[JOI Spotlight] JOI Arbitrary Award 2020

December 29, 2019 10:00 pm
[JOI Spotlight] JOI Arbitrary Award 2020

Selamat datang di JOI Spotlight terakhir di untuk 2019 ini. Untuk menutup tahun ini kita seperti basa akan memberikan penghargaan asal-asalan tahunan untuk berbagai seri yang sudah tayang di tahun ini. Untuk soal yang dekade nantikan saja beberapa hari lagi dan untuk sekarang mari kita lihat juga berbagai episode penutup musim gugur ini.

Vinland Saga 23

Kaptain

Saatnya hal buruk terjadi buat ngerusak rencana Askellad yang sejauh ini lancar. The thing is, dia nggak akan bisa ngehentiin pergerakan pasukan kecuali ngelakuin hal yang ekstrim. Dengan kata lain Thorfinn bakal dapet sesuatu yang dia minta tapi bukan yang dia mau.

Beastars 12 (End)

Kaptain

Season 2 nggak cuma confirmed aja, langsung kasih preview soal perkara utamanya. Coba aja season baru Houseki no Kuni bisa sesigap ini. Anyway, Beastars. Ini adaptasi yang walaupun ga se-gritty manganya saya tetep bilang bagus akibat visualisasi uniknya yang bisa ngedukung 3DCG khas Orange.

Thunderbolt Fantasy: Melody of The West

Kaptain

Film prekuel yang kali ini fokus ke Xi You. Kurang lebih nyeritain apa yang ngebuat Shang kabur ke barat dan kejadian yang ngebuat Lang jadi Bard Paladin. Ada yang bilang Shang lebih brutal di sini, tapi ini lebih karena level Xi You yang emang sepadan dengan Xia macem dia dan fakta bahwa dia udah punya reputasi sebagai most wanted criminal, jadi dia nggak bisa santai berantemnya. Ngarep aja di musim selanjutnya tim Xi You ini bisa ngumpul lagi. Seneng aja pas tau kalau tim ini sebelum ada Lang itu payah banget kalau diserang pake ilusi.

Noukin 12 (End)

Kaczmarek

Tentu saja, ini serial komedi. Apa yang saya harapkan dari serial komedi yang mempertontonkan wanita-wanita cantik yang melakukan hal besar namun dengan penggambaran layaknya mainan setiap hari? Untuk menutup serial ini, saya cuma bisa kasih 7/10. Dari segala aspek, hingga kenyamanan menonton serial ini.

BlueHeaven

Ya, inilah yang saya tunggu-tunggu. Bagaimana Mile (dan kawan-kawan) akan membongkar rahasia dunia yang mereka tempati. Karena sejatinya sebelum era yang sekarang Mile ada, sudah ada peradaban yang maju seperti dunia modern sekarang atau lebih maju. Banyak parodi bikin anime ini hidup, tapi sekali lagi isekai jenis yuusha OP harus ada noda dark sedikit yang pastinya kamu bisa dapatkan di sumber aslinya. Season 2 tidak wajib menurut saya untuk anime ini.

Shokugeki no Souma: Shin no Sara 12 (End)

Kaczmarek

Yang saya tunggu-tunggu disini adalah transisi setelah Team Shokugeki selesai digelar dan Elite Ten + Director terbaru diumumkan. Hingga munculah orang di atas. Musim berikutnya sudah diumumkan, kita lihat seberapa drop ratingnya nanti.

OreSuki 12 (End)

Kaczmarek

Menebak-nebak bagaimana jalan cerita serial ini akan makin sulit, apalagi di titik ini belum semua karakter yang berpengaruh muncul semua. Joro’s fated girlfriend is not here yet. So, i hope we need story development for the next season. But first, let’s wait for the OVA first. Just like Joro said on the ending, there’s a little bit story more to tell. Tambahan lagi, kayaknya ini sang sutradara sengaja banget menembus dinding keempat dari yang diperkirakan.

BlueHeaven

Biar saya tebak, Cherry sama Tsukimi nanti sadar trus vote Jorou? Anyway really need S2 disamping OVA yang pasti rilis.

Bokuben 2 13 (End)

Kaczmarek

Agak bingung memilih waifu terbaik pilihan saya di serial ini. Saya tetap nempel dengan Sekijou, namun untuk heroine utama saya memilih Mafuyu-sensei, Asumi-senpai, dan Rizu. Karena saya lagi stall baca manga-nya, seberapa mentoknya musim kedua ini berakhir? Ada yang kurang atau dipotong di cerita aslinya? Yang saya bisa tebak disini adalah Uruka yang menang, dan akhir dari anime ini adalah skenario orisinal.

