[JOI Spotlight] Year End Service Edition

December 22, 2019 7:55 pm
[JOI Spotlight] Year End Service Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang tinggal masuk minggu liburan ini. Mendekati akhir tahun ini tentunya staf JOI akan memberikan impresi untuk seri yang hadir di minggu ini.

Vinland Saga 22

Kaptain

Flashback pengalaman Askellad soal “living for revenge”, yang pada dasarnya itu buat ngasih tau kalau Thorfinn is super bad at this. Mangaka-nya sendiri bilang di Twitter kalau anime ini bakal punya cerita yang beda dengan manga, dan mayoritas pengakuan Askellad ini konten orisinalnya begitu juga dengan teriakan Thorfinn di akhir episode. Entah apa efeknya nanti di akhir arc-nya.

Kemonomichi 12 (End)

Kaptain

Jadi target utama Genzo yang udah terpenuhi di chapter pertama manga-nya, punya petshop; ga terpenuhi di episode akhir anime ini. Why are you like this anime. Budget buat gulatnya ada so that’s one thing. Pada akhirnya sentimen saya masih sama dengan di awal musim dulu. Ini bukan adaptasi yang bagus dan saya nggak yakin anime bakal lanjut lagi melihat adaptasi ini kelewat fokus ke gulatnya doang sampe mandat petshopnya ga terpenuhi.

Beastars 11

Kaptain

Hal yang disembunyiin anime ini diungkap juga: Louis packs a gun. Dialog dengan Haru itu final boss sebenarnya arc ini, two species trying to make the unworkable work. Kita memang masih punya satu episode lagu, tapi ini konflik penutup yang sangat rapi melihat sumber perkara musim ini itu pertemuan awal Legosi & Haru yang traumatik buat kedua pihak. Penasaran aja apakah visualisasi unik khas adaptasi ini bakal ada lagi apa nggak minggu depannya berhubung ini tinggal beres-beres aja.

Noukin 11

Kaczmarek

Mile sekarat adalah kabar baik untuk yang menunggu plot yang agak berat dari awal anime ini tayang. Sekarang tinggal bagaimana ketiga temannya dapat (paling tidak) menyelamatkannya atau menghabisi monster itu.

OreSuki 11

Kaczmarek

Hose, bukan rival bagi Joro, melainkan orang berhawa positif yang dapat juga merubah segala hal menjadi negatif karena kurangnya kepekaan dirinya. Saya kira Hose adalah mantannya Pansy saat masih SMP, namun dugaan saya salah. Melihat kolega Joro semacam Cosmos, Himawari, Asunaro, Tanpopo dan San-chan sudah bisa mengerti satu sama lain, kehadiran Hose nampaknya menjadi jalan terjal terbaru yang harus mereka lalui. Semoga dia gak bebal amat, karena bakal mengesalkan saat segala hal ia respon dengan positif.

Namun saya dapat mengerti sedikit bagaimana Hose menyikapi segala hal. Sosoknya disini tak bisa dipungkiri, mirip sekali dengan figur manusia di dunia nyata. Bentar, ngapain dihubungin dengan kehidupan nyata? Ini cuman fiksi loh. Tapi sebagian fiksi yang tak relatable, namun sebagian juga fiksi yang masih mirip dengan kehidupan nyata.

CHOYOYU! 12 (End)

Kaczmarek

Akhirnya, ketiga perempuan itu muncul di bagian akhir. Dengan ini saya mengharapkan kelanjutannya, entah 1 atau 5 tahun kemudian baru diadaptasi. Dengan mereka memberikan teaser yang cukup masif di episode ini, sekuel menjadi kewajiban tim produksi. Musim pertama ini lebih seperti prolog ke masing-masing karakter, namun kedua karakter di atas ini masih abu-abu.

Sampai jumpa di musim kedua jika beneran ada!

Bokuben 2 13

Ketiga orang ini butuh shoutout!

Kaczmarek

Okay, hehehe. Baru detik-detik awal, saya sudah harus mengomentari 3D dancenya karena…..kenapa kagak ngedip matanya itu bertiga? Sampai penampilan mereka berlanjut setelah segmen animasi pembuka. Yap, akhirnya ngedip. Kemudian, tentu saja seperti foto dibawah, detailnya itu loh.

Kemudian Asumi-senpai, asli dah ini heroine memang balance banget. Seperti yang ia katakan, mungkin saja Asumi x Nariyuki dapat terwujud jika saat Asumi masih bersekolah ia sudah kenal dengan Nariyuki. Spinoff please! Nah, nah. Ini juga berlaku bagi Uruka yang udah demen Nariyuki dari SMP. Kembali ke episode ini, Furuhashi membuat saya kecewa karena tidak membuka kostum yang dipakai Nariyuki sebelum menciumnya. Kalau gini, gak akan ada habisnya.

Honzuki no Gekokujou 12

Kaczmarek

Yep, kenapa ada Glico pose disitu wkwk. Myne harus kudu nahan diri tiap ada buku yang terasa dekat dengannya. Tapi dengan harta yang dimilikinya dari bisnis, nampaknya ia dapat menjajal metode donasi yang disaranin. Dengan dua episode terakhir akan nongol bersamaan, maka dengan ini udah keliatan di bagian mana musim pertamanya bakal kelar.

High Score Girl 09 (End)

Kaptain

Yang Akira butuhin itu keberanian buat nolak orang tuanya, entah apakah berakhir dengan dia pergi dari keluarga atau jadi cukup berpengaruh sampai orang tuanya nggak bisa ngapa-ngapain. Di cerita seperti ini, saya nilai keberhasilan bukan dari apakah para karakter bisa jadian tapi bagaimana karakter yang sudah kita ikuti selama satu dekade ini tumbuh.

And the kids did well.

Secara teknis cerita belum selesai berhubung satu karakter masih butuh penutup yang akan rilis dalam waktu dekat.

Girls Frontline 23

Kaptain

Secara pribadi dah jarang nyedot batere lagi berhubung semua facility dah max. Combat Report juga paling dari expedition dapetnya. Ini Christmas Event sadis bener ngasih momen ke Gager setelah nasibnya ditunjukin di Singularity kemaren. Ini perasaan saya aja ato orang-orang pada kebanjiran CMS dari farming?

Kantai Collection

Kaczmarek

Almost there. Seminggu kedepan bakal kejar ngelarin E-6 dan baru masuk fase pertamanya tadi malam. Kalo gaada masalah mungkin pertengahan minggu depan udah kelar lah ya. Dengan sisa hari bakal diprioritasin buat nyari Ooyodo & De Ruyter di E-3, dan Houston di E-4. Kalau dapatnya cepet mungkin bakal nyari Akishimo sama Harto Hirato juga.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Ngeliat node buat grind, saya sama sekali nggak minat ngegrind banyak. Ini Santera dah NP5 jadi saya anggap event selesai. Ini juga dah deket banget sama tahun baru jadi ngeroll juga males.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Melihat minggu depan itu Spotlight terakhir tahun ini, kami akan menyiapkan berbagai penghargaan aneh-aneh untuk seri yang hadir di 2019 ini.