Staf Hoshiai no Sora Meminta Maaf Karena Telah Mengkopi Tarian Odorite Populer

November 2, 2019 5:08 pm
Staf Hoshiai no Sora Meminta Maaf Karena Telah Mengkopi Tarian Odorite Populer

Akun Twitter resmi dari proyek adaptasi anime Hoshiai no Sora” merilis sebuah pernyataan terkait dugaan mengkopi tarian dari seorang Odorite untuk animasi penutup mereka. Dalam pernyataan tersebut, pihak terkait meminta maaf kepada odorite Melochin dan Miko Nanakawa karena mengkopi gerakan mereka tanpa izin.

Mengenai animasi penutup dari ‘Hoshiai no Sora’

Dalam proses pembuatan dari animasi penutup dari anime ini, kami tidak mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada Melochin-sama dan Ms. Nanakawa dikarenakan kurangnya kesadaran terhadap hak cipta.

Kami meminta maaf untuk kedua pihak atas ketidaknyaman ini.

Terima kasih untuk para staf produksi, termasuk animator, dan kekonsistenan terhadap proyek ini, kami dapat bekerjasama. Di suatu waktu nanti, kami akan meninjau sistem produksi untuk mencegah hal ini terjadi lagi dan kami akan melanjutkan kegiatan produksi dari proyek ini.

Kami harap kalian dapat melanjutkan dukungan untuk anime ini.

 

Komite Produksi Hoshiai no Sora

Pasca permintaan maaf ini, J-CAST melansir bahwa komite produksi Hoshiai no Sora bertemu dengan Melochin dan Miko Nanakawa untuk menjalin hubungan kooperatif. Dari episode sebelumnya yang tayang di televisi, di bagian kredit ditampilkan nama Melochin dan Miko. Akan tetapi untuk penayangan lewat streaming, dalam episode ini belum menampilkan nama kedua Odorite ini. Kemungkinan besar dikarenakan perubahan yang sangat mendadak.

Sebelum kasus 

Setelah kasus

Melochin dan Miko Nanakawa sebelumnya merilis sebuah twit berisikan video perbandingan lewat akun Twitter mereka masing-masing. Keduanya menunjukan gerakan tarian milik mereka masing-masing yang ternyata dikopi oleh staf Hoshiai no Sora untuk dijadikan animasi penutup mereka.

Twit Melochin:

Twit dari Miko Nanakawa:

Pasca perilisan penyataan dari staf Hoshiai no Sora, keduanya tidak memberikan komentar lebih terhadap kasus mereka. Namun keduanya sama-sama me-retweet pernyataan tersebut, hingga muncul berita bahwa mereka sudah menjalin kerjasama.

Sumber: Crunchyroll