[JOI Spotlight] End of Summer 2019 Edition

September 29, 2019 8:08 pm
[JOI Spotlight] End of Summer 2019 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk akhir blok musim panas anime tahun 2019 ini. Jadi saatnya para staf JOI memberikan impresi akhir untuk berbagai seri yang baru saja selesai dan bersiap-siap pada musim gugur yang banyak adaptasi mobage-nya.

Vinland Saga 11

Kaptain

The race is on. Cuma ya Thorkell cukup baik hati buat ngasih start awal. Kalau ada yang penasaran langsung saya bilang aja kalau Canute itu beneran cowok. Vinland Saga emang nggak 100% ngikutin sejarah asli, tapi seri ini nggak cukup nekat buat ngeganti jenis kelamin tokohnya.

DanMachi Season 2 12 (End)

Kaczmarek

Dua episode terakhir musim kedua ini ditutup dengan penuh kasih sayang namun juga kepedihan. Semenjak topik hubungan antara dewi dan anaknya, cerita ini akan makin rumit. Saya tidak tahu seberapa banyak bagian yang dipotong atau disingkat, namun musim kedua ini cukup memuaskan.

Hal lain yang saya sukai disini adalah progression masing-masing karakter yang cukup seimbang, namun saya menyayangkan sedikitnya cerita tambahan untuk Welf. Untuk musik dan suara, saya kasih 7/10. Entah kenapa J.C. Staff akhir-akhir ini kurang menaikkan kualitas suara mereka sehingga setiap seri yang mereka adaptasi selalu stagnan.

Hensuki 12 (End)

Kaczmarek

I knew that this could happened before, but really i couldn’t hold myself enough to read the manga. After a season of holding myself not to read original content, now i declare to not to expect much from this kind of series. Just enjoy the development, even the shrewdest or worse one.

Saya sedih seri ini harus berakhir, apalagi dengan keanehan masing-masing karakter. Masokis, sadis, fujoshi, pedofil, smell fetish, stalker, eksibisionis apalagi yang kurang?

YU-NO 25

Kaczmarek

No! Kenapa setiap Takuya berhubungan dengan perempuan, otomatis nyawanya akan terancam? Ryuuzouji benar-benar mengesalkan. Semoga Takuya paling tidak menyiksanya sampai mati nantinya dan jangan sampai Eriko-sensei yang harus mengorbankan dirinya.

Dr. Stone 13

Kaptain

Right, the tournament. The super rigged one. Kinro akhirnya bisa dipaksa pake kacamata dan dapet Ultra Instinct. Jujur aja saya masih inget sama gimana turnamen dimenangin tapi dah lupa progresinya gimana, so here’s for more surprise.

Toaru Kagaku no Accelerator 12 (End)

Kaczmarek

They’ve done pretty well in this series. Even they put a teaser in the end, in bizarre place. Seperti kata Accelerator, kota ini memang tidak pernah membosankan. Kualitas animasi yang tampaknya dihemat-hematkan untuk masa depan, namun di episode akhir ini banyak sekali pewarnaan yang saya rasa cukup berat bagi para color designernya. 7,9/10 menurut saya, bagaimana menurut kalian?

Okaasan Online 12 (End)

Kaczmarek

Di pertengahan seri saya mulai kehilangan motivasi untuk menonton seri ini lagi. Akan tetapi, saya merekomendasikan anime ini untuk kalian yang tidak terlalu memusingkan kualitas cerita dan animasi. Animasinya sebenarnya bagus, hanya ceritanya saja yang sayangnya kurang menarik bagi saya. Keseluruhan saya memberi nilai 6,5 dari 10 untuk serial ini.

Maou-sama Retry 12 (End)

Kaczmarek

Harusnya impresi ini tampil sejak spotlight minggu lalu, namun saya baru sempat menonton episode terakhirnya minggu ini. Untuk anime kedua yang diproduksi secara keseluruhan EKACHI ELPIKA ini cukup menjanjikan. Walau masih banyak bagian yang terkesan kaku, semoga di proyek berikutnya mereka bisa memperbaiki ini.

Untuk episode terakhir ini, saya masih gak nyangka Hakuto belum menyadari kelamin Yukikaze. Moga kecurigaannya bertambah dan suatu saat Hakuto sendiri yang ngebuka celananya Yukikaze hahaha. Di bagian akhirnya ditampilkan teaser Hero Otamega, dan dengan ini sudah dipastikan ada proyek kelanjutannya bukan?

