak separah GER & King Crimson lagi karena Araki juga sadar dua stand ini terlalu kebangetan bahkan untuk standar Jojo.

Fun fact. Saya lupa sumber kalkulasinya; tapi berhubung kejadian part 5 ini durasinya seminggu rata-rata Mista itu kena tembak sekali tiap 4 jam.

Katsukemo 05

Kaptain

Incarnate kali ini itu harusnya dah langsung masuk watchlist. Ini orang yang bilang “Yuk genosida satu negara” selama perang dan tim kita kaget pas jadi Gargoyle moralitasnya jadi nggak beres banget.

Kaczmarek

Lagi serius membicarakan kasus, tiba-tiba!

Hensuki 04

Kaczmarek

Sakit kepala saya mendengar Mao ternyata seorang fujoshi garis keras. Sudah dibuat naik setinggi-tingginya, kemudian malah meminta Keiki untuk bergumul lebih intim dengan Shouma. Namun peluang Mao untuk menjadi pasangan Keiki tampaknya masih sangat terbuka lebar setelah monolog bagian akhirnya. Informasi terbaik dari episode ini selain peluang tadi adalah aset milik Mao ternyata lumayan juga ya hehe. Ngomong-ngomong Gainax Bounce di anime ini akan makin sering terlihat jikalau Sayuki muncul lagi.

Saya mau menebak kepribadian Mizuha (adiknya Keiki) dibalik topeng imouto teladan ini adalah yandere?

Seitokai Yakuindomo OVA 08

Kaczmarek

I don’t want to watch this show again actually, but growing up since 2010 with this kind of anime really encouraging me to go back. Baiklah, cukup itu saja untuk mengenang masa tersebut. Dalam episode ini kita disajikan proyek film yang menampilkan anggota OSIS sebagai pemainnya. Proyek filmnya dibantu oleh sextoys collector Nene sebagai editor (pertanda buruk), scandal paparazzi Ranko sebagai kameramen (makin buruk), judo waifu Mutsumi (stunt woman), dan masih banyak lagi. Suzu berperan sebagai adik protagonis yang diperankan Tsuda. Kemudian Shino menjadi siswi dengan cinta yang berbalas, dan Aria jadi siswi cantik (cuma itu).

Di sekolah lain, Uomi akhirnya merekrut seorang anak kelas 1 yang bernama Iyo Yuu Hirose. Tidak seperti sekolah sebelah yang punya Hagimura yang pendek banget, Uomi merekrut Yuu karena badannya tingginya melampaui Tsuda. Saya tidak mengerti alasan lain Uomi merekrutnya, bahkan posisinya di OSIS ternyata cukup aneh.

Sounan desu ka? 05

Kaczmarek

Shion memang tipikal anak manja disini, namun perlahan dia bisa makin dewasa dan dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Tapi kelakukannya kali ini malah ngingetin saya dengan Erina Nakiri. Siapapun atau merek lingerie apapun, tolong sponsori seri ini karena fanservice BH dan bawahannya sangat banyak. Oiya, saya ingin menyematkan “Heroine Tersabar Musim Ini” untuk Homare karena bisa menanggapi keluhan teman-temannya dengan kepala dingin, dan juga barbeque solves problems.

Kengan Ashura Season 1

Kaptain

Mari kita mulai dari masalah-masalah fundamental dalam mengadaptasi anime seri ini. 1. Kengan Ashura itu muatan ceritanya Gede Banget, 2. Karakter Banyak Banget, 3. Animasi manga-nya jauh lebih bagus dari kebanyakan anime, 4. Ga ada poin berhenti yang enak, keseluruhan turnamen perlu diadaptasi.

Adaptasi Netflix ini banyak banget komprominya. Beberapa pertarungan disingkat habis-habisan, beberapa karakter ilang, character building moment dilewatin, dan penggunaan transisi 2D-3D ngeganggu banget. Aksinya memang lebih bagus dari dugaan saya, tapi ini dibebanin sama model 3D yang jelek. Untuk aspek yang anime ini bener-bener bagus itu di casting seiyuu-nya, visualisasi flashback yang punya gaya motion comic dan openingnya.

Saya bakal terus ngerekomendasiin manganya. Kalian yang masih ingin nonton cuma perlu tahu aja kalau musim ini sampe Muteba vs Meguro aja.

DanMachi Season 2 04

Kaczmarek

Akhirnya, pertarungan kilat ini berakhir dan kebutuhan papan Hestia familia paling tidak sudah terpenuhi. Lalu setelah ini, masalah apa yang akan muncul menghinggapi Bell dan kolega? Semoga bukan karena rebutan ranjang Arde sama Hestia. Tidak, Mikoto akan tetap suci di rumah barunya.

Machikado Mazoku 03-04

Kaczmarek

Saya punya kekhawatiran Shamiko bakal terus jadi bahan bully-an Momo sampai akhir musim. Tapi fokus ceritanya mungkin memang berfokus pada kegiatan perpeloncoan ini. Jikalau adiknya Shamiko, Ryouko yang menjadi demon disini mungkin ceritanya akan terbalik.

