[JOI Spotlight] Starting Fall Season 2019 Edition

October 6, 2019 7:01 pm
[JOI Spotlight] Starting Fall Season 2019 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk membuka musim gugur 2019 ini. Kali ini tentunya para staf JOI akan memberikan sedikit perkenalan untuk seri yang sempat kami tonton di minggu ini.

Vinland Saga 12

Kaptain

Secara teknis akhir cour dan ini titik tengah yang lumayan. Memang mayoritas isinya itu pasukan jalan kaki dan naik kapal dikit, tapi yang paling penting ya ngasih sedikit petunjuk soal latar belakangnya Askellad. Paling nggak saya lebih optimis ceritanya bakal bisa nyampe di akhir ekspedisi Inggris ini.

Arifureta 12

Kaczmarek

Terasa pendek. Saya pikir seri ini akan berakhir di episode ini, namun setelah mengecek situsnya kembali ternyata masih menyisakan 1 episode lagi. Episode ini lebih dipenuhi dengan permohonan untuk menyelamatkan (mantan) rekan Hajime dahulu. We’ll see, apakah akan diakhiri dengan mantap atau kekecewaan.

YU-NO 26 (End)

Kaczmarek

Alright then. Kalian pernah melempar kerikil ke sebuah sungai? Kerikil-kerikil itu kemudian mengikuti arus air menuju sebuah muara. Muara itu adalah akhir dari perjalanan mereka. Lalu buat apa saya ngomongin kerikil yang terbawa arus? Tidak jauh berbeda dengan seri berbeda dimensi ini. Pada dasarnya setiap cabang akan mengarah ke satu tujuan walaupun kenyataannya banyak yang terputus.

Takuya menemukan kembali cara menyatukan cabang tersebut dengan menyelesaikan tugasnya. Seperti impresi sebelum-sebelumnya yang diwarnai kehilangan orang yang ia sayangi, hal tersebut merupakan salah satu peristiwa yang membuat cabang itu berjalan kembali. Yu-No begitu juga seperti Takuya hanyalah katalisator dari berjalannya peristiwa. Mereka bagai pionir dari revolusi demi perbaikan nasib.

Seri ini mengajarkan, bahwa 12 episode awal hanyalah proses pelemparan benih yang nantinya kita pungut satu persatu. Simpel, yang membuatnya rumit adalah proses. Tak heran Romeo Tanaka (Cross Channel), Jun Maeda (Clannad), Tamiki Wakaki (TWGOK) dan kreator lainnya mengambil beberapa bibit itu untuk mereka kembangkan masing-masing. Sayangnya adaptasi ini kurang diapresiasi banyak pihak dan saya sendiri juga bagian dari itu. Singkatnya, 7,5/10 untuk cerita, 8/10 untuk animasi, 7/10 untuk musik serta suara, dan 8/10 untuk kenyamanan menonton. Jangan lupa, masih ada episode 26,5 yang siap rilis pasca natal nanti. Apalagi cliffhanger di akhir adegan episode ini, hadeh.

Shinchou Yuusha 01

What’s this?

Aki Toyosaki is getting back problem from having to carry to show alone.

Kaptain

Bisakah sebuah anime ngebawa satu musim dengan reaksi satu karakter aja? Yep. But not by this show though. Karena dari satu episode aja saya dah capek sama gimmicknya dan ini nggak kebantu sama saya yang udah baca manganya dan surprise-surprise capek juga dengan gimmicknya disitu.

Iya saya dah tahu alasan paranoianya dan latar belakang si dewi. Tapi ini seri yang ngejual dirinya sebagai seri komedi, and i find it wanting.

Kaczmarek

Seri kedua yang (akan) menguras kesabaran saya setelah OreSuki. Sejauh ini belum terlalu dalam, hanya saja saya menyukai Ristarte dengan sikap normalnya.

BlueHeaven

Oh cool we have another damegami here.

Houkago Saikoro Club 01

What’s this?

Board game ads

Kaptain

Saya mesti ngecek tahun publikasinya dan nemu kalau ini rilis di 2013. Saya ngelakuin ini karena kalau seri ini hadir sebelum 2010 saya masih bisa ngerti dengan karakternya, karena mereka ini kelewat lembek bahkan untuk standar output seri Manga Time Kirara. Sebenernya sih anime ini udah menuhin tanggung jawab mereka dengan 1. Ngenalin game 2. Ngenalin dasar aturan 3. Nunjukin progresi permainan. So good on them for that. Harusnya sih di episode depan lebih kebantu karena bisa lebih fokus sama gamenya.

