[JOI Spotlight] Chaldea Memorial Edition

December 15, 2019 8:48 pm
[JOI Spotlight] Chaldea Memorial Edition

Selamat datang di JOI Spotlight. Seperti biasa para staf akan memberikan impresi untuk berbagai seri yang minggu depan harusnya udah mulai tamat berhubung para staf anime juga mau tahun baruan.

Vinland Saga 21

Kaptain

Manuver Askellad biar sang raja mau main dengan adil. A decoy here, a disposable assassin there, a spared spy that way. Thorfinn sebenarnya dah dikasih jalan keluar buat Leif, cuma kalau Thorfinn itu karakter yang lebih bijaksana kita nggak akan dapet arc ini. Udah gitu Askellad juga bakal kesepian melihat sekarang bawahan dia tinggal satu.

Plunderer 01-02

Kaczmarek

They got me on the first half, not gonna lie. Ini serial yang kayaknya kudu dihitungin twist-nya, sampai kita kesal sama salah satu (atau dua) karakter. Di dua episode pertama, saya sedikit kesal dengan bagaimana Licht memperlakukan Hina. Mulai dari bagaimana ia memberi impresi buruk kepada Hina, begitu juga dengan kelakuannya untuk melindungi Hina secara diam-diam. Jika saya tambahkan, mungkin libidonya ini bisa lebih berbahaya. Jadi dua “hitungan” yang dimiliki Licht ini asal mulanya berbeda. Yang satu (menurut Nana) adalah jumlah wanita yang menolaknya dan yang satu masih misterius (kecuali kalian udah baca manga-nya).

CHOYOYU! 11

It’s Sonozaki Mion/Shion all over again

Kaczmarek

Dia seorang dokter. Melihat berbagai kematian. Merasakan berbagai momen ajal. Menemani mereka yang akan habis waktu hidupnya. Tentunya ia merasa frustasi, karena makhluk hidup ini harus mati digerogoti oleh penyakit atau disebut kutukan dalam dunia ini. Keine sangat membenci Tuhan atas perbuatan-Nya, dengan menciptakan makhluk yang tidak imun dan harus mati sia-sia. Ia juga membenci peperangan, karena ia sendiri tidak tega melihat makhluk hidup lainnya mati. Sudah mengerti kan kenapa ia memilih menjadi dokter?

Selain itu, ia juga punya kekesalan terhadap manusia yang ia anggap “nakal”, “bodoh”, atau kasarnya “goblok”. Tak heran ia juga punya cara tersendiri dalam menangani penyakit mental, namun dengan cara fisik. Jujur ini sisi paling mengerikan dari dirinya. Disini kita juga ditampilkan teknik pembuatan antibiotik menggunakan bahan dasar batu bara. Dr. Stone?

Kembali ke cerita utama, di episode ini banyak plothole yang sebenarnya tak cukup diisi dalam satu episode tersisa. Mulai dari karakter yang belum nongol atau dibahas, musuh baru, kerajaan lain, dan masih banyak lagi. Apakah tim produksi sudah menyiapkan kelanjutannya? Mengingat ini belum sepenuhnya volume ke-4 light novel yang diceritakan. Kemungkinan musim pertamanya (saya mencoba optimis) hanya akan berakhir dengan cliffhanger layaknya serial lain. Saya sendiri masih menunggu kiprah Masato dan Rou soal keuangan republik terbarunya.

BlueHeaven

Oh yeah I wanna marry Jeanne now! Ya setelah lihat Keine defy God, understable but not ok. Anyway thanks for fansservicenya selama ini Keine, bikin semangat nontonnya sejauh ini.

Kemonomichi 11

Kaptain

Mau protes soal training episode padahal jatah episodenya dah dikit, but involves Carmilla getting owned then getting better so that’s fine. Berhubung episode depan udah tinggal top card aja saya harap budget bisa ngebut lagi.

BlueHeaven

Shiri Hime strikes again! Akhirnya jiwa maso yang sudah lama terpendam muncul juga. Episode depan sepertinya kita sudah bisa menebak bakal ending seperti apa.

Beastars 10

Kaptain

Ga sebrutal manganya. Sejauh ini memang adaptasi ini cenderung lebih bersih dalam nyeritain dunianya. Saya nggak terlalu nyayangin ini melihat momen emosionalnya kayak surat wasiat Haru ini eksekusinya bagus dan ujung-ujungnya ngeliat Gouhin dan Legosi Goro Majima-ing a whole Lion Yakuza base was still a good watch.

