Ponimu Menutup Layanan Streamingnya, Anime Legal Tidak Laku di Indonesia?

December 9, 2019 8:13 pm
Ponimu Menutup Layanan Streamingnya, Anime Legal Tidak Laku di Indonesia?

Seperti yang sudah kita ketahui, Ponimu Indonesia baru saja mengumumkan akan menutup layanan streaming mereka pada tanggal 6 Januari 2020. Artinya, umur situs streaming Ponimu umurnya tidak akan sampai 1 bulan lagi. Lebih tepatnya, situs tersebut hanya berumur 28 hari lagi sampai ke penutupannya, ada apa gerangan?

Ponimu kemudian mengirimkan sebuah press release kepada JOI yang berisikan penjelasan untuk penutupan situs streaming mereka, berikut adalah isi dari press release tersebut:

Ponimu Akan Menutup Layanan Streaming di Awal Bulan Januari 2020

Sudah lebih dari setahun Ponimu mencoba untuk membawakan anime-anime legal via library dan simulcast. Walaupun jalannya susah dan tidak mulus, Ponimu selalu konsisten dengan simulcast di setiap bulannya. Ponimu juga selalu berusaha untuk menjalin jembatan baru dengan pihak Jepang setiap seasonnya demi membuka kesempatan kerja sama yang lebih baik. 

Ponimu pertama kali memperkenalkan dirinya pada acara Creators Super Fest 2018, saat itu Ponimu mulai memperkenalkan diri sebagai platform streaming berfokus anime pertama di Indonesia. Ponimu juga memulai grand launching kami di acara Comifuro 2018 di akhir Agustus. Saat itu kami juga membawa 2 acara sebagai simulcast perdana di Indonesia yaitu Ms Vampire dan Merc Storia.

Sampai saat ini Ponimu telah berhasil membawakan 6 seri Simulcast. 6 seri anime lama dalam library, 19 movie, dan 6 animasi lokal. Animasi-animasi ini bisa ditonton baik sebagai user free maupun user premium.

Namun seperti setiap pertemuan, selalu ada perpisahan. Kali ini dengan berat hati Ponimu akan menutup layanan streaming Ponimu terhitung tanggal 6 Januari 2020. Ponimu akan membuka situs bisnis baru di www.ponimu-indonesia.com.

Bagi para pengguna yang memiliki hari premium sisa setelah tanggal 6 Januari 2020, harap hubungi Ponimu secepatnya untuk melakukan refund untuk sisa hari yang dimiliki.

Tapi ini bukan berarti Ponimu akan meninggalkan kita semua, Ponimu tetap akan terus ada di antara pelanggan dan tetap memiliki visi untuk memajukan anime legal di Indonesia. Hanya saja, Ponimu ingin kembali mengevaluasi model bisnis yang tepat untuk menyalurkan anime di tanah air tercinta ini. Ponimu akan tetap berkontribusi melalui jalur berbeda dan bekerja sama dengan partner-partner Ponimu di masa depan.

Ponimu ingin melayangkan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada teman-teman yang sudah mendukung situs Ponimu sampai sejauh ini. Namun situs streaming Ponimu harus tutup per 6 Januari 2020 mendatang. Dukungan kawan-kawan sangat berarti bagi Ponimu untuk sekarang dan masa depan.

Seperti yang baru saja kamu baca, Ponimu hanya akan menutup situs streaming-nya saja dan masih akan tetap membawakan anime-anime legal ke Indonesia. Namun anime-anime tersebut akan disalurkan lewat kanal yang lain dan bukan seperti kanal milik Ponimu sendiri. Mungkin Ponimu akan membawakan anime-nya ke layar kaca di televisi seperti dulu? Atau ke layanan-layanan VoD lokal lain seperti Genflix misalnya.

Saat ini JOI sudah mencoba untuk menghubungi PIC Ponimu namun kami belum berhasil mendapatkan jawaban, kira-kira kenapa ya Ponimu kok sampai tutup, sebenarnya JOI juga penasaran nih. Yuk ikuti polling kami “Kenapa Ponimu Sampai Tutup, Apakah Bisnis Lisencing di Indonesia Tidak Berhasil?“. Ikuti polling kami lewat tautan berikut ini:

https://forms.gle/AAnxFcgLgeFyTDV46

Bagaimana masa depan industri anime apalagi anime legal ke depannya kalau kesadaran untuk mendukung kanal legal saja masih susah?