Label Novel BL Platinum Bunko Resmi Berhenti Terbitkan Perilisan Fisik

September 6, 2019 11:11 am
Label Novel BL Platinum Bunko Resmi Berhenti Terbitkan Perilisan Fisik

Label yang populer dalam perilisan light novel bertema BL, Platinum Bunko akan memberhentikan penerbitan setelah berjalan selama 16 tahun. Seluruh proyek perusahaan akan dilanjutkan dalam bentuk elektronik. Majalah manga BL milik Printemps Shuppan, Canna tetap akan terbit seperti biasanya.

Buntut dari pemberhentian penerbitan ini, banyak mangaka dan novelis bertema BL memberikan komentar mereka. Banyak yang menyayangkan keputusan tersebut  seperti novelis Izumi Katsura yang membuat cuitan di akun Twitternya, “Aku tidak punya keterkaitan dengan Platinum Bunko, tapi aku sedih bahwa label yang berlanjut dalam beberapa tahun ini harus berhenti. Ini tidak hanya terbatas untuk Platinum Bunko – banyak label yang berhenti menerbitkan dikarenakan buku cetak tidak mendapat pencetakan ulang. Aku merekomendasikan bahwa kalian harus memelihara buku yang kalian inginkan. Industri novel BL masih selamat dari bencana alam dan kejatuhan Lehman Brothers, tapi aku merasa segala hal akan menjadi lebih sulit dari sekarang. Pajak konsumsi juga naik saat ini…”

Mangaka Nao Yukino kemudian mempublikasi sebuah tautan dari dua bukunya yang diterbitkan oleh Platinum Bunko dan mencatat bahwa tak satu pun dari buku-buku itu ditujukan untuk khalayak umum.

Mangaka dari seri Gingitsune no Omoibito, Natsuno Hotaru mempublikasi beberapa gambar dari ketiga buku yang diterbitkan oleh Platinum Bunko dan menulis, “Aku sangat berhutang budi kepada label ini, karena mereka membantu aku sampai mereka menutup toko. Ketika saya mendengar berita tersebut, aku teringat pernah mengatakan hal ini bahwa aku benar-benar berpikir tidak akan pernah bermimpi untuk diterbitkan bersama mereka lagi suatu saat nanti.”

Taromaro, seorang mangaka dari seri Hachigatsu Mikka yang diterbitkan oleh Platinum Bunko membuat cuitan, “Aku tak akan pernah lupa apa yang mereka lakukan kepadaku dengan menyinariku saat memulai debut. Terima kasih banyak. Aku akan terus mendorong rasa terima kasih ini di hatiku!”

Label Platinum Bunko ditemukan oleh penerbit Printemps Shuppan pada tahun 2003 sebagai label saudara dari Lapis Bunko yang menargetkan pembaca dewasa. Label ini telah menerbitkan banyak karya dari mangaka seperti Konaka Daizu, Sarara Minazuki, Minori Hideka, Yuu Nagira, dan masih banyak lagi.

Sumber: ANN