Yoshiyuki Tomino Akan Menulis Pesan Pertama untuk Gunpla yang Akan Dikirim ke Luar Angkasa

December 5, 2019 4:40 pm
Yoshiyuki Tomino Akan Menulis Pesan Pertama untuk Gunpla yang Akan Dikirim ke Luar Angkasa

Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) mengumumkan pada Mei dulu bahwa mereka akan bekerja sama dengan Universitas Tokyo untuk meluncurkan model Gunpla ke luar angkasa pada tahun 2020. Yoshiyuki Tomino selaku kreator seri Gundam lewat konferensi pers hari Selasa mengungkap bahwa dirinya akan menulis pesan yang akan dipancarkan oleh satelit gunpla tersebut.

Pesan teresebut akan dibacakan oleh Toru Furuya (Amuro) dan Shuichi Ikeda (Char). Tomino berkomentar: “Saya membuat pesan yang menyatakan kebenaran yang jelas. Saya tidak bisa mengungkapkannya di sini, jadi saya ingin Anda mendengar pesan yang dikirim dari luar angkasa. Anda pasti akan tertawa.” Dia memastikan bahwa dialog antara Amuro dan Char berbeda dan ini adalah yang “pertama” baginya. “Biasanya, kalian akan membayangkan Amuro dan Char bertarung dengan MS mereka, jadi cukup sulit menulis percakapan yang menyimpang dari itu.”

Staf di Universitas Tokyo mengembangkan satelit ultra-kecil “G-SATELLITE” yang berisikan RX-78-2 dan Zaku II untuk dilepaskan ke ruang angkasa dari Modul Eksperimen Jepang (JEM) Stasiun Antariksa Internasional antara Maret dan April 2020. Setelah itu satelit akan mengirimkan pesan pendukung selama mengorbit Bumi.

G-Satellite akan berukuran 10cm x 10cm x 30cm dengan model RX-78-2 yang terpasang di atas dan model Zaku II di “kokpit” di dalamnya. Kedua model Gunpla dilengkapi dengan cat dan bahan khusus yang dapat bertahan dalam kondisi luar angkasa. Papan pesan akan menampilkan salam di dekat kaki Gundam dan matanya akan menyinarkan lima warna Olimpiade. Satelit itu akan menampung tujuh kamera untuk merekam aksi Gunpla.

G-SATELLITE adalah salah satu dari “Proyek Satu Tim” yang dirancang untuk merayakan Olimpiade Tokyo 2020 dengan kerja sama para pencipta dan inovator Jepang terkemuka.

Sumber: ANN