Kemono Michi 01

What’s this?

Stealing start from Beastars on the furry market. Don’t ask about the giant ant.

Kaptain

Dari kreator Konosuba jadi di sisi karakter udah cukup mumpuni, cuma untuk sekarang masih belum ngumpul semuanya, Aqua seri ini aja belum muncul di cerita. Takutnya sama kayak adaptasi anime akhir-akhir ini, penceritaan bener-bener ngikut timeline dunianya dan bukan dari publikasinya.

FYI, aslinya abis dia ngesuplex si putri langsung timeskip ke waktu dia udah buka toko & punya staf reguler biar bisa langsung ngenalin para karakternya. Jadi penasaran aja apakah episode selanjutnya itu bakal langsung pas waktu dia bisa ngebuka toko atau masih pecicilan jadi Hunter, berhubung waktu dia & Shigure jadi Hunter itu sesuatu yang diungkap sedikit demi sedikit.

BlueHeaven

Thanks buat suplex himenya, jarang-jarang ada yang ginian. Tapi kedepannya bakal lebih banyak asupan furry sepertinya.

OreSuki 01

What’s this?

Tomatsu Haruka: Painful Meditation

Kaczmarek

Sudah terendus tentang kepribadian ganda setelah awal adegan, terutama saat Pansy/Panji/apalah menunjukan buku “Jekyll and Hyde”. Saya gamau bahas sisi psikologi walaupun seri ini akan sangat menguras kesabaran Joro dan tentunya kita sendiri.

Kiriina

Setelah saya dibikin bosen di 7 menit awal akhirnya bisa ketawa setelahnya. Joke nya lumayan terlebih karena kepribadian ganda si Joro. Cuman, saya agak pesimis buat lanjutin ini series.

BlueHeaven

Episode pertama mengandalkan berbagai hal yang repetitif benar-benar membuat saya sebagai penonton terhibur. Ditambah reaksi dan monolog dari karakter utama kita, Jorou benar-benar membuat romcom ini hidup. Terutama reaksi english-nya bener-bener bikin ngakak. Well, yang jelas itu semua bakal pudar kalau Panji udah ambil alih keseluruhan spotlight dalam anime ini.

CHOYOYU! 01

Wehehey! Baru mulai wey!

What’s this?

Your generic isekai dose? With better plot maybe?

Kaczmarek

Tidak seperti biasanya, kali ini bukan truk atau bus melainkan pesawat charter-an. Untuk episode pertama seri ini terasa seperti Kenja no Mago. Kita diperkenalkan dengan seorang politisi, dokter, swords(wo)man, merchant, inventor, pesulap, dan seorang nin-nin Ninja. Seperti biasa juga, seorang swords(wo)man pastinya menggunakan “gozaru” seperti Yae dari Isekai Smartphone. Apa lagi? Tidak ada! Seri seperti belum bisa dicap jelek, biasa atau bagus secara subjektif. Namun paling tidak, mereka sudah mengungkapkan mau kemana kita “dibawa”.

Dua karakter yang bikin penasaran untuk saya hanya Aoi dan Keine. Aoi, karena perannya sebagai pendekar, dan Keine karena Kanemoto Hisako (Tomoe Gozen).

Azur Lane 01

What’s this?

Kapal naik Kapal

Kaczmarek

Saya disini cuma nyari Tane. Baik, terima kasih. But no, sebagai admiral juga di dunia lain adaptasi seri ini cukup menarik, terutama dengan sistem yang digunakan. Sakura Nation (dan juga Iron Blood) mendapat peran antagonis, yang tidak terlalu mengejutkan jika melihat akar dari gamenya. Dari animasi pembukanya, studio Bibury sudah menampakan ciri khasnya dengan ala-ala Tenshou dan kolega. Kehadiran Tenshou juga membuat saya sedikit pesimis sebenarnya, apalagi saya belum bisa memaklumi kinerjanya dalam anime Rewrite.