Girls Frontline 24 (End)

Kaptain

And that’s the last of them, semoga aja responnya cukup bagus buat Mica nyoba ngeadaptasi cerita yang lebih serius. HOC bulan depan dan dari FAQ juga kita bakal langsung masuk Continuum Turbulence. Yang bikin nih event alot tuh server lama cuma punya 2 minggu buat ngebikin HOC, dan kita fix dapet reworked HOC langsung. Jadi siapin 3000 buat tiap level data & 18000 batere. Paling nggak dengan itu TOW bisa dibuat maksimum.

Honzuki no Gekokujou 13-14

Kaczmarek

Nanggungnya minta ampun. Makanya saya sempat menahan nonton serial ini di pertengahan tayang wkwk. Namun dengan penutup seperti ini, saya makin menantikan bagaimana mereka membahas masalah lain di musim keduanya. Bagaimana menurut kalian? Puas untuk musim pertamanya?

SAO-A War of Underworld 11-12

BlueHeaven

Maaf saya ga sempet isi spotlight soal SAO di minggu kemarin. Minggu kemarin meski cuma denger pidato dari Liz tapi efeknya cukup bagus untuk penonton (apalagi dari kalangan gamers). Dan episode terakhir menutup cour ketiga dari arc Alicization yang akan dilanjutkan lagi 2 musim kedepan. Saya kira Sinon tidak akan muncul tapi ternyata masih sempat nongol di akhir-akhir. Otsu buat semua staff yang ngejain ini project sampai titik ini. So far so good, can’t wait for last cour!

Fate/Grand Order

Before

After

NA Server

Kaptain

Ini perubahan yang saya nggak pernah denger dari pihak JP. Pengumuman gede buat JP juga pas new year nanti. Jadi sekarang ya bracing aja buat event awal tahun.

JOI Arbitrary Award

Seperti biasa, para staf JOI akan memberikan penghargaan untuk berbagai seri dengan keseriusan yang variatif. Akan lebih baik kalau kalian melihat penghargaan di bawah sebagai rekomendasi atau malah peringatan. So check these out.

Boss Fight Made of Pure Sex Award

Father Owl

Kaptain

Dari tiga boss akhir seri ini saya bilang Super Owl ini yang paling asik. Demon itu boss klasik seri Souls yang ga asik di versi modern Tenchu ini yang lebih fokus di Katana Ballet. Sword Saint memang lebih susah akibat durasinya, tapi lebih banyak kesempatan buat nge-mikiri. Owl itu versi supercharged karakter utama kita dan sebagai mentor dia punya toolset yang sama, makanya saya ngeliat secret boss ini sebagai The Duel of The Year.

Game OST of The Year

Shadowbringer

Kaptain

Salah satu keajaiban terbesar FFXIV itu Soken yang bisa bikin feature length movie level of soundtrack tiap dua tahun dan kualitasnya naik terus. Sebenernya sih saya masih lebih demen Triumph sebagai boss music, tapi overall Shadowbringer punya OST yang variasi yang lebih bagus. Yang paling saya suka dari soundtracknya itu remix beberapa lagu lama buat BGM beberapa tempat dan momen yang presentasinya kuat banget.

The Start of Waifu War Award

Go-Toubun no Hanayome

Kaczmarek

Sedari awal tayang, serial ini digadang-gadang bakal menjadi makanan para fandom terbaru pada tahun ini. Target sebelumnya yang hanya meraup perhatian para pembaca manga-nya, kini adaptasi anime-nya menargetkan jumlah penonton (serta pembaca) yang lebih tinggi.Tentu saja, melihat perkembangan cerita hingga di titik yang agak “nanggung” di musim pertamanya, konsumen bakal menagih-nagih mana kelanjutannya. Beruntungnya sudah diumumkan beberapa waktu lalu, walau serial ini sudah dikonfirmasi bakal tamat dalam beberapa volume.

“3 into 1 doesn’t go” Award

Domestic na Kanojo

Kaczmarek

Kalau yang sudah sangat berbeda dengan di atas. Serial ini tak hanya melibatkan jibaku antar pendukung wanitanya, tapi juga tingkat kesabaran dan kemampuan para pembacanya dalam melahap drama “cabut dari lobang, untuk masukin ke lobang yang lain”.

