[JOI Spotlight] Breath of The Beach Edition

September 22, 2019 8:29 pm
[JOI Spotlight] Breath of The Beach Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang akhirnya mulai memberikan impresi akhir untuk seri yang tayang pada musim panas ini. Jadi mari kita mulai menyimak impresi para staf untuk musim ini.

Vinland Saga 10

Kaptain

Satu aspek yang ngebuat kronologi animenya lebih ngebantu: Thorfinn ini jadi lebih jelas capeknya. Sampe dia sendiri udah bimbang sama tujuan dari balas dendamnya. Rada susah sih ngancem orang dengan budaya yang emang ngarep mati kayak Viking, dan Askellad sendiri mastiin kalau kesuksesan Thorfinn itu cuma masalah waktu.

Masih soal nyari mati, pasukan Askellad sekarang jalan sendirian. Masuk invasi ini kita udah ditunjukin seberapa ngerinya Thorkell, dan strategi buat nyandera Canute bakal ngebuat Askellad jadi target nih orang.

Hensuki 11

Kaczmarek

“Interesting Tactics”. Taktik yang bagus dari Keiki, Koharu, dan Shouma demi membongkar identitas pelaku alias Cinderella yang Keiki cari selama ini. Episode ini juga menjawab keberadaan Mizuha yang janggal dalam keluarga Kiryuu. Bagaimana Keiki tidak menyadari kalau mereka hanya terpaut 5 bulan kelahiran? 5 bulan untuk mengandung Keiki adalah hal yang tak mustahil tapi cukup berbahaya.

Arifureta 10

Kaczmarek

Hajime being Hajime. Saya sendiri kurang menyukai tipe protagonis yang selalu menyelamatkan nyawa musuhnya di setiap akhir pertarungan. Beruntungnya disini Hajime atau penulis skripnya masih mau mengikuti cerita yang sudah ada, walau banyak yang dibabat. Sudah merasa capek mengeluh soal kualitas animasi, yang masih menonton pastinya sudah mengesampingkan hal tersebut. Sejauh ini masih menarik untuk ditonton, apalagi bagaimana mereka menutup seri pertamanya. Untuk pengembangan karakter masih banyak yang berlubang, dan dengan menyisakan tiga episode apakah mereka sudah merencanakan proyek kelanjutannya?

YU-NO 24

Kaczmarek

Menilik beberapa situs, rating YU-NO naik beberapa angka setelah episode ini tayang. Mengapa? Sebuah pertanyaan besar dari arc pertama yaitu Ayumi bisa terpecahkan di episode ini dan uniknya terjawab oleh Ayumi dan AI tersebut. Saya juga baru mengetahui bahwa sebagai seorang pendeta harus mengorbankan satu bagian darinya. Seperti ibunya Takuya yang mengorbankan penglihatannya, Sayless mengorbankan kemampuan berbicaranya, dan Yu-No terpaksa mengorbankan hati/ingatannya. Beruntung untuk Yu-No, Sayless masih hidup di dalam dirinya dan berhasil mendapatkan ingatannya kembali.

Saya memprediksi bahwa Ryuuzouji akan berbuat ulah lagi, namun jika tujuannya adalah mendapatkan kedudukannya kembali tampaknya terlalu kecil. Hal yang perlu dicurigai selain itu adalah Sarah. Kenapa ia membantu Amanda dan lainnya secara cuma-cuma? Mengingat ia juga menjebak Takuya untuk dijebloskan ke penjara.

Sounan desu ka? 12 (End)

Kaczmarek

Habis, iya habis. Habis, habis. Tidak! Baiklah hadapi kenyataan. Episode ini ditutup dengan bapaknya Homare berusaha mencari putri tercintanya. Jika dibandingkan dengan manga-nya, kemungkinan ada kelanjutannya sangat besar. Karena masih menyisakan cerita di samping cerita ini. Maksudnya? Yap, ada dua orang lagi yang terdampar di pulau ini dan belum diceritakan. Akan tetapi jika benar ada kelanjutannya, maka jadwal tayangnya akan lebih lama lagi. Mengingat musim pertamanya sudah banyak mencaplok banyak chapter.

Kembali ke episode, kita belajar dengan namanya teknik hydarion enema. Kolon/usus besar memang berguna untuk menyerap garam dan air, dan kedua gadis yang beruntung ini mendapat kesempatan untuk mencobanya. Tentu saja, dengan memasukan air ke dalam anus lewat mulut adalah hal menjijikan (kecuali bagi profesional). Shion akhirnya memiliki kartu yang harus ia sembunyikan paling tidak sampai ada keadaan ekstrem berikutnya. Akan tetapi yang saya heran, apakah Homare pernah menggunakan teknik ini dengan orang lain, seperti ayahnya sendiri? Saya cuma bisa mempersilahkan kepala kalian untuk berpikir sendiri.

Strike the Blood III 08

Kaczmarek

La Volia Rihavein ini bagai kutu loncat dan sifat manipulatifnya bikin beban Kojou makin berat. Setelah bertarung dengan Aladar, ia bersama Kirasaka pergi entah kemana. Kemudian kita diberi fakta bahwa Pulau Itogami ternyata adalah medium dari Cleansing yang ditunggu-tungggu oleh Dimitrie Vatler. Vatler juga memanfaatkan Nagisa untuk membangkitkan Avrora, hingga saya dibuat kaget oleh Nagisa yang mengeluarkan familiar Avrora. Mulai episode ini tampaknya identitas Kojou sudah tidak dapat ditutupi dari Nagisa, setelah Asagi menemukan fakta tersebut beberapa episode lalu.

