Soundtrack Kimetsu no Yaiba Memicu Kontroversi Karena Diduga Menggunakan Adzan

November 21, 2019 6:14 pm
Soundtrack Kimetsu no Yaiba Memicu Kontroversi Karena Diduga Menggunakan Adzan

Sepertinya Jepang memang belum belajar setelah insiden yang menaungi anime Noragami Aragoto beberapa tahun silam. Saat itu, seri Noragami secara tidak sengaja memuat potongan-potongan Adzan ke dalam salah satu BGM-nya, “Push Button” yang digubah oleh Taku Iwasaki. Namun, komite produksi dari Noragami juga sudah secara terbuka meminta maaf dan melakukan klarifikasi atas potongan-potongan Adzan yang digunakan dalam lagunya. Menurut klarifikasinya, potongan Adzan tersebut digunakan tanpa sengaja karena berasal dari materi suara yang dijual oleh umum dan tanpa sepengetahuan mereka mengenai betapa sakralnya Adzan bagi umat muslim.

Namun kali ini, potongan dari Adzan kembali digunakan untuk soundtrack dari anime yang terkenal, Kimetsu no Yaiba. Dalam salah satu lagu dengan judul 竈門炭治郎~次の地へ yang diartikan menjadi “Kamado Tanjiro to The Next Place” ternyata memuat potongan Adzan. Potongan Adzan terdengar di 50 detik pertama dari lagu yang digubah oleh komposer Go Shiina. Hal ini membuat seorang otaku di Twitter abdallah kamel gusar dan mempermasalahkan penggunaan Adzan. Tweet miliknya kemudian diterjemahkan oleh pengguna Twitter lain @iKureiji.

Lagu ini rilis bersamaan dengan dirilisnya BD & DVD Kimetsu no Yaiba vol 4 pada tanggal 30 Oktober 2019 lalu dan salah satu bonus dari BD & DVD tersebut adalah CD Soundtrack-nya. Saat ini, abdallah kamel juga mencari tahu lewat Twitter kepada akun resmi Go Shiina perihal penggunaan Adzan ini.

Bagaimana menurutmu, apakah Kimetsu no Yaiba harus menarik atau menggubah ulang lagu ini? Saat berita ini ditulis, belum ada klarifikasi ataupun balasan dari pihak Komite Produksi Kimetsu no Yaiba, ada baiknya kita tidak langsung mengambil kesimpulan dan menunggu rektifikasi dari pihak resmi terlebih dahulu.