Shinichi Isa: Kyoto Animation Tak Akan Gunakan Hasil Donasi untuk Pulihkan Bisnis Mereka

October 4, 2019 3:04 pm
Shinichi Isa: Kyoto Animation Tak Akan Gunakan Hasil Donasi untuk Pulihkan Bisnis Mereka

Setelah insiden pembakaran Studio 1, Kyoto Animation yang menewaskan lebih dari 30 nyawa dan melukai puluhan lainnya, rekening bank dibuka oleh petinggi KyoAni dalam rangka mengumpulkan donasi. Banyak sekali figur dari dunia hiburan seperti Yoshiki X, Makoto Shinkai, Chihiro Ishizuka dan lainnya mendonasikan sejumlah uang menuju rekening tersebut.

Setelah pembukaan kantong donasi tersebut, belum diketahui uang yang terkumpul akan digunakan untuk apa saja selain memberi santunan kepada keluarga korban. Namun berdasarkan twit dari ketua dari Komite Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat, Shinichi Isa mengumumkan bahwa Kyoto Animation tidak akan menggunakan uang yang terkumpul untuk memulihkan operasi bisnis mereka, dan akan menggunakannya untuk memenuhi jumlah santunan dari korban serangan pembakaran tersebut.

“Kyoto Animation tidak akan mengajukan dana yang mereka dapatkan dari para pendonor dari seluruh dunia untuk memulihkan bisnis mereka, tapi akan digunakan untuk membantu korban yang masih berduka, yang terluka, dan bagi keluarga mereka.

Perusahaan ini sendiri tidak akan mendapatkan dukungan finansial apapun, termasuk dana dari lembaga pemerintah, dan akan bergerak dengan kekuatan mereka sendiri.”

Keputusan dari Isa terkait penggunaan dana ini belum dipublikasi oleh Kyoto Animation lewat situs mereka. Namun keputusan lewat sebuah twit tersebut mendapatkan banyak reaksi dari banyak netizen:

“Saya tidak akan mengharapkan sesuatu yang kurang dari Kyoto Animation.”
“Mereka adalah perusahaan yang menempatkan orang-orang terlebih dahulu”
“Saya telah memberikan beberapa kali donasi, dan saya bersyukur bahwa mereka menggunakan dana tersebut untuk itu.”
“Kyoto Animation sangat keren dengan resolusi mereka.”
“Mereka menunjukan seberapa kuatnya perusahaan mereka.”

Isa juga membuat twit terkait acara penghormatan memorial yang akan digelar 3 dan 4 November mendatang di Miyako Messe. Para penggemar juga dapat menghadiri penghormatan tersebut dan detail lebih lanjut akan dirilis oleh KyoAni sendiri lewat situs mereka.

Sumber: Soranews