Hal lain, semoga Taneda Risa kembali mendapatkan peran utama dalam seri lainnya. Setelah proyek ini selesai (musim ketiganya), saya masih curiga akan ada OVA untuk kelanjutan arc berikutnya. Meskipun secara finansial menguntungkan, tapi popularitasnya menurun jika tidak dibuat dalam format serial televisi. Ini subjektif, sehingga bisa disangkal sesuai pendapat penonton lainnya.

DanMachi Season 2 11

Kaczmarek

Kita dikenalkan dengan Ares, dewa yang otaknya dipenuhi otot. Saya pikir gaada dewi/dewa yang seaneh Hestia atau Ganesha, ternyata ada yang lebih parah. Sebelumnya, aturan gaboleh pegangan tangan antara perempuan dan laki-laki digalakkan oleh Hestia. Haruhime be like: Pakai ekor gapapa kan?

Pertanyaan yang ditanyakan oleh Mikoto terkait cinta antara dewi/dewa terhadap anak (buahnya) cukup mengagetkan. Saya kira ini sudah menjadi rahasia umum, namun ternyata sampai sekarang saya belum menemukan contoh dari sistem tersebut di dalam seri ini. Hanya beberapa karakter yang mendekati dengan hal itu, namun secara sah saya sendiri kurang tahu siapa itu.

Araburu Kisetsu Otome-domo yo 12 (End)

“Yes, i’m sexually attracted”, People:

Kaczmarek

Izumi, itu cara yang buruk untuk mengungkapkan perasaan anda. Apalagi saat seluruh temanmu berada di tempat itu. Akan tetapi Izumi berhasil menyelesaikan masalah itu, setelah mengejar-ngejar Kazusa yang dibuat kesal olehnya. Sugawara Niina, akan tetap menjadi Sugawara Niina. Topengnya memang tebal, tapi ada suatu momen dimana ia harus mengungkapkan perasaannya yang sesungguhnya. Momen itu, adalah hal terbaik di episode ini.

Sementara itu Hitoha masih merasa terganggu oleh progres Rika dan Shun, terutama saat keduanya kontak tubuh. Cara menutup seri komedi psikologikal ini adalah dengan “d*ck joke”, yeah “it fits”.

Fire Force 11

Kaptain

Oke, saya lupa sama flashback penjelasan berdirinya tim 8. Tapi untung aja ngeliat pacingnya yang disiplin kita bisa nyampe Asakusa. Abis ini mesti nunggu 2 minggu sebelum dapet episode baru ngeliat jam tayangnya dipake buat Rugby.

Dr. Stone 12

Kaptain

Iya, racun sulfur ini pernah masuk survey karakter seri ini dan kalau nggak salah dapet peringkat 15. Sebagai anggota paling tua Kaseki bisa ngedorong Ginro biar lebih proaktif, skill yang membantu banget di luar fakta kalau sekarang udah lebih gampang buat Senku ngedapetin peralatan spesialis.

Joshikousei no Mudazukai 12 (End)

Kaczmarek

“Hey, can i say something amazing?”. Frasa ini akan dirindukan dalam waktu dekat. Meskipun sel-sel otak penontonnya mungkin sudah mulai mati, tetapi komedi absurd seperti ini membuat sel-sel otak lainnya tumbuh makin banyak. Menyedihkan, terutama bagi Baka. Dapat F di satu mata pelajaran, otomatis tidak naik kelas. Tidak peduli seberapa bodohnya dia, kalau tidak naik kelas maka akan berdampak terhadap pertemanannya dengan Wota/Ota dan Robo.

Sebagai teman terbaik, Wota dan Robo sepantasnya harus membantu. Walau dicecar dan disuapi sebanyak apapun, setiap berak Baka akan kehilangan materi di kepalanya. Sampai ia menyerah, dan bekerja paruh waktu di peternakan babi. Saya tidak pernah menduga, setiap seiyuu utama di seri ini harus mengisi suara babi itu juga. Ya Tuhan! Hal lain yang bikin saya bingung, buat apa Robo membaca buku penghindaran pajak. Mikrobiologis masa depan ini masih sulit ditebak.

Case Files 12

Kaptain

Kayaknya buat ngundang seiyuu Knight lain nggak cukup budgetnya, jadi ya Kawasumi aja yang nyumbangin suaranya. Aslinya sih ini kemunculan pertama Reines di arc ini, tapi anime-nya bisa lebih rapih eksekusinya. Minggu depan tinggal beres-beres aja.

Kimetsu no Yaiba 25

Kaptain

Hell yes keretanya ditunjukkin juga, cuma prediksi saya ya episode selanjutnya itu buat setup season lanjutan nanti. Terapi secara efektif dah selesai dan kru kita bisa segera balik kerja. Saya lupa total kalau Kanao itu punya sistem yang sama kayak Two-Face buat ngambl keputusan.

Girls Frontline 10

There better be a payoff for this

Kaptain

Episode buat kostum paling laku di mayoritas server, semoga pas penayangan JP nanti sensornya dah ilang. Pada puas sama hasil voting Neural Upgrade? Jujur aja lebih pengen SAA buat menang berhubung G36 itu dah bagus.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri yang baru-baru ini kalian lihat?

Header: dishwasher1910