Fire Force 04

Kaptain

Yeah, bagian pengadilannya itu jauh lebih brutal di manga-nya. Ini penyesuaian yang bahkan kalaupun tragedi Juli kemarin nggak terjadi bakal tetep saya terima, it’s way too gratuitous. Seneng aja sang princess digarap Shaft.

Araburu Kisetsu no Otome-domo yo 04

Kaczmarek

Cerita disini makin bercabang tiap karakter utamanya. Niina terlebih dahulu, di episode ini dijelaskan masa lalu tentang bagaimana ia bisa membentuk karakter utuh yang kini ia pegang. Berawal dari kontak dengan pedofil, hingga malah memiliki perasaan terhadap pedofil ini. Namun beruntungnya, pedofil ini tidak melangkahi garis lebih jauh dan malah membantu Niina menjadi gadis yang penuh pemikiran.Saat tumbuh lebih matang, pedofil ini akhirnya meninggalkannya.

Kazusa, masih dengan konflik batin dan malah menjauhi Niina dikarenakan salah paham. Jika Kazusa berani ngobrol dengan Niina paling tidak masalahnya bisa terselesaikan. Kemudian Momoko, ia mulai masuk tahap “every treatment, comes reaction”. Hitoha, mulai mengenal namanya erotisme konseptual dari gurunya sendiri. Mengkhawatirkan jika suatu saat Hitoha malah makin nekad mencoba hal yang disarankan gurunya ini.

Rika mendapat porsi pendek untuk episode ini, namun dipenuhi dengan suka cita. Akhirnya dengan penuh vokal tinggi, kapal Rika x Shun akhirnya berlayar jauh. Nah, sampai kapan mereka akan bertahan?

Okaasan Online 05

Kaczmarek

Saat ibu-ibu melawan ibu-ibu, maka yang pusing adalah anaknya. Memang arc Wise dan ibunya ini tidak terlalu menarik bagi saya, namun bagaimana Mamako ikut andil dalam penyelesaian masalah ini yang paling ditunggu-tunggu. Herannya ibunya Wise ternyata langsung logout, dan kemudian Wise masih menempel dengan Masato.

Joshikousei no Mudazukai 05

Kaczmarek

Lily, murid baru di sekolah ini punya alergi terhadap pria, dan juga terhadap binatang amfibi. Kenapa binatang amfibi? Karena Tanaka alias Baka adalah manusia jelmaan katak goliath yang kelaminnya tidak jelas yang juga menjadi penyebab alergi Lily kambuh. Bahkan Wota dan Robo mengapresiasi kemampuan Lily untuk membedakan perempuan dan amfibi.

Loli kembali menunjukan betapa polosnya dia, terutama saat ditanya bagaimana bayi bisa lahir. Lily dengan kurang sensitifnya mengajarkan, bayi bisa lahir jika pria dan wanita saling beradu daging.

Yamai kembali mengakhiri episode ini dengan fantasinya. Beruntungnya Masataka sudah mengetahui bagaimana menjinakkan binatang ini, yaitu dengan memanggil orang tuanya.

Kimetsu no Yaiba 18

Kaptain

Lucu aja sih pas nyadar Rui & Shigaraki (BnHA) itu punya seiyuu sama. Cuma ya biang kerok rusaknya keluarga di sini ya Rui. Hashira di opening yang diliatin sebelumnya Giyuu aja, tapi sekarang Shinobu juga ada.

Girls Frontline 03

Kaptain

Episode AR15. Saya tahu ini anime pendek jadi polish-nya bisa banyak, tapi sound design episode ini surprisingly great. Mari kita liat apakah dasi/choker/kalung modifikasi ini bakal nongol juga digame-nya. Masih belum nyampe di global, tapi Equipment Pill itu sesuatu yang saya harap secepetnya bisa diimplementasi.

Fate/ Grand Order

FYI, Chaldea base is on Antarctica. Why the heat problem.

NA Server

Kaptain

Masih ngehemat buat Raikou minggu depan. Grinding untungnya gampang dan kedepannya paling mainin highlight doang. Challenge quest juga jauh lebih mendingan dibanding Crab-Boar hell kemarin.

Ini lebih ke JP, tapi saya perlu bilang there’s butt load of cool update. Yang paling penting ya 11 roll yang standar di gacha lain tapi berkah banget di neraka gacha FGO.

Gundam Battle Gunpla Warfare

Kaptain

Main bentar aja berhubung storage-nya makan banyak banget jadi maaf kalau saya nggak bisa ngasih impresi mendalam sama gameplay-nya. Pake Max Pro M2 dan anehnya lancar di stage tapi seret di menu. Tumben aja buat 10 roll cuma sekitar 14 USD, biasanya game gacha tuh 30 USD. Kemungkinan besar karena gacha-nya utamanya buat dapetin part yang bakal butuh banyak banget melihat kita bakal butuh lebih dari 1 plamo buat tim.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Saya harap listrik para pembaca yang di Jawa Barat dan sekitarnya sudah bisa jalan.

Header: GuerillaBoy_