[Celebrity Sunday] Iori Nomizu

October 20, 2019 6:00 pm
[Celebrity Sunday] Iori Nomizu

Selamat datang kembali dalam rubrik Celebrity Sunday! Setelah berminggu-minggu absen karena bingung mau ngambil siapa, kali ini kita membahas salah satu seiyuu bertalenta di dunia cosplay yang baru saja berulang tahun ke-34. Siapa lagi kalau bukan Iori Nomizu.

Nomizu lahir pada tanggal 18 Oktober 1985 di Sapporo, Hokkaido. Seiyuu yang suka bergaya dengan mengembungkan pipinya ini berada di bawah agensi Production Ace sejak tahun 2009. Tingginya mencapai 150 cm dan memiliki golongan darah A. Para penggemarnya lebih sering menemuinya dalam acara offline dibanding online. Apalagi selain menjadi seiyuu, Nomizu juga seorang cosplayer, novelis, skripter, penulis lirik, aktris dan juga seorang jurnalis.

Debutnya dalam dunia hiburan dimulai dari kehadirannya dalam serial drama di channel Fuji TV, “Densha Otoko“. Serial drama ini mengudara pada Juli 2005 dan Nomizu memerankan karakter Moe Kagami. Sejak saat itu, ia mulai dikenal penonton televisi nasional. Di tahun yang sama, ia memulai debutnya sebagai seiyuu untuk karakter minor dalam game simulator kencan “Girls Yoshitsune Densetsu-Tsuki Beyond“. Dalam debutnya ini, ia pertama kali bertegur sapa dengan seiyuu Chiwa Saito dan kini masih berteman dekat dengannya. Pada November di tahun yang sama, ia bekerja sebagai pelayan (maid) di Amusement Cafe Meido. Sebagai maid, ia juga menyanyi layaknya seorang idol. Debutnya sebagai penyanyi dimulai setelah merilis mini album “Alice of….” pada 21 Desember 2005.

Tahun 2006, ia kembali menjadi aktris dalam serial drama Akihabara@Deep yang tayang 11 episode (12 episode versi DVD). Nomizu memerankan karakter Shuu-tan yang menjadi bagian dari idol unit Hippopo. Di tahun ini juga, ia merilis sebuah single berjudul “Miracle Drops” pada bulan November. Di tahun berikutnya, ia menjadi pekerja lepas sebagai penulis novel dan lirik lagu serta menjadi komposernya. Beberapa lagu yang ia tulis liriknya dipasarkan dalam Comiket dan acara-acara lainnya.

Setelah hampir tiga tahun bekerja lepas, ia akhirnya bergabung dalam agensi Production Ace. Tidak diketahui apakah Nomizu mengikuti kelas seiyuu yang dibuka agensi ini sebelum bergabung dengan mereka. Pekerjaan pertamanya setelah bergabung agensi ini adalah sebagai host acara “Anison Cafe Yumegaoka” di channel TV Kanagawa.

Debutnya sebagai seiyuu dimulai dalam serial animeSuzumiya Haruhi no Yuuutsu (2009)” dengan mengisi peran minor seorang siswi sekolah dasar. Kemudian ia mendapatkan peran utama sebagai Nymph dalam serial “Sora no Otoshimono“. Secara waktu, debut penuhnya sebagai seiyuu adalah memerankan karakter Rinko Kuzaki dari seri “Omamori Himari” karena jadwal dubbing adaptasi dari manga ini lebih awal dibanding seri Sora no Otoshimono. Namun karena jadwal tayang anime yang diproduksi studio AIC A.S.T.A ini lebih awal, secara teknis debut Nomizu berada di serial ini.

Nomizu akhirnya memulai debutnya sebagai penyanyi profesional, setelah membawakan lagu pembuka dari animeKore wa Zombie Desu ka?” yang berjudul “Ma Ka Se Te Tonight“. Single ini dirilis pada 9 Februari 2011. Dalam anime ini ia juga memerankan karakter Haruna, seorang Mahou Masou Shoujo (pun intended). Di tahun berikutnya ia masuk anggota unit seiyuu, sweet ARMS. Seluruh anggotanya merupakan bentukan dari seiyuu utama animeUpotte!

Dengan makin dikenalnya sosok seiyuu ini, makin banyak juga karakter yang ia perankan. Karakter-karakter populer tersebut seperti Yoshino (Date a Live), Andou Mirai (Itsuka Tenma no Kurou Usagi), Kurousagi (Mondaiji-tachi ga Isekai kara Kuru Sou desu yo?), FNC (Upotte!), Kurumi Nonaka (Shinmai Maou no Testament), Rico Flamel (Kuusen Madoushi Kouhosei no Kyoukan), dan masih banyak lagi. Musim lalu, ia memerankan karakter Mao Nanjou dari seri Hensuki.

Setelah jarang mendapat peran dalam game, Nomizu akhirnya memerankan karakter Tanya Volta dari seri Atelier Ayesha: The Alchemist of Dusk pada tahun 2012. Kemudian di tahun berikutnya, ia mendapat peran dari game seperti Kantai Collection dan BLAZBLUE, Di dalam game Kantai Collection, ia dikenal sebagai seiyuu dari karakter Zuikaku, Shoukaku, Abukuma, Kinu, Hayasui dan Nelson. Sementara untuk BLAZBLUE, ia memerankan karakter Celica Ayatsuki Mercury. Ia juga mengisi suara MP-446, RPD, dan Z-62 dari game Girls Frontline.

Baiklah, kita kembali ke profilnya. Berhubungan dengan pekerjaannya, Nomizu memiliki hobi menulis adegan layar dan novel, kemudian menyanyi, membaca, menonton film horror dan membuat aksesoris dari batu. Ia juga seorang kolektor boneka Hello Kitty dan berbagai baju cosplay. Ia juga dikenal sebagai penggemar game Persona dan sering mengunggah screenshot game ini di akun Twitternya. Nomizu juga mahir dalam bermain cajon dan sering memainkannya dalam program radio A&G ARTIST ZONE 2h.

Kalian dapat mengikuti Iori Nomizu lewat akun Twitter atau blog Ameblo-nya. Sampai jumpa di edisi berikutnya!