[Celebrity Sunday] Atsumi Tanezaki

September 8, 2019 2:33 pm
[Celebrity Sunday] Atsumi Tanezaki

Selamat hari Minggu, Selamat kembali dalam rubrik Celebrity Sunday! Kali ini saya akan membahas seorang seiyuu yang namanya lebih dikenal dalam circlecircle novel visual, siapa lagi kalau bukan Atsumi Tanezaki. Sempat bernaung di agensi Toritori Office, saat ini ia bergabung agensi Haikyou bersama Ai Shimizu dan Azumi Waki.

Tanezaki saat datang ke AFA ID 2016

Atsumi Tanezaki lahir pada tanggal 27 September 1990 di Prefektur Oita. Ia memulai karirnya sebagai seiyuu di ranah serial anime televisi pada tahun 2012, dimana ia mengisi suara seorang siswi dalam seri “Acchi Kocchi”. Namun sebelum ia memasuki ranah ini, Tanezaki sudah menjadi seiyuu dalam proyek novel visual pada 27 Agustus 2010. Ia mengisi suara karakter Minakami Airi (Favorite Sweet!) dan Sekiguchi Nodoka (Majino Complex) dan menggunakan nama samaran/pseudonym Tomato Aiko.

Tak heran, Tanezaki memiliki banyak nama samaran dalam ranah novel visual. Selain Aiko Tomato, nama samaran lain yang ia gunakan adalah Kiritani Hana, Kurosaki Matsuri, Sawasawa Sawa, dan Umemoto Shio.Bagi para penggemar game dengan genre ini, pastinya sudah mengenal beberapa nama samaran tersebut. Termasuk saya yang masih belajar membaca dan menulis Jepang menggunakan media novel visual. Karakter-karakter dalam novel visual yang cukup populer ia isi suaranya diantaranya, Ayachi Nene (Sanoba Witch), Hachiroku (Maitetsu), Nagi Kodachi (Daitoshokan no Hitsujikai), Wakaba Soramori (Hanasaki Work Spring!), Yuuki Asuhara (Noratoto), Lena Liechtenauer (Senren Banka), dan favorit saya Ayase Mitsukasa (Riddle Joker).

Dalam wawancaranya dengan Repotama, Tanezaki menjelaskan dirinya ingin menjadi seiyuu setelah menonton seri “Sailor Moon” saat masih kecil. Salah satu episode yang menggunggah minatnya adalah episode ke-45 yang berjudul Sera Senshi shishu! Hisou naru saishuusen, dimana para Sailor Guardian bertarung dengan Queen Beryl. Ia terkesan dengan kemampuan akting para seiyuunya, dan langsung memutuskan, “Ayo menjadi seiyuu terbaik!”.

Tak hanya itu, seiyuu dengan suara mezzo-sopran ini juga mengungkapkan dirinya adalah penggemar berat seiyuu Miyuki Sawashiro dan Mayumi Tanaka. Saat masih kecil ia juga sering menghadiri konser seiyuu dari Tomoyo Daidouji (Cardraptor Sakura), Junko Iwao. Keduanya sempat mengobrol dan Iwao menyatakan dirinya berharap dapat bekerja dengan Tanezaki suatu hari.

Perjuangannya menjadi seorang seiyuu cukup berat. Saat masih bersekolah, ia kerap berlatih sendiri dengan mendengarkan kaset dari beberapa seri. Kaset-kaset ini yang ia gunakan masih tersimpan di rumahnya di Oita. Tanezaki menyadari bahwa ia tidak tahu bagaimana menjadi seorang seiyuu, dan merasa kebingungan. Ia juga menyadari bahwa ia tidak dapat menjadi seiyuu jika masih menetap di Oita. Setelah lulus SMA, ia kemudian pergi ke Tokyo sendirian, dan bekerja paruh waktu sambil belajar di sekolah pelatihan seiyuu. Hampir 1000 km jarak yang ia tempuh demi mencapai cita-citanya.

