Segera Rayakan 15 Tahun Perilisannya, Proyek OVA Planetarian: Snow Globe Diumumkan

November 22, 2019 22:08
Segera Rayakan 15 Tahun Perilisannya, Proyek OVA Planetarian: Snow Globe Diumumkan

Sebagai bentuk perayaan 15 tahun novel visualnya dirilis, sebuah crowdfunding terkait pembuatan anime Planetarian: Snow Globe” akan diluncurkan pada 29 November mendatang. Target yang ingin dicapai mencapai 30 juta yen demi membuat OVA berdurasi 25 menit. Sebuah video promosi juga sudah diperlihatkan di channel Youtube Asmik Ace.

Crowdfunding ini dibuka di situs Campfire pada hari Jum’at. Studio terbaru buatan staf studio David Production, Okuruto Noboru akan menjadi studio animasinya. Sutradara dari serial Akanesasu Shoujo, Jin Tamamura akan menempati pos yang sama di proyek kali ini. Shogo Yasukawa (Shokugeki no Souma) akan kembali menjadi penulis skrip cerita sekaligus komposisi serinya. Yasukawa juga menempati posisi yang sama dalam proyek Planetarian sebelumnya. Hitomi Takechi juga menempati posisi yang sama sebagai karakter desainer seperti sebelumnya. Begitu juga dengan Naokatsu Tsuda (Stardust Crusaders) yang kembali ke proyek ini namun berpindah sebagai pengawas proyek. Key/VISUAL ART menjadi studio pembuatan efek suara serta produksi musiknya.

Keiko Suzuki, seiyuu dari karakter utama Yumemi Hoshino, memberikan komentar terkait proyek terbaru ini. “Sudah lebih dari 10 tahun sejak CD drama pertama Planetarian tentang Snow Globe, namun saya sangat berbahagia bahwa banyak penggemar yang masih mengingatnya.” Selain Suzuki, Daisuke Ono akan kembali memerankan karakter Kuzuya.

Novel visual Planetaria ~Chiisana Hoshi no Yume~ pertama kali dirilis pada 29 November 2004 untuk platform PC oleh Key. Novel visual ini memiliki durasi pendek (2-10 jam) dan telah mendapatkan porting menuju Play Station 2, PSP, iOS, Android, hingga Nintendo Switch. Sebuah side story berjudul “Hoshi no Hito ~Planetarian Side Story~ juga dirilis Key pada 30 November 2011 untuk platform iOS dan Android. Sekai Project bekerja sama dengan Key dan VISUAL ARTS untuk merilis novel visual ini di Steam dalam bahasa Inggris. Penjualannya dibuka pada 12 September 2014.

Adaptasi light novel-nya diluncurkan oleh Yuuichi Suzumoto dan Eeiji Komatsu yang perilisannya dibundel dengan edisi terbatas dari penjualan CD dari novel visual Planetarian. Novel ini juga dibundel dalam edisi terbatas dari versi Play Station 2. Visual Art kemudian menerbitkan novel ini secara fisik menggunakan label VA Bunko pada 31 Oktober 2008. Novel ini berisi empat cerita pendek yang diantaranya Snow Globe, Jerusalem, Hoshi no Hito, & Tircis and Aminte.

Adaptasi anime Planetarian pertama kali diproduksi oleh studio David Production dan ditayangkan di situs streaming Niconico mulai 7 Juli hingga 4 Agustus 2016. Total terdapat lima episode dengan format ONA. Staf yang sama kemudian membuat adaptasi film anime yang berjudul “Planetarian: Hoshi no Hito” yang diputar di bioskop dan teater di Jepang pada 3 September 2016.

Sumber: Planetarian Project, Campfire, Comic Natalie, Steam