Card of The Day: Tapu Lele GX

October 24, 2019 3:27 pm
Card of The Day: Tapu Lele GX

Apa kabar pemain Pokemon TCG Indonesia, sepertinya hari ini adalah hari yang indah ya karena Set 2 dari kartu Pokemon versi Indonesia akhirnya keluar. Kamu yang sudah bosan sama Tapu Lele GX sebagai searcher kini punya searcher lain yang bernama Zoroark GX. Siapa yang sudah dapat? Pasti ada yang sudah beli dan langsung hura-hura hari ini kan?

Kebetulan karena mungkin ini menutup era eksklusivitas Lele, saya juga mau bahas soal kartu yang dulunya menjadi salah satu kartu paling staple di game Pokemon. Sekarang juga masih lumayan staple sih, tapi sudah mulai bermunculan alternatif lain untuk mencari kartu dalam deck.

Yuk kita bahas soal Tapu Lele.

Kelebihan Kartu

Kartu basic bernama Tapu Lele GX ini sangat luar biasa, pertama karena dia adalah kartu yang cocok untuk masuk ke berbagai macam deck. Sebagai Pokemon GX basic, Lele GX memiliki HP yang lumayan mumpuni, 170HP dan dipadu dengan serangan yang cukup unik. Serangan Dorongan Energi Lele GX bergantung dengan energi yang terpasang di Lele dan Pokemon lawan, setiap energi yang terpasang memberikan kerusakan 20 poin kepada Pokemon lawan yang tidak terpengaruh oleh resistansi atau kelemahan. Energi yang dibutuhkan pun hanya 2 energi colorless, jadi Lele mau masuk deck seperti apa saja oke.

Namun yang membuat Lele sangat berharga adalah kemampuan Sentuhan Ajaibnya yang membuat Lele bisa mencari 1 kartu Supporter saat digunakan sebagai Pokemon cadangan. Kamu bisa mencari Supporter apapun yang bisa memberikan advantage ke permainanmu. Selain itu masih ada juga Penyembuhan Tapu GX yang bisa menyembuhkan 2 Pokemon cadangan secara penuh, tapi sepertinya serangan ini akan jarang sekali digunakan bila kamu bermain cukup offensive.

Kombinasi Kartu

Menjadi kartu yang cocok masuk ke deck manapun, Lele menjadi salah satu kartu paling berharga di antara para pemain TCG Pokemon, makanya harganya naik relatif mahal setiap kali saya buka marketplace. Selain tidak perlu menggunakan energi spesifik untuk melakukan serangan, Sentuhan Ajaibnya juga bisa menjadi sebuah penentu menang dan kalah. Kalau sudah selesai, HPnya juga lumayan gede buat jadi tank. Yang jelas, Tapu Lele GX bersinergi baik dengan:

  • Kartu Supporter Apapun: terutama supporter yang sangat penting seperti Kiawe, atau supporter yang bisa merubah arah pertandingan seperti Guzma. Kalau kamu kesulitan memanggil keduanya, keluarkan saja Lele kamu.
  • Rekening Bank: Lele GX sangat bersinergi tinggi dengan rekening bank kamu, karena kalau kamu berhasil mendapatkannya baik di starter deck ataupun dalam booster pack, uang kamu langsung kembali asal nemu pembelinya.

Kelemahan Kartu

Lele GX tidak punya Kelemahan maupun Resistansi, untuk mundur pun kartu ini hanya butuh 1 energi saja. Jadi sepertinya kartu ini nyaris tidak punya kelemahan. Namun menurut saya kelemahan Lele ada di harganya yang sempat melangit dan tidak kunjung turun. Banyak orang yang kemudian menimbun kartu ini dan menyebarkan berita kalau kartu-kartu dari set 1 tidak akan direprint masuk ke set 2, tapi menurut kericuhan yang beredar di hari perilisan set Kebangkitan Legenda, Lele GX ternyata masuk lagi di TD set kedua.

Hal ini membuat kelemahan Lele GX; kelangkaan kartu menjadi berkurang dan pemain memiliki akses yang lebih banyak untuk mendapatkan kartu Lele GX. Di satu sisi memang hal ini memberikan kemudahan bagi pemain yang belum memiliki Lele atau tidak rela beli Lele harga booster box. Namun di sisi lain, banyak kolektor kartu yang menyayangkan perilisan ulang kartu Lele GX karena menurut mereka hal ini membuat valuasi dan rarity kartu Lele menurun.

Menurut saya sih, seharusnya tidak masalah kalau memang benar-benar ingin koleksi saja sih harusnya tidak perlu pusing, karena yang sekarang pusing katanya sih scalper kartu Lele GX yang udah nimbun banyak. Baru kali ini lihat ternak lele kurang berhasil.

Kesimpulan

Tapu Lele GX tetap menjadi kartu yang cukup powerful untuk kamu masukkan ke dalam deck, karena kartu ini masih menjadi kartu yang staple dan tidak ada salahnya mengikutsertakan satu atau dua kartu Lele dalam deck. Apalagi dengan munculnya 2nd coming of Lele ini membuat para pemain memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk mendapatkan Lele, baik dengan mencari dalam starter deck atau beli singles dari marketplace.