Pokemon Card of the Day: Mimikyu

October 3, 2019 3:46 pm
Pokemon Card of the Day: Mimikyu

Seperti kata (alm)Bang Napi di televisi dulu, WASPADALAH! Karena kejahatan terjadi bukan hanya karena niat si pelaku, tapi juga karena ada kesempatan. Tetap waspadalah dan buka mata kamu setiap kali lawan mengeluarkan kartu Mimikyu ke arena. Karena selain bisa menambah kartu di tangan lawan, kalau tidak hati-hati serangan kamu juga bisa ditiru oleh lawan dan mungkin Pokemon kamu bisa langsung hilang dalam sekejap.

Mendapatkan Mimikyu rasanya cukup mudah saat ini, karena selain statusnya bukan Pokemon GX, dia juga bisa didapatkan dari kartu promo Indomaret yang menjadi insentif bagi para pemain setiap membeli 2 buah booster. Walaupun saya sendiri juga cukup hobi ngumpulin kartu-kartu tersebut, tapi lucunya saya hanya dapat 1 Mimikyu Indomaret dari belasan pack. Banyakan dapet Ho-oh malah.

Tapi kita sudahi dulu pembicaraan mengenai RNG ini dan kita masuk ke topik kenapa Mimikyu bisa menjadi kartu yg kamu andalkan dalam deck.

Kelebihan Kartu

Kelebihan pertama Mimikyu tentu statusnya sebagai kartu basic yang bisa diturunkan kapan saja ke field. Health dari Mimikyu ini cukup kecil, hanya 70 saja, jadi pastikan kapan pun kamu turunkan Mimikyu ini untuk sesuatu yang berguna. Serangan pertamanya, mencopet berarti kamu bisa mengambil 2 kartu dari atas deck sendiri. Saya juga maunya bisa merebut 2 lembar uang dari dompet lawan tapi untuk saat ini kita settle untuk kartu deck kita saja.

Selain itu serangan keduanya pun bisa jadi cukup mematikan, hanya butuh 1 energy psychic dan 1 energi apapun, kamu bisa melaksanakan serangan Peniru yang memungkinkan kamu menggunakan serangan apapun yang dilakukan oleh musuh sebelum ini selain serangan GX. Jadi misalnya sebelum ini lawan adalah Electrivire yang menggunakan Hantaman Giga dengan kekuatan 170, Mimikyu bisa meniru Hantaman Giga tersebut dan membuat 1 Pokemon GX basic nyaris K.O. Jangan lupa serangan yang ditiru oleh Mimikyu ini bersifat psychic, jadi hitung selisih kelemahan atau resistansi lawan dengan benar ya.

Kombinasi Kartu

Jelas kalau kamu bisa dapat Mimikyu di putaran pertama dan bisa langsung menggunakan efek serangannya untuk mengambil kartu akan menjadi satu keuntungan tersendiri. Tapi masih ada beberapa kombinasi lain yang cukup unik seperti misalnya:

  • Malo: Sama seperti saat menggunakan kombinasi Malo dan Lapras GX, kamu bisa mengatur terlebih dulu kartu apa yang kamu ingin berada di atas deck kemudian diambil dengan serangan Mencopet.
  • Metagross GX: Sistem Geotech dari Metagross GX memungkinkan kamu untuk memindahkan energi psychic atau steel kepada Pokemon lain di Arena, jadi kamu bisa mempercepat setup Mimikyu kamu walaupun setup Metgaross rasanya lebih ribet.

Kelemahan Kartu

Mimikyu tidak memiliki kelemahan atau resistansi, jadi kamu tidak perlu takut untuk ketemu Pokemon apapun kecuali serangan Pokemon tersebut di atas 70. Kamu juga harus membawa kartu energi psychic atau energi rainbow bila ingin menggunakan kekuatan Peniru milik Mimikyu, kalau deck kamu tidak ada energi psychicnya, rasanya susah untuk bisa melancarkan serangan peniru dengan modal energi rainbow saja.

Kesimpulan

Walaupun kamu tidak bisa menggunakan serangan Peniru, Mencopet saja sudah cukup menjadi alasan yang baik untuk memasukkan 1 atau 2 Mimikyu ke dalam deck kamu, kalau kamu memainkan deck psychic kamu juga bisa dengan mudah menggunakan serangan Peniru tersebut. Pada akhirnya, kartu ini splashable ke berbagai macam deck dan tidak ada salahnya kamu membawa beberapa Mimikyu di cadangan bila ingin mengganti strategi bermain. Seperti biasa, kalau kamu punya strategi lain menggunakan Mimikyu, yuk berbagi lewat kolom komentar!