Kolaborasi Starbucks dan Kokuyo: Campus Notebook dari Karton Susu

August 27, 2019 5:30 pm
Kolaborasi Starbucks dan Kokuyo: Campus Notebook dari Karton Susu

Para penggemar Starbucks yang sering sekali jalan-jalan biasanya membeli berbagai suvenir dari area tertentu yang mereka kunjungi. Tentu saja negara Jepang bisa menjadi salah satunya, dengan berbagai edisi spesial tumbler dan mug dari masing-masing kota seperti Kyoto, Tokyo, Yokohama, dan Okinawa.

Sebuah kolaborasi antara Starbucks Jepang dan perusahaan ATK,  Kokuyo menghasilkan sebuah Notebook Campus yang khusus terbuat dari karton susu.  Sejak tahun 2010, Starbucks Cofee Japan Co., Ltd. telah mengumpulkan lebih 1.000 ton karton susu yang digunakan franchise cafe mereka tiap tahunnya. Mereka membersihkan setiap karton dengan hati-hati, melipatnya dan mendaur ulang hasilnya. Dalam edisi spesial “Starbucks Campus Ring-Lined Notebook”, Kokuyo menggunakan karton susu yang didaur ulang sebagai bahan utama untuk membuat sampul dan bagian belakang notebook.

Untuk menunjukan komitmen akan lingkungan hidup yang tetap terjaga, Starbucks ingin membuat ilustrasi pada sampulnya yang menjelaskan proses pendaurulangan karton susu. Notebook ini juga dirancang sedemikian rupa sehingga cincin plastik dapat mudah dilepaskan dari notebook untuk didaur ulang kembali secara terpisah.

Salah satu perwakilan Starbucks menjelaskan, “Kami selalu memiliki ide untuk menggunakan benda yang dapat didaur ulang seperti gelas kertas dan plastik. Kami mengerti bahwa kami menempatkan beban lingkungan dan bagaimana kami berpikir bahwa Starbucks dapat digunakan untuk membagi tantangan yang kini tinggal di planet ini bersama para pelanggan dan membuat kesempatan berupa aksi yang dapat dilakukan bersama dengan pelanggan sambil berinteraksi dengan pelanggan setiap harinya.”

Sumber: Haconiwa