Pengelola Situs dan Aplikasi Manga Rock: “Situs dan Aplikasi Akan Kami Tutup”

September 3, 2019 11:39 am
Pengelola Situs dan Aplikasi Manga Rock: “Situs dan Aplikasi Akan Kami Tutup”

Dilansir J-Cast News, situs dan aplikasi manga aggregator ilegal Manga Rock memberikan informasi pada hari Minggu lalu bahwa mereka merencanakan untuk menutup layanan. Situs manga ini saat ini tidak dapat diakses (untuk beberapa region), akan tetapi aplikasi untuk smartphone masih dapat diunduh.

Halaman Facebook milik Not a Basement Studio yang sudah ditutup

Situs dan laman Facebook milik perusahaan teknologi yang bermarkas di Hong Kong, Noizer Limited juga tidak dapat diakses. Noizer Limited merupakan perusahaan subsider dari induk Not a Basement Studio, perusahaan asal Vietnam yang mengelola aplikasi dan situs Manga Rock.

Pihak Not a Basement Studio menjelaskan kepada J-Cast News bahwa Manga Rock bermula dari proyek yang digerakan oleh para staf saat masih mahasiswa. Mereka awalnya mengumpulkan banyak pemindaian manga yang telah dirilis oleh kelompok-kelompok penerjemah. Pihak perusahaan juga mengatakan:

Saat itu, kami tidak mengerti tentang industri manga, dan kami tidak tahu asal dari pemindaian/scanlation (termasuk hal-hal yang tidak memiliki lisensi resmi). Sejalannya waktu, kami makin mengerti tentang kerugian yang dialami para kreator manga dan penerbit. Bahkan, popularitas Manga Rock kian naik dan naik, kerugian juga makin bertambah. Oleh karena itu kami merefleksikan peran kami dalam mempercepat popularitas pemindaian (manga), dan kami memberikan permintaan maaf yang mendalam kepada para korban, kreator manga, dan penerbit. Hasil dari ini, kami berencana untuk mematikan situs dan aplikasi pemindaian manga. Kami juga memberikan rekomendasi bahwa situs pemindaian yang lain (yang sangat banyak) akan dimatikan juga. Kami sangat meminta maaf karena telah membuat masalah terhadap industri manga.

Pada artikel sebelumnya, Manga Rock mendapat kecaman dari CEO dari Irodori Comics On Takahashi. Takahashi membuat utas di Twitter terkait Manga Rock, dan memberikan rekomendasi kepada para penerbit dan mangaka untuk membantu penghapusan karya mereka dari situs dan aplikasi ilegal tersebut.

Manga Rock diluncurkan pada tahun 2010. Aplikasi ini memberikan layanan baca manga secara daring dan dapat mengunduhnya untuk dibaca secara offline. Disclaimer dari aplikasi ini menyatakan: “Seluruh manga, karakter, dan logo milik masing-masing pemilik hak cipta.” Ada juga pernyataan yang menjelaskan bahwa Not A Basement Studio tidak memiliki afiliasi dengan situs yang meng-hosting pemindaian manga tanpa izin.

Sumber: ANN, J-Cast News