We Need More Detail Award

Kono Yo no Hate de Koi wo Utau Shoujo YU-NO

Ini bisa menjadi adaptasi yang bagus dari novel visual klasik yang sudah di-remake. Namun melihat jajaran staf yang diungkap sebelum tayang, saya jadi skeptis ini bisa jadi adaptasi yang bagus. Bagi yang belum tahu, novel visual ini menggunakan branching plot di novel visualnya namun skenario yang digunakan disini menggunakan linear plot. Sayangnya oh sayangnya, hasil adaptasi yang cukup okay ini jujur kurang memuaskan terutama soal detail masing-masing peristiwa. Karena sampai episode terakhir-pun saya masih sering bertanya sendiri, “Ini tuh apa toh?”. Namun saya masih terkagum dengan para PR proyek adaptasi ini dengan membuat dua dunia dalam publikasinya. Something that SAO did but it’s great to see the unique one.

Melanjutkan Kebiasaan yang Sudah Ada Award

Araiya-san! Ore to Aitsu ga Onnayu de?

Comic Festa sudah mencari perhatian banyak penonton anime seumur jagung saat merilis layanan streaming untuk Souryo to Majiwaru Shikikyou no Yoru ni di musim gugur tahun 2017. Tahun ini, platform komik digital dan streaming ini kembali membuat empat serial legendaris yang cukup dinikmati sebagian banyak orang. Namun dari empat serial tersebut, Araiya-san jadi favorit saya. Dari karakter, animasi hingga skenarionya memang yang satu ini patut dipilih dari ketiga lainnya.

“Sex Is Forbidden Word Here!” Award

Araburu Kisetsu no Otome-domo yo

Masih terberkas di kepala, saat Kazusa kedapatan melihat Izumi sedang bermain dengan adiknya sendiri. Sungguh adegan yang menghangatkan hati dan kepala. Tapi sayangnya, adiknya belum puas diajak bermain, sebuah bencana melibas masa depan Izumi. Ini juga terjadi terhadap karakter laki-laki lainnya, namun berbeda situasi dan gak maenin adeknya.

Serial ini berfokus kepada bagaimana gadis-gadis SMA mengenal lebih tentang material yang berbau dewasa, namun diperlukan untuk pengalaman. Namun cara yang mereka lakukan cukup ekstrim dari yang dibayangkan. Mereka juga membuat garis batas terhadap hubungan pria wanita yang dianggap kotor, hingga mereka menyadari bahwa hidup itu harus berkotor-kotoran untuk tetap bisa membersihkan diri.

Amazing Award

Joshikousei no Mudazukai

Nah ini, yang ini, gaperlu dijelaskan sepanjang apapun kalian sudah tahu konteksnya apa. Keseharian siswi di sekolah khusus perempuan, yang dipenuhi aspek-aspek seperti mikroorganisme, roti kedaluwarsa, fujoshi, pelecehan seksual, kesasar, dukun, ketidaksadaran diri, pemanjat pohon profesional, dan seorang produser. Setiap aspek yang saya sebutkan hanyalah nama bab masing-masing dari karakter di serial ini. Cukup mudah kan untuk menerka-nerka bagaimana serial ini?

Frow Wow to Wew Award

Kimetsu no Yaiba

Blueheaven

Anime ini sungguh memukau. Begitulah pendapat saya setelah menonton anime ini. Meski saya sempat mencontek manganya sampai chapter terbaru, tidak membuat saya hilang semangat untuk melanjutkan beberapa episode penutupnya. Ini tentu tidak biasa, mengingat biasanya saya hilang napsu melanjutkan anime setelah mencontek manganya seperti yang terjadi pada Shokugeki no Souma atau Dr. Stone. Eksekusi dari Ufotable tentunya sangatlah berkelas, apalagi opening yang dibawakan LiSA tidak tergantikan selama 2 cour. Tapi…

Saya tidak tahan melihat betapa cancernya fanbasenya. Kimetsu no Yaiba bertumbuh sangat cepat, mengejar One Piece sebagai manga terlaris ditahun ini serta mendapat banyak penghargaan dari berbagai pihak. Salah satu yang bikin saya jadi muak adalah anime ini dinobatkan sebagai anime of decade oleh salah satu brand ternama. Saya tidak keberatan apabila ini dinobatkan jadi anime of the year, tapi please, masih banyak anime di dekade ini yang lebih baik daripada Kimetsu no Yaiba. Bahkan untuk adaptasi ufotable sendiri, saya kira FSN UBW masih jauh lebih baik dari Kimetsu no Yaiba ini. This anime is good but corrupted by people itself.

Frow Wew to Wow Award

SAO: Alicization War of Underworld

Blueheaven

SAO adalah salah satu anime kontroversial yang pernah ada. Banyak haters diluar sana mencoba mencela SAO sebanyak mungkin. Saya sendiri bersifat netral terhadap serial ini. Tapi untuk bagian anime yang paling baru diadaptasi cukup membuat saya takjub.

