Proses Pembersihan dan Pemasangan Pagar Pelindung Studio 1 Kyoto Animation Dimulai

November 25, 2019 1:19 pm
Proses Pembersihan dan Pemasangan Pagar Pelindung Studio 1 Kyoto Animation Dimulai

Persiapan dari perobohan Studio 1 Kyoto Animation mulai dilakukan hari ini. Sejumlah pekerja telah mendatangi lokasi, dan material serta alat untuk memasang pagar pelindung juga telah tiba pagi ini. Pada pukul 09:00 waktu setempat, sejumlah pekerja sudah memulai memasang pagar yang menutupi sekitar studio.

Sejumlah truk yang membawa material seperti pipa baja, scaffolding, kawat, dan material lainnya silih berganti mendatangi studio yang terletak di Distrik Fushimi ini. Perobohan gedung akan dilakukan pada Januari hingga akhir bulan April 2020. Untuk fase awal, dilakukan pemasangan pagar pelindung agar material puing-puing tidak terkena rumah warga di sekitarnya. Sambil melakukan pemasangan, sejumlah pekerja dan perwakilan dari KyoAni meninjau ke dalam studio dan membersihkan barang-barang yang masih berada di dalam untuk dikeluarkan.

Fase pemasangan dan pembersihan ini akan berlangsung hingga akhir tahun ini. Dilansir NHK, seorang pemilik cafe yang lokasinya dekat dengan studio tersebut memberikan komentar, “Jika anda melihat dari sisi korban dari insiden dan para warga pemukiman disini, saya pikir tidak ada pilihan lain selain menghancurkan gedung ini.”

Perlu diketahui, Kyoto Animation memiliki beberapa studio selain studio 1 yang dibakar secara sengaja oleh Shinji Aoba. Total terdapat lima studio/kantor yang beroperasi di bawah KyoAni dan tiga diantaranya adalah studio animasi. Kantor utamanya terletak di kota Uji, Prefektur Kyoto dan studio 1 yang akan dirobohkan berada di kota Kyoto, Prefektur Kyoto. Jarak antara kantor utama dan studio 1 ini hanya sekitar 2,5 km.

Studio kedua berada di sebuah ruko di Uchihata Kohata dan jaraknya hanya 5 menit berjalan kaki dari kantor utamanya. Kemudian studio ketiga yang dijadikan sebagai Departemen Pengembangan Produk berada dekat dengan studio kedua. Kemudian studio kelima berada di Kiso Nishinaka yang dekat dengan kantor utama. Di studio lima ini juga terdapat Kyo-Ani & Do Shop. KyoAni juga memiliki kantor cabang di Tokyo yang terletak di Akasaka, Minato-ku. Kantor cabang ini bukan menjadi tempat pembuatan animasi dari KyoAni.

Sumber: NHK