Oiya, sebelum saya dicap sok tahu dan asal njeplak, saya disini sama sekali belum memainkan gamenya sehingga saya tidak bisa membandingkannya dengan adaptasi anime ini. Semoga saja kelanjutan ceritanya bisa menarik saya untuk memainkannya sebelum asal ngecap waifu dari seri ini. Mumpung ngecap gratis sih.

Kiriina

Kalo mau cari Tane-chan, Cygnet lebih worth, trust me. Awal episode udah dibuka dengan deklarasi perang dari duo serigala Akagi dan Kaga. Intro yang semestinya bagus buat sebagian orang yang ngga main gamenya. Buat fitur zoid dan segala macamnya, saya no comment antara kaget, bingung, ga ngerti juga kenapa Kaga bisa summon Rubah segede itu, gimana ntar Nagato.

Dari ceritanya, prediksi saya bakal ngikutin game. Kalau kalian ingat percakapan antara Prince of Wales dengan Cleveland ketika mereka mengatakan bahwa Hood belum tiba di pangkalan. Seketika saya berpikir mungkin episode selanjutnya bakal disuguhkan battle classic antara Hood dengan Bismarck. Masih kemungkinan, tapi saya berharap iya haha.

Chubyou 01

What’s this?

Power Rangers: Pink Morphine

Kaczmarek

Gatau, saya malah kurang tertarik sama seri ini, walaupun dikejutkan dengan kekuatan yang tak terduga dari para chuuni ini. 3 episode rule saya bentangkan untuk seri ini.

Dr. Stone 14

Kaptain

Opening dan Ending baru, selamat tinggal good morning world. Straight shot to the final karena secara efektif faksi Senku yang nguasain bracket turnamen. Sisanya ya tinggal nikmatin kegoblokan para “jenius” ini.

Bokuben 2 01

Would’ve touch them, but in the right place and the right time

What’s this?

Waifu War Grand Prix: Sprint Race!

Kaczmarek

We just getting dragged into breast + onsen episode. Seperti biasa keambiguan ucapan bisa berdampak buruk tak seperti yang diinginkan. Ogata ukurannya mau tumbuh ke H cup? Jauh bener ama Fumino hahahaha. Soal pace, seperti musim sebelumnya, cukup cepat. Mengutip impresi Kaptain di awal musim semi, “Tipikal buat adaptasi genre ini…”

F/GO Babylon 01

What’s this?

Look, nih game dah dapet 3 milyar USD. Ibarat saya mesti jelasin Batman & Spiderman itu latarnya gimana.

Kaptain

Langsung saya konfirmasi aja kalau anime ini didesain untuk mereka yang udah main gamenya. Anime nggak akan ngabisin waktu buat ngejelasin karakter atau sistem dunianya, you get it or you don’t. Saya apresiasi pendekatan ini karena produksi jadi punya visi yang jelas: Animasiin momen kuat singularity untuk para fans.

Jadi saya bakal ngebandingin perjalanan saya di gamenya dengan cerita animenya. Di game saya MVP Singularity ini (di luar story servant tertentu) tuh Cleo, Siegfried, sama Nitocris. Di anime ini entah Mash dikasih makan apa sampe bisa ngesolo Uridimmu.

Girls Frontline 12

Kaptain

Healing chapter selesai dan anggota terakhir AR team nongol juga di akhir. Ngeliat M4 di gua megang “koper” punya M16 kayaknya dialognya itu antara 2 timeline yang berbeda. Minggu depan bakal ada masuk chapter baru yang lebih fokus ke Doll lain. Minggu depan juga chapter 10 dah turun di global jadi semoga aja kalian dah dapet Contender atau CMS dari rate-up kemarin.

Val X Love 01

What’s this?

your seasonal harem ecchi anime, i guess (?)

BlueHeaven

Pengenalan karakter sekampung yang cukup ngebut. Well, 9 cewek plus 1 karakter utama laki-laki yang sebagai pusat percintaannya dalam 1 episode langsung diperkenalkan dengan plot yang ga asing. Hanya saja, karakternya bukan seorang ikemen malah wajah angker dan suara berat membuat anime ini punya sentuhan berbeda.

Untuk episode ini saya bisa katakan oke lah buat fans servicenya. Ditambah Hoods Entertaiment sudah mulai berkembang. Semoga gak ngadet ditengah-tengah macem Marchen Madchen.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja seri yang paling ngejutin kalian di musim ini?

Header: Calbee