Seiyuu yang tidak menyukai tempat ramai ini juga harus beradaptasi dengan lingkungan barunya di Tokyo. Ia tidak biasanya harus mengantri lama hanya untuk membeli makanan di restoran atau toko kelontong. Pada fase awal kepindahannya ke Tokyo, ia sering sekali harus pulang lebih cepat dan tidak bisa menghabiskan waktunya di luar seperti remaja dewasa lainnya. Tanez harus merawat tenggorokannya semaksimal mungkin dan juga ia selalu khawatir jika terlalu sering minum sake dan minuman keras lainnya.

Salah satu teman terbaiknya sesama seiyuu adalah Ai Fukada. Tanez dan Fukada sudah saling kenal paling tidak sejak debutnya di ranah novel visual dalam karya developer Lost Script, “Favorite Sweet!” . Keduanya sering sekali nonton bareng ke bioskop dan teater, bahkan bagai pasangan kekasih. Namun akhir-akhir ini, keduanya tidak sering terlihat bersama. Mungkin karena agensi mereka juga berbeda dan kesibukan lainnya. Mungkin saja, mungkin ya, Tanezaki ingin menghabiskan waktunya lebih banyak dengan adik laki-lakinya. Tidak diketahui berapa umurnya, tapi dalam suatu wawancara ia mengakui mengidap brother complex alias BroCon. Saya ragu adiknya menyadari ini atau tidak. Oiya, selain punya adik laki-laki, Tanez juga punya kakak perempuan.

Debut substansialnya bermula dari seri “Tonari no Kaibutsukun”, dimana Tanez memerankan suara Asako Natsume. Pasca audisi, agensinya mengabarkan bahwa dirinya mendapatkan peran tersebut dan sebagai Shizuku Mizutani. Ia tak tahu menahu karakter mana yang menjadi posnya dalam proyek tersebut, kemudian sebuah revisi dokumen menyatakan dirinya memerankan Asako, dan Shizuku diisi oleh Haruka Tomatsu. Karirnya kian menanjak dan mengisi karakter-karakter populer seperti Futaba Rio (Aobuta), Miu Amano (Blend S), Lisa Mishima (Zankyou no Terror), Kyouko Igarashi (THE iDOLM@STER: Cinderella Girls), Mei Irizaki (Haifuri), Ophelia Phamrsolone (F/GO), Mizore Yoroizuka (Liz to Aoi Tori) ,Chise Hatori (Mahoutsukai no Yome), dan masih banyak lagi.

Bicara soal gaya berpakaian, Tanezaki lebih memenuhi lemarinya dengan T-Shirt dan celana jeans. Sejak SMA, dirinya lebih sering berpakaian ala perempuan tomboy. Ia juga mengungkapkan ingin mengisi suara karakter laki-laki di kemudian hari, sampai ia mendapatkan peran untuk mengisi suara karakter Mikhail dari seri Gangsta. Di Tokyo, ia sering menghabiskan waktunya dengan menonton TV dan film. Seiyuu ini juga selalu ditemani oleh kucing kesayangannya, Serebu/Celeb (Selebritis). Foto-foto Serebu bisa dilihat sangat jelas dan membludak di akun Twitter miliknya.

Kembali ke dunia per-seiyuu-an, tahun ini Sawa—ehm Tanezaki mengisi cukup banyak karakter dari tahun-tahun sebelumnya. Pada musim panas ini, ia mengisi suara karakter Shingetsu Ernesta Fukami (Granbelm), Arisa Uotani (Fruits Basket) dan Kaede (Kochouki: Wakaki Nobunaga).  Kemudian musim depan, ia sudah dipastikan mengisi suara karakter Juno dari seri Beastars. Pada 27 September mendatang, fandisk dari novel visual “Sen no Hatou, Tsukisome no Kouki” akan dirilis dan Tanez memerankan karakter Shiiniha Chihaya.

Baiklah, itu saja yang bisa diulas dari seiyuu yang berasal dari desa ini. Perlu diketahui juga seiyuu berambut poni ini juga suka sekali mengendarai mobil, walau sampai saat ini belum juga punya SIM. Mari kita doakan semoga mbak Tanez segera lulus ujian mengemudi dan mendapatkan SIM secepatnya.

Gambar: Twitter Atsumi Tanezaki

Sumber: Repotama, Yattatachi, 4Gamer