Anime Kemono Friends Berdampak Positif Terhadap Usaha Perlindungan Satwa

November 25, 2019 11:34 am
Anime Kemono Friends Berdampak Positif Terhadap Usaha Perlindungan Satwa

Kemono Friends, franchise media yang dibuat oleh Mine Yoshiaki terbukti berperan dalam perlindungan satwa. Grup penelitian dari Universitas Tokyo dan Kebun Binatang Tama Tokyo berhasil membuktikan dalam bentuk data yang mendukung pernyataan tersebut.

Penelitian ini dilakukan oleh Yuya Fukano dari Universitas Tokyo, Masafumi Soga dari Asosiasi Profesor, Yosuke Tanaka dari Kebun Binatang Tama, dan beberapa staf lainnya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh makin banyaknya spesies binatang yang punah akibat dari ulah manusia. Namun di sisi lain, banyak juga manusia melalui lembaga konservasi yang melindungi spesies binatang yang terancam punah.

Skema Penelitian

Berdasarkan skema penelitian pada gambar di atas, apa yang dibutuhkan dari perlindungan satwa yang terancam punah ini yang paling utama adalah pendanaan. Seperti yang diketahui, kegiatan ini tidak mengincar keuntungan secara finansial, sehingga pendanaan didapat melalui donasi dari berbagai pihak. Donasi ini didapatkan dari beberapa kelompok masyarakat dan individu yang perhatian akan perlindungan satwa.

Sejak proyek anime dari Kemono Friends tayang pada musim dingin 2017, topik binatang yang terancam punah kian panas. Bagi yang belum mengetahui, serial ini diisi oleh karakter-karakter binatang dari yang aman eksistensinya hingga yang kehidupannya terancam di habitat mereka. Grup peneliti di atas membuat hipotesis bahwa penayangan dari serial ini menaikan kesadaran para penonton dan juga menaikkan jumlah donasi yang didapatkan. Untuk memverifikasi hal tersebut, angka-angka dari pencarian nama-nama binatang di Google dan Wikipedia kian naik.

Hasil dari verifikasi oleh tim ini, menunjukan bahwa pada saat penayangannya 2 tahun lalu, jumlah angka pencarian di mesin pencari naik hingga 6 juta kali. Sementara itu di Wikipedia, jumlah klik dari halaman tentang binatang naik hingga 1 juta kali. Kemudian para peneliti juga mendapatkan data pengunjung Kebun Binatang Tama di daerah Tokyo, dan ditemukan adanya lonjakan pengunjung sejak penayangan seri ini. JAZA (Japan Aquarium Zoo Association) juga memberikan data terkait lonjakan pengunjung di beberapa tempat di Jepang semenjak serial ini booming disana.

Dari grafik diatas, 30 spesies binatang yang tampil di serial Kemono Friends telah mendapatkan donasi lebih banyak dari 129 spesies lain yang tidak tampil dalam serial tersebut. Studi ini menunjukan bahwa Kebun Binatang dan anime tentang binatang dapat memerankan pentingnya edukasi mengenai konservasi dan juga menaikan kesadaran akan satwa yang terancam punah.

Sumber: University of Tokyo Archive