Die Neue These 24

Kaptain

Penutup perang sipil, di mana kalau kalian masih belum nangkep soal hasil perang ini naratornya dengan baik hati ngejelasin semuanya dengan detil. Reind kehilangan teman terbaik dan mendapatkan kekuatan absolut di Empire, Yang dapet aliansi tambahan dan fakta bahwa pemerintah mulai bersekongkol ngelawan dia.

Di poin ini Yang merupakan protagonis yang lebih idealistik, yang memang bagus untuk ngebuat bawahannya jauh lebih setia sampe musuh aja ada yang mau membelot ke dia. Namun posisi ini sangat nggak cukup untuk demokrasi yang masih membusuk. Saat kedua faksi ribut sama perang sipil, Terra Cult/Terraist mulai bergerak dan faksi ini walau jauh lebih kecil akan jadi sumber penyakit terbesar untuk kedua karakter.

Shokugeki no Souma: Shin no Sara 11

Kaczmarek

Souma, menyajikan appetizer semacam itu tentunya memaksa Erina untuk lebih membuat masakan yang lebih mantap lagi. Dengan sudahnya Rindo dan Tsukasa yang menyajikan kedua masakannya di episode ini, saya sudah bisa melihat kemenangan Erina dan Souma walau saya masih curiga akan trik apa lagi yang dipersiapkan Azami

Bokuben 11

Kaczmarek

Salah baju berujung dengan kejadian memalukan. Saya malah nungguin reaksi dari Uruka untuk melihat kostumnya dipakai sama Mafuyu-sensei, tapi malah Ogata duluan yang diliatin haha.

FGO: Babylonia 11

Sampai bertemu Januari nanti

Kaptain

Terjunnya off-screen, kecewa saya. Ini dari dulu Ana dapet paitnya mulu di tiap encounter tim kita, tapi sekarang ada Taiga yang bisa bagi-bagi paitnya. Anime juga ya tentu nggak bisa nunjukin Herc/Jack ngelumat Quetz hard mode. 2 minggu kedepan libur dulu dan kita dapet recap, kayaknya juga seperti biasa tahun baru nanti kita bakal dapet anime spesial lagi. Paling nggak Gil jadi bisa liburan juga di dunia bawah.

Girls Frontline 22

Kaptain

Masih di tutorial skit yang buat pemain baru saya nyaranin dikasih liat episode ini. Mainnya males-malesan buat ranking jadi saya stop aja di 30%, jadi kalian yang belom kelar ranking jangan dorong saya lagi. Ga nyoba rate up Shotgun karena mending saya sabar ngedapetin true core mask lagi.

SAO-A: War of Underworld 10

Jas DU IT!

Kaczmarek

Ini Kirito berasa flexing secara pasif kepada penontonnya, bahwa inilah anggota harem-ku di dunia ini. Enggak kok, bercanda aja. Sebagai pengikut adaptasi anime-nya saja, hal mendetail yang dibicarakan di episode ini paling tidak bisa menjawab pertanyaan yang muncul dari cour sebelumnya. Namun, soal bagaimana Asuna bisa mengerti mekanisme di dunia ini dengan cepat itu nampaknya kudu dikesampingkan atau dimaklumi saja. Satu hal lain, saya bahagia keduanya hanya adu argumen secara singkat. Hanya membahas “Siapa lu?”, “Lah lu siapanya Kirito?”, “Lu ngapain deket-deket Kirito?”, “Gue cuman bentar sama Kirito, jadinya gue diem aja”. Singkat, padat, minim drama, dan hanya sesaat. Sebenarnya kalau Asuna tinggal bilang, “Gue udah punya anak sama Kirito” mungkin aja mulut Alice udah menganga duluan.

BlueHeaven

Ini Asuna terlalu bodoh, beta, mental istri tua. Ya tinggal bilang “Gue itu Stacia” susah amet. Jadi complicated gini dah. Ini apaan dah Ronye ikutan waifu war segala. Ditambah lagi senpainya Kirito nongol lagi cuma buat ramein debat cewe rebutin MC no soul. Moga minggu depan jangan episode ngebacot antar waifu lagi.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Saya cuma berharap aja seri yang segera tamat bisa jalan ngelewatin finish tanpa jatuh jumpalitan.

Header: Redrop