Survey Menunjukan Warga Jepang Lebih Lama Menonton Televisi Dibanding Menggunakan Internet

November 4, 2019 7:23 pm
Survey Menunjukan Warga Jepang Lebih Lama Menonton Televisi Dibanding Menggunakan Internet

Pada survey fiskal 2018, ditemukan bahwa bentuk media yang menjadi favorit warga Jepang adalah televisi. Rata-rata responden dari survey ini menonton televisi mencapai 156,7 menit per hari selama hari kerja, dan 219,8 menit saat hari libur (termasuk akhir pekan).

Sementara lama waktu menonton saat hari kerja menurun, namun saat hari libur lama waktu menonton ini mengalami kenaikan yang signifikan. Media terpopuler kedua diduduki oleh internet, dimana orang-orang rata-rata menghabiskan 112,4 menit untuk online selama hari kerja, dan 145,8 menit saat hari libur. Penggunaan internet juga mengalami kenaikan sejak survey dilaksanakan sejak tahun 2012.

Survey ini diadakan oleh Kementrian Dalam Negeri dan Komunikasi (Soumu Daijin) bersama dengan peneliti dari Universitas Tokyo dan institusi lainnya. Target survey ini adalah 1.500 orang yang dipilih secara acak dari laki-laki dan perempuan berusia 13 hingga 69 tahun. Responden diberikan secara langsung sebuah kuesioner yang kemudian akan dikumpulkan kembali keesokan harinya. Survey fiskal tahun 2018 ini dilaksanakan sejak Februari hingga Maret 2019.

Saat hari kerja, pengguna internet menghabiskan waktu mereka untuk surel dan media sosial dengan rata-rata masing-masing 30,8 menit dan 26,7 menit. Saat hari libur, pengguna internet menghabiskan waktunya paling banyak di situs berbagi video seperti Youtube, dengan rata-rata selama 36,6 menit, dan kemudian 35,6 menit untuk media sosial.

Untuk layanan media sosial yang paling populer digunakan pengguna internet Jepang adalah Line. 82,3% responden menggunakan Line, kemudian diikuti Twitter dengan 37,3%, Instagram 35,3%, dan Facebook 32,8%. Popularitas Instagram sendiri mengalami kenaikan 10 persen sejak survey tahun lalu.

Kemudian peringkat teratas dari kepercayaan responden terhadap informasi koran dengan persentase 68,8%. Posisi kedua diduduki oleh televisi dengan 63,7%, kemudian internet 32,2%, dan majalah 16,8%. Meskipun tingkatan kepercayaan akan media mengalami perbedaan fluktuasinya, peringkat dalam survey tersebut tidak berubah dari survey tahun lalu.

Gambar: Musk Tiger

Sumber:  Nippon