Bagaimana A-1 Pictures dan Yuki Kajiura membuat animasi sangat hidup lewat seni mereka. Teknik yang mereka gunakan bukanlah teknik murahan yang ditemukan di anime pada umumnya. Suasana perang yang memakan episode demi episode terasa sangat nyata. Tidak alasan haters menyalahkan adaptasi arc Alicization ini, kecuali mereka telah menutup mata dan hati rapat-rapat.

This Type Appears Only Once in This Decade Award

Honzuki

BlueHeaven

Barangkali label isekai sudah membuat banyak orang tidak menyentuh anime ini. Keputusan itu merupakan salah besar. Ini bukanlah isekai yang kamu temukan pada umumnya. Saya sendiri sulit mendeskripsikan bagaimana indahnya anime ini untuk ditonton. Plotnya disusun sangat teliti. Tiap detail bisa kamu lihat bagaimana karakter berkembang. Dan untuk series isekai, Honzuki tidak menggunakan karakter yang wah. Maine hanya seorang bocah, punya mimpi mendirikan perpustakaan dan membuat buku yang mustahil seharusnya pada dunianya yang sekarang. Apalagi keterbatasan fisik yang menghambatnya secara luar biasa, belum lagi rintangan sosial politik yang menghadang di depannya. Semua bagian dalam anime ini saling melengkapi hingga saya bisa mengatakan: this anime just appears once in decade, masterpiece!

Kaczmarek

Sudah capek dengan hal-hal yang bikin stres kepala, menonton serial ini bisa jadi penyembuhnya. Walau di akhir cerita musim pertamanya bakal muncul suatu kejadian besar di masa depan, namun saya tak sabar menunggu kelanjutannya tahun depan.

Pelepas Dahaga Award

Sounan desu ka?

Kaczmarek

Mari belajar bertahan hidup! Mungkin itu slogan yang dipakai dalam serial ini. Saya tak mengira komite bakal menunjuk M.A.O untuk jadi Homare, ditambah lagi saya menemukan jangkauan terbaru dari seiyuu yang senyumnya mahal ini. Satu hal yang saya sangat sayangkan adalah kurangnya sponsor dalam penyiarannya, ya paling tidak brand outdoor atau lingerie bisa ngikut naruh produknya disini. Season 2 please!

Ini Anime Dari Shonen Jump Ya? Awards

Yakusoku no Neverland

ikarifseiei

Jarang ada sebuah seri yang eksekusi awal ceritanya udah mindblown dari awal dan terus-terusan sampai ke akhir cerita. Pas pertama kali mencoba Yakusoku no Neverland awalnya mikir “ah, ini pasti ceritanya biasa aja“, tapi begitu masuk ke inti ceritanya, bagaimana ceritanya terus berjalan dan shock factor yang membuat penonton penasaran setelah menyelesaikan satu episode membuat Yakusoku no Neverland jadi terasa spesial untuk sebuah seri yang berjalan hanya 12 episode. Marketing wise, Yakusoku no Neverland pinter banget untuk membuat orang jadi baca komiknya karena pasti penonton animenya dibuat penasaran bagaimana perjalanan Emma dan teman-temannya untuk selamat dari terkaman monster yang membabi buta dan ketika membaca komik aslinya. Serius, sampai sekarang saya masih gak nyangka loh ini satu majalah komik sama Haikyuu, Boku no Hero Academia, Dr. Stone sama Bokuben.

Most Heart Touching Anime Award

Mob Psycho II

BlueHeaven

Hampir saja saya kelupaan ini karena ketutupan gemerlap anime tersohor tahun ini. Season kedua dari Mob Psycho mengisahkan banyak sekali cerita yang menyentuh disamping battle yang luar biasa (dan tentunya animasi yang outstanding dari Bones). Salah satu arc yang menjadi favorit saya yakni ketika Reigen disudutkan oleh media. Kepercayaan Mob kepada sosok sang guru membuat saya terharu dan terkagum. Reigen yang busuk dan kotor akhirnya mendapat development berarti. Menjadi heart touching anime tidak perlu fokus ke plot ngefeel atau kematian karakter. Yang begini saja sudah cukup untuk menghangatkan hati saya.

From 3 Minutes to 3 Months Award

Endro~!

BlueHeaven

Awalnya anime ini tamat dalam 3 menit pertamanya. Akibat time travel dari yuusha party, ceritanya harus diulang lagi dan menghabiskan 3 bulan untuk menyelesaikan animenya. Selebihnya Endro adalah CGDCT fantasi yang lazim kamu bayangkan bagaimana ceritanya berlangsung.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Apakah ada penghargaan yang ingin kalian berikan ke seri yang hadir di tahun ini? Silakan sampaikan di kolom komentar di bawah.

Header: Redrop