[JOI Music] RAISE A SUILEN

August 26, 2019 12:41 pm
[JOI Music] RAISE A SUILEN

Sekian lama absen, akhirnya JOI Music kembali mengudara di hari Senin seperti biasanya. Edisi kali ini, kita akan membahas sebuah band kembali setelah terakhir kali saya mengangkat topik Ho-kago Tea Time dulu. Lalu, siapa band yang hadir dalam edisi ini? Sebuah band, yang.. unik, energik, dan pastinya sangat menarik untuk diulas. We are RAISE A SUILEN!

THE THIRD

Band ini hadir dalam BanG Dream! dengan nama awal THE THIRD. Sesuai namanya, band ini berperan sebagai orang ketiga atau band ketiga karena sebagian besar member band lainnya yakni Afterglow, Pastel*Palettes, Hello! Happy World, dan Glitter*Green tidak dapat memainkan alat musik. Maka dari itu dibentuk lah THE THIRD ini untuk mengisi kekurangan tersebut. THE THIRD sebelum memiliki nama dan diresmikan sebagai band ketiga, muncul ke publik pertama kali pada ulang tahun Bushiroad ke-10, tepatnya 30 April 2017 silam. Dimana hanya tiga orang yang tampil, yaitu Raychell sebagai bassis dan vocalis, Otsuka Sae sebagai gitaris dan Natsume sebagai drummer. Mereka tampil dengan lagu original ciptaan Raychell yang berjudul “Are you ready to FIGHT”.

Dari semua kostum RAS ini yang paling aneh

Berjalannya waktu hingga mereka akhirnya mendapatkan member selanjutnya yaitu Kurachi Reo sebagai keyboardis yang secara bersamaan mereka diberi nama THE THIRD dan resmi menjadi band ketiga. THE THIRD mengawali langkahnya sebagai band ketiga dalam acara Garupa Live pada awal tahun 2018 dimana mereka membawakan instrumental lagu lagu seperti “Don’t be Afraid“, “Egao no Orkestra“, dan “Shuwarin Dreamin“. Tentu, mereka membawakan instrumental lagu tersebut dengan sukses.

RAS with Maeshima Ami & Otsuka Sae

Sukses dalam acara Garupa Live, THE THIRD kemudian mengadakan konser pertama mereka dan menghadirkan member baru yaitu Kohara Riko sebagai gitaris utama THE THIRD, sementara Otsuka Sae tetap hadir meramaikan konser ini sebagai gitaris tamu. Konser ini berlangsung meriah, diadakan pada akhir Maret 2018 THE THIRD mampu mengguncang panggung dengan musik mereka. Dalam konser pertama ini THE THIRD membawakan 10 lagu termasuk lagu original pertama mereka yaitu R.I.O.T, dengan 2 tambahan lagu sebagai encore. Tak berhenti sampai disitu, mereka mengadakan kembali konser kedua sekaligus mengumumkan member terakhir mereka yaitu Tsumugi Risa sebagai DJ. Selain member terbaru, dalam konser kedua ini THE THIRD resmi berganti nama menjadi RAISE A SUILEN dengan 5 member utama yaitu Raychell, Kohara Riko, Natsume, Kurachi Reo, dan Tsumugi Risa.

We are RAISE A SUILEN !!

Sebuah nama yang cukup keren bukan? RAISE A SUILEN atau biasa disingkat RAS mulai menancapkan benderanya setelah live kedua. Dengan member yang lengkap, mereka kemudian beraksi di berbagai acara dan pastinya mereka juga telah menggelar konser konser selanjutnya. Band ini memiliki jenis musik J-rock dipadukan dengan electronic music dan mereka mampu mengkombinasikan keduanya dengan sempurna. Selain ciri khas tersebut, RAS juga tampil luar biasa dalam setiap penampilan mereka dengan musik yang membuat penonton dan bahkan membernya sendiri ber-headbang ria.

Penting kepalanya ga lepas aja deh..

Sejauh ini, RAS telah merilis 3 Single yaitu R.I.O.T kemudian A DECLARATION OF ××× dan yang terbaru adalah Invicible Fighter dimana single terbaru ini rilis bulan Juni kemarin dan menjadi Opening dan Ending dari sequel anime Cardfight! Vanguard. Tak lupa terdapat juga sebuah live album yang didalamnya berisi lagu lagu yang RAS bawakan di live pertama mereka. Belum puas mengenal RAS? Yuk mari kita mengenal lebih jauh member RAS.

1. Raychell ( Wakana Rei / LAYER )

Mama dari RAS, yap dialah Raychell. Peran wanita yang mendapatkan panggilan Ray dari Natsume ini sebagai bassist sekaligus vokalis dalam RAS. Kemampuan bermusiknya tidak diragukan lagi, karena sebelumnya pada sekitaran 2010 dia memulai karirnya sebagai penyanyi solo dan telah merilis beberapa single dan mini album. Dia kemudian bergabung dengan band rock legendaris SHAZNA pada 2017 yang pada kala itu menyambut 20 tahun ulang tahun SHAZNA.

