Makanan, Tidur atau Seks? Netizen Jepang Menjawab Survey Hasrat yang Tak Bisa Ditinggalkan

August 17, 2019 3:28 pm
Makanan, Tidur atau Seks? Netizen Jepang Menjawab Survey Hasrat yang Tak Bisa Ditinggalkan

Dalam psikologi terutama di Jepang terdapat istilah bernama “Sandai Yokkyu”. Jika diterjemahkan maka istilah tersebut berarti “tiga hasrat terbesar”, dimana ketiganya yakni rasa lapar akan makanan, keinginan untuk tidur, dan hasrat untuk seks. Ketiga hal tersebut yang seharusnya berfungsi sebagai motivator bagi setiap manusia.

Namun dari ketiganya, mana yang lebih besar? Sirabee, situs survey dari Jepang mencari tahu jawabannya. Jumlah responden yang didapat mencapai 1.781 orang. Responden disini telah menjawab pertanyaan, “Manakah dari tiga hasrat yang anda tidak dapat hidup tanpanya?”.

Setelah ditabulasi, peringkat pertama diduduki oleh makanan dengan total suara lebih dari 53,7%. Sementara itu, suara dari pilihan hasrat untuk tidur mencapai 38,7%. Ajaibnya, suara dari keinginan untuk melakukan hubungan  seks hanya 7,6%.

Meskipun ada beberapa keinginan untuk menunjukan angka-angka tersebut sebagai bagian dari rendahnya tingkat kelahiran di Jepang, perlu untuk diingat bagaimana pernyataan itu diungkapkan: “Manakah dari tiga hasrat yang anda tidak dapat hidup tanpanya?”. Salah satu responden menulis komentar, “Jika kamu tidak makan, maka kamu akan mati.” Ya, tentu saja pilihan yang sangat jelas.

Sementara itu, jumlah suara yang memilih keinginan untuk tidur terlihat cukup aneh. Namun jika melihat salah satu studi, Jepang berada di peringkat paling bawah dalam jumlah waktu tidur yang dilakukan masing-masing gender. Rata-rata wanita Jepang hanya tidur selama 6 jam 30 menit, sementara itu pria Jepang tidur rata-rata hanya 6 jam 40 menit. Tidak heran, banyak orang-orang disana sering sekali ditemukan tertidur di dalam angkutan umum seperti bus dan kereta. Pilihan tempat tidur lain yang terjangkau adalah net cafe, yang sekarang banyak ditemukan memiliki fasilitas seperti hotel. Selain itu jika ingin mencuri-curi waktu tidur, bisa juga menggunakan trik tidur 10 menit dari salah satu mangaka, Onodera-san.

Dengan tingginya perolehan jumlah suara untuk makanan dan tidur, maka rendahnya suara dalam pilihan seks tidak serta merta menunjukan rendahnya gairah seks orang-orang Jepang. Hal ini juga masih terkait dengan pertanyaan dan pilihan yang disediakan. Salah satu responden menjelaskan, “tidak dapat makan atau tidur itu masalah hidup dan mati.”. Sementara itu 7,6% responden yang memilih seks menjelaskan bahwa hidup mereka tak akan bahagia jika mereka tidak aktif secara seksual., paling tidak mereka masih diberi nikmat untuk hidup.

Lalu, Jika disuruh memilih, kalian akan memilih yang mana?

Sumber: Soranews