Capai Penjualan 9 Juta Kopi, Wataru Watari Ungkap Serial Oregairu Belum Berakhir

November 20, 2019 5:01 am
Capai Penjualan 9 Juta Kopi, Wataru Watari Ungkap Serial Oregairu Belum Berakhir

Pasca perilisan volume ke-14 atau terakhirnya kemarin, novel “Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru” telah berhasil mencapai penjualan 9 juta kopi. Dari streaming langsung dalam Monthly Gagaga Channel, Wataru Watari juga menjelaskan serialnya belum selesai dan masih banyak cerita yang akan diungkap. Dalam afterward di volume ke-14nya, diungkap bahwa sebuah side story akan dibuat.

Sampul edisi terbatas

Untuk memperingati berakhirnya novel ini, Ponkan8 (ilustrator novel) dan Io Naomichi (mangaka seri Oregairu). merilis ilustrasi spesialnya. Ilustrasi buatan Ponkan8 ini akan menjadi sampul volume ke-14 dalam edisi terbatas, dimana hanya 1000 buku yang dicetak menggunakan sampul ini.

Volume terakhir atau ke-14 ini sebenarnya dijadwalkan rilis pada November tahun lalu, namun harus ditunda menjadi 19 Maret. Malahan volume ke-13nya yang seharusnya dipasarkan bulan Oktober harus didorong hingga November tahun lalu. Kemudian GAGAGA Bunko menunda perilisan volume ke-14 hingga 18 April, dan kemudian mereka menundanya lagi hingga waktu yang tidak ditentukan. Hingga munculah pengumuman pada pertengahan September lalu oleh GAGAGA Bunko, dan mereka menambahkan kalimat “Akan dipasarkan pada waktu ini. Sungguhan!”

Sinopsis volume ke-14:

Musim akan berganti musim semi lagi. Bahkan jika kamu mengulangi hari yang sama, hari ini selalu baru. Jika kamu khawatir, keraguan akan menjawab dan membuat kesalahan, kamu tak memiliki pilihan tapi untuk selalu bertanya lagi—untuk mengetahui jawaban baru. Kamu tak dapat berkomunikasi tanpa kata-kata, tapi kata-kata itu tidaklah cukup. Jawaban yang selalu kuberikan selalu salah, dan hubungan yang terdistorsi sehingga tak bisa kudapatkan kembali adalah kepalsuan yang tak bisa kubuat apa-apa lagi. Itulah mengapa, setidaknya, kepalsuan ini telah sangat melukai hal yang satu yang dianggap sesuatu yang konkrit. Mengakhiri masa mudaku secara sengaja. Musim yang lalu dan musim yang baru. Kisah ini berlanjut dalam sebuah kesalahan….dan masa muda akan tentunya berlanjut. Volume penutup seri ini.

Arc terakhir seri komedi percintaan ini dimulai di volume ke-12 yang dirilis pada September 2017. Watari mulai merilis light novel Oregairu dengan ilustrasi dari Ponkan8 pada 23 Maret 2011 di Jepang. Yen Press mendapatkan lisensi novel tersebut bersama dengan adaptasi manga-nya yang digambar oleh Naomichi Io pada tahun 2015.

Novel ini telah mendapatkan adaptasi anime sebanyak dua musim. Musim pertamanya yang berjumlah 13 episode diproduksi oleh studio Brain’s Base dan tayang pada April 2013. Sementara itu musim keduanya berpindah studio menjadi studio feel. dan tayang pada musim semi 2015 dengan jumlah 13 episode juga. Musim ketiganya sudah diumumkan dan akan tayang pada musim semi tahun 2020.

Sumber: LN News, Monthly Gagaga Channel