[JOI Spotlight] Close Shave Edition

December 1, 2019 8:42 pm
[JOI Spotlight] Close Shave Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di bulan terakhir 2019 ini. Berbagai anime sudah mendekati klimaks atau fase beres-beres mereka dan tentu saja para staf JOI akan memberikan impresinya.

Vinland Saga 19

Kaptain

Perburuan selesai. Total yang idup dari kru Askellad: 5 orang. Pada akhirnya diplomasi yang menang dan Canute sekarang punya pasukan baru buat memperjuangin kursi dia. Entah bakal kayak gimana desa Thorfinn kalo Thorkell beneran desersi, tapi ya nih orang sebenernya nggak didesain buat hidup tentram.

Noukin 07-08

Kaczmarek

Pauline twist disini terlalu mudah ditebak ye? Akan tetapi mengetahui genre ini petualangan dengan balutan komedi, hal tersebut menurut saya dapat dimaklumi. Kalau bapaknya Mavis sampai segitunya ke Mavis, saya gak sabar ngeliat kakak dan adeknya nanti. Seberapa sayang ia terhadap Mavis dan seberapa siscon mereka haha.

Honzuki no Gekokujou 09

Kaczmarek

Myne bertemu Frida yang ternyata juga punya penyakit Devouring (saya gak tau fansub indo pake istilah apa untuk mengartikannya). Dengan ini, Myne memiliki rekan sekaligus rival dagang terbaru dari kongsi sebelah. Myne juga makin sadar bahwa ucapannya dan keputusannya makin krusial setelah menjalin kontrak dengan Benno. Sebagai pebisnis di usia muda dan fisik lemah, ia juga harus mulai mengatur diri agar aktivitas yang makin berat ini tidak berdampak buruk (lagi) terhadap tubuhnya.

Azur Lane 08

Kaczmarek

Saya ingin berterima kasih dan mengapresiasi para staf yang masih berniat membuat seri ini hingga selesai. Kita pun tak tahu bagaimana kondisi di studio saat pengerjaannya, namun melihat output yang ditampilkan sepertinya mereka kekurangan. Entah SDM, budget, arahan, atau hal lain.

Di episode kali ini saya berharap banyak dengan kipasnya sih. Apalagi seperti Zui x Kaga seperti gambar diatas. Untuk skenario ceritanya, episode kali ini lebih baik dan mereka masih mau konsisten dengan referensi yang dipakai walau banyak yang kritisi.(berdasarkan netizen Twitter Jepang). Dengan Tenshou lagi buka lowongan, semoga di sisa-sisa episode seri ini bisa naik lagi kualitas animasinya.

OreSuki 08

Kaczmarek

Guess what? Keegoisan seseorang tidak dapat dimaklumi orang lain dengan mudah. Sekalipun keegoisan itu berniatan baik, ada kalanya kita juga perlu membertimbangkan sesuatu bersama dengan orang lain. Membuat keputusan sendiri itu beresiko tinggi, Joro harusnya tidak perlu menutupi itu. Sikapnya dapat menjadi bumerang baginya jika suatu saat orang lain juga berusaha untuk membantunya, walaupun ia sudah memberitahu orang tersebut untuk tidak mempedulikannya.

Oiya, di episode kali ini juga kita kedatangan laki-laki yang tiba-tiba sok dekat dengan Joro. Tak perlu diperkenalkan, karena kita akan menyadari orang macam apa dia ini.

BlueHeaven

Kitta, kono kuso otoko da!

Kemonomichi 09

Kaptain

Bagian putrinya lebih dipanjangin. Nggak terlalu invest sama Mao yang udah makin deket, just give me good promo and be done with it.

BlueHeaven

Puas saya liat shiri-hime lebih banyak tampil.

Beastars 08

Kaptain

Ini masuk poin di mana saya stop baca manganya, yang saya rada ga nyangka jalannya lebih cepet karena saya inget ada beberapa plotpoint yang dilewatin. Makanya semua perkembangan buat Juno ini tuh one hell of a surprise. Baik pas tantangan di buat Louis sampe kesadaran pada obsesi gebetannya. You go girl.

Die Neue These 22

Kaptain

Whole planet got nuked dan salah satu veteran terbaik empire kabur aside, ini kemenangan yang cukup bersih. Pasukan bangsawan yang nyisa juga ya kalau nggak desersi atau bunuh diri ya ngasih “paket perpisahan” kayak di atas. Yang bikin pait ya pengaruh Oberstein di lingkaran sosial Reind, yang notabene dibutuhin banget tapi jelas bakal ngegesek sama opsir lain yang lebih idealistik.