Precious smile

Ah iya, alasan dia dipanggil mama-nya RAS adalah momen dimana dia memberikan onigiri buatannya sendiri kepada Tsumugi Risa. Momen ini diabadikan dalam sebuah cuitan di akun twitter Tsumugi Risa. Chell, nama panggilan lain dari wanita kelahiran 13 Januari 1985 ini sebelumnya belum pernah memasuki dunia seiyuu dan Wakana Rei-lah peran pertamanya sebagai seorang seiyuu. Chell juga sangat aktif dalam bermain sosial media. Tercatat dia memiliki akun facebook, twitter, instagram, dan sebuah blog.

2. Kohara Riko ( Asahi Rokka / LOCK )

Sang gitaris utama dari RAS, Kohara Riko merupakan wanita kelahiran Gifu 3 Februari 1990. Rikopin, yang merupakan panggilannya telah bermain gitar sejak umur 18 tahun. Kala itu ia diminta bermain gitar oleh temannya, ketika member band temannya yang kekurangan gitaris setelah sang gitaris berubah posisi menjadi vokalis. Rikopin juga merupakan member dari The Sketchbook, sebuah band dari anime Sket Dance pada Juli 2011 lalu hingga akhirnya bubar pada Maret 2015. Karir seiyuu wanita yang sekarang berusia 29 tahun ini dimulai pada 2014, dimana kala itu ia mendapatkan debutnya dengan mengisi karakter sampingan dalam anime Sore Ike! Anpanman. Rikopin adalah sosok yang friendly terhadap semua orang, termasuk para fansnya. Bagi kalian yang sudah mengikuti RAS atau Rikopin cukup lama, pasti masih ingat ketika Rikopin membuka Q&A untuk para fans dalam menyambut 20 Ribu follower twitternya. Rikopin menjawab satu persatu pertanyaan yang dilontarkan kepadanya dari jam 7 hingga 8 malam.

Tentu sebagai gitaris Rikopin memiliki idola, dalam Q&A nya ia menjawab salah satu netizen mengenai siapa gitaris favoritnya dan jawabannya adalah Kusakabe Masanori. Selain itu, Rikopin memiliki hobi Aromatheraphy dan memasak adalah salah satu keahliannya. Dalam perannya sebagai gitaris di RAS, ia menggunakan gitar berjenis Strandberg. Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai Rikopin bisa langsung mengunjungi akun twitternya.

3. Natsume ( Sato Masuki / MASKING )

“NATSUPPPPPPPP”

Natsume, adalah drummer RAS yang sebelumnya juga telah memiliki banyak pengalaman sebagai seorang drummer. Sebelum bergabung dengan RAS, karirnya berawal pada 2008 pada sebuah band yang kemudian bubar pada 2012. Ia melanjutkan karirnya sebagai drummer solo dan pernah tampil dengan cukup banyak band setelahnya. Hingga akhirnya, ia bergabung dengan SHAZNA dan bertemu dengan Raychell disana. Sama seperti Raychell, perannya menjadi seiyuu dalam karakter Sato Masuki adalah debutnya. Sebagai Drummer, ia menggunakan drum berjenis Pearl Drums dengan Cymbal Paiste.

NatsuP yang merupakan panggilan akrabnya sudah bermain drum selama 15 tahun lamanya. Wanita kelahiran Tokyo ini juga sangat lihai dalam bermain game Bang Dream, ia bahkan bisa menaklukan mode expert full combo dengan tingkat kesulitan 26. Selain itu, NatsuP juga cukup aktif dalam bersosial media dari Instagram hingga Twitter.

4. Kurachi Reo ( Nyubara Reona / PAREO )

Beralih ke keyboardis RAS yaitu Kurachi Reo. Wanita kelahiran 22 Mei 1997 ini merupakan member termuda RAS dimana sekarang ia masih berusia 22 tahun. Ia memulai debutnya sebagai seiyuu dalam sebuah game berjudul “Thunderstrom Gunvolt” untuk platform Nintendo Switch pada 2017 silam. Perannya sebagai PAREO adalah peran pertamanya dalam mengisi karakter di sebuah serial TV anime. Reochi sendiri sudah memiliki kemampuan bermain piano. Dia bahkan sudah bermain piano sejak usia dini. Namun, bergabung dengan RAS adalah pengalaman pertamanya terjun ke dunia musik sebagai artis profesional. Dalam bermain keyboard untuk RAS, Reochi menggunakan keyboard berjenis Roland FA-08 dan dua FA 06s. Untuk sosial media sendiri Reochi memiliki akun twitter dan instagram.

