Manga Machikado Mazoku Hiatus Selama 2 Bulan Akibat Kondisi Kesehatan Mangaka

November 28, 2019 3:09 pm
Manga Machikado Mazoku Hiatus Selama 2 Bulan Akibat Kondisi Kesehatan Mangaka

Mangaka Izumo Ito mengumumkan pada hari Rabu bahwa manga “Machikado Mazoku” akan mengalami hiatus dua bulan untuk pemulihan diri dari autonomic ataxia (disfungsi bagian dari sistem saraf). Manga akan terbit lagi pada bulan Januari.

Ito menjelaskan kondisi kesehatan dirinya, dia mengatakan bahwa gejala muncul sejak bulan lalu. Dua tahun lalu, setelah pulih dari demam akibat peradangan tonsi, dia mulai mengalami radang di tenggorokan dan telinganya setiap kali merasa lelah.

Ito mencatat bahwa dia memiliki kebiasaan buruk memperlambat kerja dan beristirahat ketika bekerja, terutama ketika masuk ke bagian bagus manga, yang pada akhirnya akan merusak kesehatan mereka dan membuat submisi naskah terlambat. Dia menggambarkannya sebagai “lingkaran setan” dari pengiriman naskah dan kemudian membuang-buang waktu hanya tidur dan tidak makan atau berolahraga dengan baik.

Tetapi karena dia merasa pekerjaan ini menyenangkan, dirinya tidak merasa seperti sedang menderita atau dalam bahaya. Akhirnya peradangan di telinga mereka menjadi lebih buruk, dan sekitar waktu ketika pekerjaan untuk anime selesai, dia merasa sulit untuk menggerakkan lengan dan tubuh, dan mulai menderita pusing, sakit kepala, nyeri sendi, dan masalah penglihatan. Ketika pergi ke dokter, dia didiagnosis menderita ataksia.

Ito tidak menerbitkan satu bab manga bulan lalu, dan telah beristirahat hampir sepanjang November, dirinya melakukan pengawasan dan perbaikan kecil. Ito tidak pulih secepat yang dikira, jadi dia memutuskan untuk hiatus lebih panjang atas saran editor. Ito mencatat bahwa dia akan mencoba mengubah gaya hidupnya setelah pulih.

Sumber: ANN