Gedung Studio 1 Kyoto Animation Akan Dirobohkan Mulai Januari 2020

November 24, 2019 12:29 pm
Gedung Studio 1 Kyoto Animation Akan Dirobohkan Mulai Januari 2020

Kantor berita NHK, melaporkan pada pagi ini bahwa Studio 1 Kyoto Animation akan segera diruntuhkan dalam waktu dekat. Setelah sebulan yang lalu Hideaki Hatta (CEO dari Kyoto Animation) mengumumkan rencana perobohan gedung, kali ini realisasinya telah diumumkan.

Pihak Kyoto Animation juga sudah mengumumkan jadwal perobohan kepada para warga sekitar Studio 1 mereka pada hari Sabtu kemarin. Persiapan seperti pemasangan scaffolding dan pembersihan dalam studio akan dilakukan esok Senin hingga akhir tahun ini. Kemudian perobohan dijadwalkan pada awal Januari hingga akhir bulan April 2020.

Meskipun sempat ada wacana pembuatan monumen memorial di tempat ini pasca dirobohkan, pihak Kyoto Animation belum mengumumkan secara detail terkait hal tersebut. Hideaki Hatta juga menyatakan bahwa dirinya sangat berat untuk melihat studionya ini dirobohkan, namun ia akhirnya memutuskan perobohan dalam waktu dekat setelah menjalani pertemuan dengan stakeholder terkait.

Pada Juli lalu, serangan pembakaran Studio 1 Kyoto Animation dilakukan oleh Shinji Aoba. 36 jiwa meninggal dunia dan 33 orang lainnya luka-luka. 27 dari 33 korban luka sudah kembali bekerja dengan studio dari serial Clannad ini. Sementara itu, belum lama ini Shinji Aoba diterbangkan ke Kyoto dari rumah sakit di Osaka setelah menjalani perawatan intensif. Polisi saat ini masih belum dapat menginterogasi Aoba lebih lama karena keadaanya belum sepenuhnya pulih untuk dicecar banyak pertanyaan. Akan tetapi, sebuah pernyataan resmi dari polisi dirilis pada bulan lalu bahwa mereka sudah memberi pertanyaan ke Aoba terkait kasus ini. Aoba menjawab bahwa ia memang sengaja untuk melukai banyak orang yang bekerja di studio ini.

Sumber: NHK