Animasi Penutup Anime Hoshiai no Sora Dicurigai Mengkopi Tarian dari Odorite Populer

October 24, 2019 8:31 pm
Animasi Penutup Anime Hoshiai no Sora Dicurigai Mengkopi Tarian dari Odorite Populer

Setelah sempat viral dengan animasi penutupnya, adaptasi anime Hoshiai no Sora” dicurigai mengkopi koreografi tarian dari penari Jepang. Dua orang berbeda di Twitter merilis sebuah perbandingan dari animasi penutup anime ini dengan video gerakan tari orisinalnya. Salah satu pengguna Twitter yang membuat twit tersebut adalah Melochin, salah satu odorite populer di Jepang.

Dalam twit yang ia publikasi, Melochin menampilkan video tarian bersebelahan yang sebenarnya tidak berurutan dengan animasi penutup anime. Jika dilihat secara seksama, terlihat ada indikasi penggunaan rotoscoping (teknik animator menjiplak film rekaman gerakan aktor) atau animasi penutup anime tersebut memang terinspirasi dari video.

Melochin diberitahu tentang animasi penutup tersebut dan langsung mengeceknya sendiri. Ia mengatakan, “membandingkan keduanya…dan ini…” yang merujuk terhadap video yang telah di-embed. Melochin kemudian meminta para pengikutnya untuk tidak menghubungi studio terkait dikarenakan ia sendiri sedang berusaha untuk menghubungi mereka sendiri.

Kemudian, sebuah twit dari odorite lainnya, Miko juga membandingkan video tersebut:

Miko mengatakan , “Tampaknya (gerakan) saya mungkin digunakan untuk animasi penutup anime…(‘_’,”. Ia juga menyebut dirinya akan mengontak perusahaan atau studio terkait, namun koneksinya masih jauh dibawah Melochin.

Akibat dari viralnya dua twit tersebut, komite produksi Hoshiai no Sora merespon lewat akun Twitter resmi proyek ini:

“Untuk kalian semua yang menonton ‘Hoshiai no Sora’

Fakta-fakta tentang poin yang ditujukan dalam animasi penutup ‘Hoshiai no Sora’ saat ini sedang dikonfirmasi.

Komite Produksi Hoshiai no Sora”

Saya sendiri cukup awam soal penggunaan rotoscoping dalam anime. Pertama kali saya menyadari penggunaan teknik ini yaitu pada animasi penutup “Kaguya-sama wa Kokurasetai” beberapa musim lalu. Tentu saja animasi penutup yang saya maksud adalah video  animasi penutup spesial Chika Fujiwara.

Kembali ke kasus anime orisinal dari studio 8bit ini, semoga ada titik terang terkait penggunaan animasi penutup mereka.  Saya cuma berharap yang terbaik kedepannya, agar anime ini dapat mengudara layaknya anime lainnya.

Sumber: Crunchyroll