Kimetsu no Yaiba 26 (End)

Kaptain

Seperti yang udah ditulis di artikel, lanjut ke film. Entah apakah bakal kayak kemarin, tayang di bioskop terus diedit buat penayangan TV atau ini bakal eksklusif film melihat praktik film sebagai sekuel itu udah mulai trending. Kalau pake prediksi kedua season lanjutannya bisa full fokus ke arc rumah bordil yang semoga aja pacingnya bisa lebih waras.

BlueHeaven

Finally Kanao speaks. Momen ketika Tanjirou mau pamitan eh malah bikin 3 chara (Aoi, Kanao, Giyuu) langsung jatuh hati sama MC kita yang satu ini. Ya, kamu ga salah baca. Giyuu dengan ekspresi nihilnya sempat memalingkan muka setelah Tanjirou berterima kasih.

Animasi dan pengaturan ruang secara 3 dimensi ala Ufotable juga membuat saya takjub. Bagaimana salah satu lower moon kabur dan Tanjidor memainkan koin (untuk merayu sang calon istri) benar-benar dibuat luar biasa. Otsu buat Ufotable, ditunggu Rengoku movienya.

Case Files 13 (End)

Kaptain

Suka apa nggak, anime Fate modern itu dibuat dengan dasar “Ini bakal ngebantu ngejual FGO nggak?”. Makanya fokus sama politik Clock Tower lebih dikit dan cameo karakter dibanyakin. Tapi saya rasa target utama untuk ngejelasin kenapa Waver terlalu sibuk buat Grail War udah tercapai. Saya bilang anime ini lebih sukses sampai di tujuannya dibanding Last Encore kemarin. Which wasn’t a high bar to clear.

BlueHeaven

Memang anime ini ga dibuat sedetail mungkin seperti di novel. Tapi saya cukup puas untuk adaptasi ini. Better than apocrypha. Terlebih khusus yang cuma mencari asupan Reines atau Olga Marie loli, pastinya mereka bakal puas banget.

Ah ya, farewell buat MVP cases kali ini, Pastur Karabo. Setelah dituduh masih bisanya dia nolongin Waver dan Gray yang lagi tarung diluar, sampai titik darah penghabisan. Yang baca novelnya pasti lebih tahu detailnya.

Overall, meski kurang detail ngupasnya, karakter Waver benar-benar dapat pendalaman yang sangat bagus. Developmentnya berasa banget hingga akhir diperjelaskan sesingkat mungkin. Saya pastinya bakal kangen dengan serial detektif pengoetang yang satu ini.

Girls Frontline 11

Kaptain

2 parter buat anime 3 menit, okay i guess. Toh juga yang dapet fokus tuh karakter yang baru dikenalin di adaptasi ini. Neural upgrade udah dateng jadi siapin fragment sama nikahin doll prioritas. Expedition juga katanya dateng Oktober nanti jadi siapin 3700 batere.

Witch Weapon

Kaptain

Here’s a weird one. 3D action mobage, yang perlu dipikirin cuma kapan pake skill & movement pas main, sisanya ngegenjot stats. Kualitas translasinya juga pas-pasan dan saya sendiri nggak tahu berapa besar pasar buat genre “Genderbended teen got femdomed by Shizuka Itou”.

It’s meh, tapi saya lebih tertarik dengannya dibanding dengan Pokemon Master dan GBGW kemarin ngeliat mainnya nggak banyak mikir & daily-nya juga 5 menit kelar. Game juga cukup sopan buat ngasih tiket 10 reroll sampe puas jadi ada jaminan dapet SSR begitu mulai. Agak pesimis aja sama kesehatannya ngeliat versi global ini marketing-nya dikit banget.

Kantai Collection

Kaczmarek

Baru masuk E-3 N pada malam minggu kemarin, dan saya drop ke Easy karena pertimbangan waktu dan sumber daya yang kian menipis (apalagi bensin). Baru memulai event ini pada Senin lalu, dikarenakan beberapa hal seperti ehm.. Skripsi. Malam ini saya all-out tempur demi menyelamatkan Janus yang mungkin udah kangen sama saudarinya.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi seri mana yang paling kalian rekomendasikan dari musim panas ini?

Header: 7aehyun