Pokemon Card of The Day: Lapras GX

September 13, 2019 2:51 pm
Pokemon Card of The Day: Lapras GX

Halo semua, selamat datang dalam rubrik reguler terbaru dari JOI, yaitu Card of the Day, sebuah rubrik yang dibuat karena tersandungnya beberapa penulis ke dalam lubang yang baru ini. Dalam rubrik ini, kami akan membahas banyak kartu dari game Pokemon, hopefully bakal muncul harian (amin) tapi kalau tidak sempat muncul harian mohon dimaafkan, karena kami juga manusia dan Tuhan pun Maha Pemaaf.

Untuk kartu yang pertama kali akan kami bahas, adalah Lapras GX. Kenapa Lapras GX adalah karena Signum merasakan sebuah ikatan batin yang spesial terhadap kartu ini. Ini adalah kartu yang muncul literally dari booster pertama yang dibrewek oleh saya. Hari itu juga saya memantapkan diri untuk membuat deck yang berpusat di kartu basic yang satu ini.

Kelebihan Kartu

Lapras GX memiliki HP yang cukup tebal untuk seekor(?) Pokemon basic GX, HP 190 yang cukup tinggi tidak modar dalam 1 serangan dan serangan yang cukup tinggi buat modarin lawan (Badai Salju Pembakar). Dia juga memiliki kekuatan Ice Beam GX yang secara langsung bisa bikin musuh kelojotan (paralyzed).

Lapras juga sangat baik bila digunakan oleh pemain yang suka ngabis-ngabisin deck, karena dengan serangan pertamanya dia bisa menarik langsung 3 kartu dari atas deck. Serangan pertama ini sangat cocok bila digunakan di awal-awal permainan karena saat ini kartu searcher memang masih sedikit sekali.

Suck it Hau.

Kombinasi Kartu

Lapras adalah kartu yang relatively mudah digunakan, statusnya sebagai basic Pokemon pun membuatnya sangat mudah untuk dipanggil. Kartu energi yang digunakan juga relatif standar, maksimal 3 energi air. Sangat mudah untuk mengumpulkannya.

  • Sandslash/Tapu Koko: Kedua Pokemon ini digunakan untuk bertukar giliran saat Lapras GX tidak bisa menyerang setelah menggunakan Badai Salju Pembakar.
  • Mawile: Mawile bisa memanggil basic Pokemon manapun, termasuk Lapras.
  • Bukit Brooklet: The key word is Basic, jadi Lapras bisa langsung loncat dari deck.
  • Malo: Kamu bisa memilih 2 kartu yang ingin kamu tarik dengan menggunakan Malo, kemudian menariknya menggunakan serangan pertama Lapras GX (Mengumpulkan), basically a better Hau.
  • Crabominable/Crabrawler: Dibandingkan kombinasi kartu, mungkin lebih tepatnya kepiting ini akan digunakan untuk menangani Vikavolt dalam 1 kali hantam sebelum dia bisa mengumpulkan energi untuk Tapu Bulu GX.

Kelemahan Kartu

Lapras sangat lemah tipe grass, sehingga dia menerima 2x damage dari tipe tersebut. Sialnya, salah satu META saat ini adalah deck Tapu Bulu GX dengan Vikavolt. Jelas kalau kamu ketemu Vikavolt masih bisa tahan badan, tapi begitu bertemu dengan Tapu Bulu, Lapras langsung berada dalam bahaya. Persiapkan Pokemon yang bisa menahan Tapu Bulu dan sebisa mungkin hajar Vikavolt sebelum mereka bisa mengisi energi terlalu banyak.

Kesimpulan

Lapras GX memang tidak terlalu bersinar dan jauh dari deck yang bisa digunakan dengan mudah melawan Pokemon-Pokemon lain. Tapi bukan berarti Lapras tidak bisa digunakan sebagai main Pokemon kamu dalam sebuah deck. Deck yang berpusat di Lapras menurut saya harus bermain cepat sebelum lawan bisa menyusun Pokemon mereka, karena Lapras memiliki advantage sebagai Pokemon basic.

Apakah kamu juga punya strategi lain seputar Lapras GX? Yuk bicarakan di kolom komentar.