Staf Kimetsu no Yaiba Rilis Pernyataan Permintaan Maaf Terkait Penggunaan Adzan

November 22, 2019 7:15 pm
Staf Kimetsu no Yaiba Rilis Pernyataan Permintaan Maaf Terkait Penggunaan Adzan

Staf dari franchise Kimetsu no Yaiba rilis pernyataan resmi terkait masalah penggunaan suara adzan dalam soundtrack mereka. Dalam pernyataan tersebut, mereka menyatakan akan menarik seluruh produk CD dari soundtrack dari toko-toko terkait. Mereka juga meminta maaf sebesar-besarnya atas kelalaian mereka.

Pihak produksi juga menyatakan bahwa lagu tersebut menggunakan material audio yang sudah tersedia, dan tidak bermaksud untuk menyakiti atau menghujat kaum muslim. Mereka juga menyadari makna dari suara adzan tersebut. Perlu diketahui, lagu ini tidak digunakan dalam serial anime-nya dan hanya didistribusikan pada 30 Oktober lalu bersamaan dengan cakram Blu-ray dan DVD Kimetsu no Yaiba Volume ke-4.

Lagu yang menjadi masalah ini berjudul “Kamado Tanjiro to The Next Place” dan merupakan lagu ke-51 dari daftar lagu dalam CD soundtrack-nya. Soundtrack ini dibuat oleh komposer bernama Go Shiina. Distribusi dari CD soundtrack ini akan diberhentikan, dan akan dikumpulkan kembali di markas mereka. Mereka juga menawarkan penggantian CD soundtrack lainnya bagi yang sudah membelinya.

Kontroversi mulai melambung pasca seorang pengguna Twitter dengan username @kamel418 (Abdallah Kamel) membuat twit yang mengkritisi penggunaan suara adzan dalam lagu tersebut. Ia juga membuat sambungan twit, dimana ia menyebut Twitter milik Go Shiina sendiri (@cnago) dan mempertanyakan penggunaan adzan dalam soundtrack buatannya.

Sumber: Kimetsu no Yaiba Official Statement