Pokemon Card of the Day: Krookodile

September 24, 2019 5:09 pm
Pokemon Card of the Day: Krookodile

Kartu Pokemon hari ini mungkin adalah kartu yang agak menyebalkan, karena selain dikenal memiliki serangan yang lebih kejam dari pembunuhan, attack pointnya tinggi dan bisa membuat perang antar teman. Ya, saya berbicara mengenai Krookodile yang merupakan salah satu Pokemon stage 2 yang cukup berguna, baik sebagai kartu maupun sebagai meme.

Krookodile merupakan Pokemon stage kedua yang cukup kuat, memiliki basic dari Sandile, yang kemudian dilanjutkan dengan Krokorok, hingga akhirnya menjadi Krookodile. Kartu ini memiliki tipe Dark dan Ground, Krookodile juga kuat melawan tipe psychic dan lemah melawan tipe fighting. Mengingat saat ini memang jarang meta yang bisa menggunakan Pokemon fighting, kamu bisa membawa Krookodile dengan percaya diri.

Kelebihan Pokemon

Pertama mari kita bahas jurus pertamanya yang sempat membuat riuh netizen, karena serangan pertamanya adalah Fitnah yang lebih kejam dari pembunuhan. Serangan ini melakukan 20 damage, namun serangan ini juga bertambah 20 sesuai dengan jumlah kartu tangan lawan. Semacam Slifer the Sky Dragon tapi lebih lemah gitu deh, sudah begitu bergantung dengan kartu lawan pula. Jadi paling baik adalah untuk menggunakan kartu ini setelah lawan mengeluarkan Lillie atau saat kartu tangannya masih cukup banyak.

Serangan keduanya, Taring Obsidian membutuhkan 2 energi dark dan 1 energi bebas dengan kekuatan serangan yang cukup besar yaitu 120. Lumayan tinggi walaupun bukan yang terbaik, namun serangan ini juga membuang Pokemon Tool yang dipegang oleh Pokemon lawan. Jadi misalnya lawan memegang kartu-kartu yang agak menyebalkan seperti Asuransi Kelemahan atau Dumbell Binaraga, kamu bisa membuangnya langsung ke kuburan. Lumayan sih buat bikin kesel lawan juga.

Kombinasi Kartu

Di luar Sandile dan Krokorok, tentu Krookodile juga memiliki sinergi menarik dengan kartu-kartu lain, di antaranya adalah:

  • Permen Langka: Nggak usah dibahas lah ya ini, setiap stage 2 Pokemon akan sangat menikmati benefit dari kartu Permen Langka sehingga Sandile bisa langsung loncat jadi Krookodile.
  • Illma: Illma memang jarang digunakan oleh pemain karena masih banyak trainer lain yang lebih berguna, tapi Illma juga bisa digunakan untuk adu hoki saat bermain dengan Krookodile. Misalnya kartu di tangan lawan hanya 1, kamu bisa memaksa lawan mengambil 3 sampai 6 kartu tergantung RNG saat kamu memakai Illma. Setelah itu, saat lawan memiliki 6 kartu di tangannya kamu tinggal menyerang dengan Fitnah dan dengarkan sumpah serapah lawanmu.

Kelemahan Kartu

Krookodile yang lemah kepada tipe fighting mungkin belum mendapatkan banyak saingan di meta sekarang, kecuali kalau kamu bertemu dengan Pokemon-Pokemon yang jago adu main cepat seperti Crabrawler yang hanya butuh 1 energi untuk melancarkan serangan dengan kekuatan 80, dikali 2 artinya kematian dari Krookodile. Selain itu, in general berhati-hatilah saat melawan mereka pengguna Pokemon fighting.

Kesimpulan

Pemakaian Krookodile ini memang cukup situational dan tidak selalu bisa menjadi advantage bagi pengguna, tapi bukan berarti kartu Krookodile tidak bagus. Krookodile butuh lawan untuk memiliki kartu di tangan yang banyak atau lawan harus memiliki kartu tool terlebih dulu sehingga kartu ini bisa jadi lebih maksimal. Namun tidak ada salahnya membawa 1 atau 2 set Krookodile bila kamu suka atau tidak punya kartu Field Blower.

Kalau kamu punya pemanfaatan Krookodile lain yang kami belum ketahui, tolong tulis dan diskusikan di kolom komentar ya!