[JOI Travel] Cara Murah Menikmati Pemandian Oedo Onsen di Odaiba!

December 12, 2019 7:04 pm
[JOI Travel] Cara Murah Menikmati Pemandian Oedo Onsen di Odaiba!

Sebelum membahas Oedo Onsen Monogatari, kata onsen tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para penggemar budaya Jepang. Istilah ini populer dipakai untuk menyebut tempat pemandian air panas (hot spring) di Jepang. Namun memang sering terjadi campur aduk antara istilah onsen dan sentou. Onsen terdiri dari karakter on yang berarti “panas” dan sen yang berarti “sumber”, sehingga air yang dipakai onsen berasal dari mata air alami. Sentou juga merupakan pemandian air panas publik (public bath) tapi air panasnya tidak harus berasal dari sumber mata air alami. Misalnya, kita bisa saja menggunakan air PAM lalu membuka bisnis sentou.

Menikmati zaman edo di tengah kota modern

Salah satu onsen yang terkenal dari Tokyo adalah Oedo Onsen Monogatari. Onsen yang bernuansa dekorasi zaman Edo ini terletak di Odaiba, pulau buatan manusia yang sudah terkenal dengan beragam lokasi pariwisata. Untuk mencapai Oedo Onsen ini, kamu cukup menggunakan kereta Yurikamome Line dan turun di Telecom Center Station. Selain bak mandi terbuka dan foot river, terdapat berbagai restoran untuk makan dan juga hotel bagi yang ingin bermalam. Tentu saja kamu tidak perlu bermalam untuk bisa menikmati fasilitas-fasilitas onsen yang tersedia. Biasanya pengunjung datang untuk mandi, makan, dan ngobrol santai bersama selama 3-4 jam.

Suasana zaman edo di Oedo Onsen Monogatari

Suasana zaman edo di Oedo Onsen Monogatari

Walaupun banyak sekali fasilitas menarik yang telah disebutkan, biaya masuk yang cukup tinggi seringkali membuat orang ragu-ragu untuk berkunjung. Biaya masuk ke lokasi ini adalah 2.720 yen (hari biasa) dan 2.936 yen (Sabtu dan Minggu) untuk orang dewasa, lalu harga juga akan bertambah pada hari libur spesial tertentu. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir karena banyak sekali cara untuk masuk ke Oedo Onsen Monogatari dengan harga yang lebih bersahabat. Yuk simak beberapa poin di bawah ini.

Cara murah masuk ke Oedo Onsen

Datang di malam hari

Pengunjung yang datang di atas pukul 6 sore akan mendapatkan harga berbeda, yaitu 2.180 yen (hari biasa) dan 2.396 (Sabtu dan Minggu). Saya sendiri selalu datang di malam hari karena ingin menghemat biaya. Lagipula, setelah bermandi ria, tentunya kita ingin makan dan melepas capai. Makan malam dan bersantai lebih tepat dilakukan pada malam hari setelah berjalan-jalan seharian. Kamu bisa melewati waktumu dengan santai hingga pukul 2 pagi, tapi jangan sampai lewat pukul 2 pagi atau kamu akan dikenai biaya tambahan lagi.

Suasana malam hari di area foot river

Membeli tiket masuk sebelumnya

Banyak sekali jasa pihak ketiga yang bekerja sama untuk menjual tiket Oedo Onsen Monogatari. Salah satu contohnya adalah Voyagin. Kamu bisa memesan tiket masuk hanya sebesar 2.000 Yen sebagai turis atau temporary visitor.

https://www.govoyagin.com/activities/japan-odaiba-oedo-onsen-monogatari-odaiba-hot-springs-tokyo/683?acode=tokyocheapo

Mencari kupon diskon

Kadang-kadang Oedo Onsen memberikan kupon diskon secara terbatas pada periode tertentu, misalnya seperti yang tercantum pada situs Jepang berikut ini:

http://www.nta.co.jp/aso/detail/575

Harga diskon pada link di atas berlaku hingga tanggal 31 Maret 2020, di mana harga malam turun hingga 1.662 Yen. Sayangnya kebanyakan situs-situs diskon seperti ini menggunakan bahasa Jepang, jadi kamu harus minta tolong teman kamu yang bisa berbahasa Jepang.

Yuk mampir ke Oedo Onsen bersama Jurnal Otaku!

Nah, sekarang karena kamu sudah tahu beberapa tips untuk bisa menikmati Oedo Onsen Monogatari dengan lebih murah, saatnya kamu kembali coba mengatur plan jalan-jalan kamu di Jepang. Bagi para otaku yang mau berfoto-foto dengan Unicorn Gundam di Divercity, hanya tinggal ngesot sedikit untuk bisa sampai ke Oedo Onsen. Kalau kamu beruntung, kadang-kadang mereka sedang bekerja sama dengan judul anime tertentu sehingga kamu bisa melihat banyak dekorasi anime dan juga membeli merchandise-merchandise limited.

Kolaborasi Oedo Onsen Monogatari dengan Boku no Hero Academia

Kolaborasi Oedo Onsen Monogatari dengan Boku no Hero Academia

Jurnal Otaku juga kebetulan sedang mengadakan kerja sama dengan Whatravel berupa open trip Anime Japan yang ditujukan kepada para otaku. Anime Japan adalah event anime tahunan yang diadakan setiap akhir Maret di Tokyo Big Sight yang juga terletak di Odaiba. Tim Jurnal Otaku dulu sudah pernah membahas mengenai Anime Japan yang tidak kalah menarik dari Comiket. Tur ini dikabarkan akan dipandu oleh otaku berpengalaman dan mungkin akan mampir ke Oedo Onsen. Kapan lagi coba bisa ngegila bareng di Jepang? Mengikuti kata-kata promosi tim Jurnal Otaku, bakalan more tanoshii than sendiri! Bagi yang berminat, silakan cek tautan berikut ini untuk informasi lebih lanjut mengenai open trip ini. Sampai jumpa di Jepang bagi yang ikut ya!

Poster Anime Japan open trip: https://www.facebook.com/jurnalotakuidn/photos/a.366693240092756/2483389651756427/?type=3&theater

Situs Whatravel: https://www.whatravel.com/