CHOYOYU! 09

Kaczmarek

Untuk anime yang dapat ditonton pertama kali pada hari Jum’at, ini bukan waktu yang bagus. Setengah dari episode ini diisi dengan perlawanan terhadap Gustave, dan diakhiri dengan menghilangnya sang antagonis. Things get feisty when he disappeared to nowhere. Kemudian saya dibuat kelabakan dengan massage scene, yang bikin saya gabisa tahan di akhir November. Aoi dan Keine + Shinobi memang senjata komersil di seri ini. Lalu kita diakhiri dengan Tsukasa yang merasa mereka tak selaras dengan Azure Brigade. Sepertinya sebelum Gustave muncul lagi untuk melawan mereka, Seven Light Faith harus berhadapan dengan Azure Brigade terlebih dahulu.

Seishun Buta Yarou wa Yumemiru Shoujo no Yume wo Minai

Kaczmarek

Damn, pardon me with a lot words which will come in this section. Okay, ⅓ of the movie itself is really sad and frustating. To know Shouko-can and Shouko-san is the same person who lived differently, and they’re depending Sakuta’s fate to live really inflicting myself towards a bad state.

Salah satu momen yang menjadi highlight dalam film ini tentunya adalah masa lalu dari Shouko. Berawal dari penyakit jantungnya hingga kekhawatiran bagaimana menjalani masa depannya. Tak ayal ia bingung mengisi rencana masa depannya saat masih kelas 4 SD, dan setelah memantik puberty syndrome terhadap Sakuta, dirinya seperti memiliki tujuan hidup lagi. Meskipun ia harus mengorbankan kenangan dan ingatan (yang pada akhirnya dapat ia ingat kembali), Shouko dapat tetap kuat menjalani hidup walau peluang untuk melanjutkannya sangat tipis.

Tak hanya Mai dan Shouko, bahkan seorang Koga dapat juga berperan besar dalam perjuangan Sakuta demi menyelamatkan Mai. Saya sendiri masih heran, apakah heroine lainnya disini akan selalu berhubungan dan berperngaruh besar terhadap perkembangan karakter heroine lainnya? Mengingat materi dari seri ini masih tersisa beberapa volume hingga volume saat masuk kuliah nanti.

Dude, what the ****!?

From tears to laugh, then tears again, then out of nowhere fanservice which our focus towards Futaba’s balloon. Well i like her tho, probably the only heroine that i choose from this series. You guys need to watch it as soon as possible.

Bokuben 09

Kaczmarek

Profesor yang ngejar-ngejar Ogata ternyata bapaknya Fumino. Disini saya juga baru mengetahui ibunya ternyata sudah meninggal. Jadi selama ini Fumino tinggal secara teknis sendirian di tengah hubungannya dengan ayahnya yang memburuk. Untuk episode berikutnya, tentunya kita akan melihat isi tesis dari peninggalan ibunya.

Iya na Kao sare nagara Opantsu Misete Moraitai 2 01

Kaczmarek

Walaupun seri ONA ini berfokus terhadap kancut, saya malah lebih tertarik dengan seiyuu pengisi suara karakternya. Kali ini kita disuguhkan dengan Chitose Itou, maid yang juga tampil di musim sebelumnya. Disuarakan Shizuka Ishigami (Kajou Ayame dari Shimoneta), saya akan menanti suaranya kembali dalam peran cewek tomboy dengan foul-mouthed personality.

BlueHeaven

Just like Erika Shadowverse.

FGO Babylonia 09

Kaptain

Masuk ke fundamental FGO: Ngelempar batu berkilau buat ngedapetin superhero. Emang adaptasi ini minim di komedi, tapi untungnya pas jatahnya Isthar komedinya masih utuh. Mana ada sih cerita yang tega ngemubazirin karakter damegami.

High score Girl 06

Kaptain

That’s one hell of a monologue, well dialog sih kalo Guile diitung. Mayoritas episode didedikasiin buat Haruo finally getting it, sebaliknya Hidaka ini malah kayak kena Thanos. Ini tinggal turnamen akhir aja dan kayaknya biar muat sampe finale kita bakal dapet OVA lagi.

Girls Frontline 19

Kaptain

Kebanyakan sketsa soal Arctic Warfare, RO akhirnya nongol secara penuh. PV event Natal dah nongol dan ngeliat ga ada Elite SF yang dipamerin, kayaknya ini bakal fokus di konflik internal. Ration masih kering dan Fairy Command dikit gara-gara grinding special equip, jadi paling baru sempet man ranking pas hari akhir.

SAO-A: War of Underworld 08

BlueHeaven

Well, that’s unexpected for me as non-LN reader. Saya kira Eldrie bakal stay di backline abis ini dan tetap menurut sama last order Alice. Well double sacrifice for both side. Yang orc meski cuma numpang lewat berapa menit juga berasa goosebumpnya, tapi puncaknya tetap di Eldrie. Momen ketika HP sampe jadi minus bener-bener bikin wah. Yang bilang SAO jelek, fix brainded.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa seri yang sepanjang musim ini konsisten membuat kalian puas? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.

Header: akao_ppai