Reochi, selain paling muda ia juga merupakan member yang paling aktif ketika sedang perform. Dia sangat menguasai panggung dengan tingkah nya yang bisa dibilang…. tonton sendiri deh kelakuan ini anak.

Excuse me..

Masih sehat kan mba?

5. Tsumugi Risa ( Tamade Chiyu / CHU2 )

Member terakhir yang bergabung dengan RAS, Tsumugi Risa yang menjalankan peran sebagai DJ untuk RAS. TsumuTsumu yang merupakan panggilannya, menjalani debutnya sebagai seorang seiyuu 2018 dalam sebuah short anime berjudul “Tachibanakan To Lie Angle“. Dia sangat ingin menjadi seiyuu setelah melihat dubbing anime bersama Aya Hirano. Namun karirnya sendiri sempat mengalami hambatan bahkan orang tuanya sempat berkata kepada TsumuTsumu untuk menyerah dengan impiannya menjadi seorang seiyuu. Namun Tsumutsumu sendiri terus berusaha dan akhirnya ia mendapatkan tempat dalam berbagai peran di anime hingga sekarang menjadi karakter yang sangat berpengaruh di RAS.

PROTECT TSUMUTSUMU SMILE

TsumuTsumu merupakan member termuda kedua setelah Reochi, ia lahir di Okinawa pada 5 Juli 1996. Gadis yang berusia 23 tahun ini memiliki sebuah kebiasaan unik. Ia selalu membiarkan surat dari penggemarnya tetap tersimpan dalam kotak surat dan kemudian membacanya ketika sedang butuh motivasi. Dia juga sangat pandai dalam menggambar dan ia cukup aktif dalam menggunakan twitter dan instagram.

Best Songs of RAS

Disini saya bakal ambil 5 lagu terbaik yang pernah dibawakan RAS, entah itu lagu original mereka ataupun cover yang pernah mereka bawakan. Sejauh ini, RAS telah merilis 3 single dengan jumlah 6 lagu dan sebuah lagu cover dari Siam Shade yang berjudul “1/3 no Junjou na Kanjou” yang merupakan ending ke-6 dari anime Rurouni Kenshin. Diluar itu masih banyak lagu cover yang RAS bawakan terutama cover dari band-band di Bang Dream yang mereka bawakan ketika konser. Lalu, lagu apa saja yang akan saya pilih?

1. Scarlet Sky

Klik untuk mendengarkan lagunya

Salah satu lagu cover saya dari RAS yg di-cover dari Afterglow. Bahkan dulu sebelum kenal jauh Bang Dream saya kira lagu ini merupakan lagu original dari RAS karena emang cocok banget sama suaranya Raychell, tapi bukan berarti suaranya Ayaneru ga cocok lho.

2. R.I.O.T

“Run passion R.I.O.T” lirik yang sangat identik dengan lagu ini. Merupakan lagu original pertama dari RAS, yang langsung membuat telinga para pendengarnya jatuh hati. Lagu ini juga terdapat di anime Bang Dream Season 2 sebagai insert song.

3. EXPOSE ‘Burn out!!!’

Merupakan lagu kedua dari single ke-2 RAS. Intronya aja udah cukup bikin saya jatuh cinta sama lagu ini. Overall lagu ini bagi saya merupakan lagu terbaik dari RAS sejauh ini.

4. Don’t be Afraid

Klik untuk mendengarkan lagunya

Kembali cover dari band Bang Dream lainnya yaitu Glitter*Green. Intro awal lagu ini yang iconic, serta reff yang simple dengan nada yang catchy semakin menyempurnakan lagu ini. RAS pertama kali membawakan lagu ini ketika Garupa Live dimana RAS memainkan instrumennya sementara vokalnya diisi oleh Suzuko Mimori. Kemudian di Live pertama RAS Raychell dengan gagahnya membawakan lagu ini.

5. UNSTOPPABLE

“kotae wa.. sou.. inside of me” sebuah lirik yang mengawali lagu ini. Mungkin sebagian penggemar RAS lagu ini adalah favorit mereka dan menurut saya lagu ini menjadi keren ketika memasuki akhir lagu, terutama bagian reff ke-3 nya.

Penutup

RAS yang awalnya merupakan band ketiga sekarang sudah menjadi sebuah band yang “berdiri sendiri” dengan memiliki lagu sendiri juga. RAS juga berperan penting dalam story Bang Dream Season ke-2, mereka membuat cerita anime di season ke-2 lebih menarik dengan kehadiran mereka. Dramanya dengan Hanazono Tae masih menjadi bagian favorit saya di Bang Dream. Band ini pastinya akan terus berkembang, mengikuti selera musik zaman sekarang. Harapannya RAS tetap konsisten dengan musik original serta penampilan sensasional mereka di atas panggung. Sekian JOI Music kali ini, sampai jumpa di edisi selanjutnya.

Header