[Waifu Wednesday] Yamauchi Sakura

Selamat tahun baru! Di tahun 2020 ini, marilah kita meraih angan yang didambakan hingga menjadi kenyataan. Sebagai permulaan dari tahun ini tentunya JOI punya kado spesial bagi kamu. Sesuai dengan hari ini yang merupakan hari Rabu, maka dibuatlah waifu wednesday spesial tahun baru.

Waifu wednesday edisi ini mengusung salah satu film anime ternama yang tayang di bioskop Indonesia tepat dengan momentum pergantian tahun. Tayang tahun 2018, film anime ini menyertakan adegan kembang api yang memorable. Apa lagi kalau bukan Kimi no Suizou wo Tabetai!

Saya tidak akan lupa dengan adegan ini.

Dalam anime ini terdapat heroine utama bernama Yamauchi Sakura. Meski sudah pernah disinggung dalam beberapa artikel sebelumnya [1][2], marilah kita kenal lebih dalam dengan karakter yang tidak bisa kamu lupakan begitu saja.

+ Good Weather, Right?

Sekilas liat gambar ini kok malah mirip Hina ya?

Kenapa saya malah bahas cuaca? Memang ini bukanlah Tenki no Ko, tapi di anime ini terdapat banyak sekali pengulangan mengenai bahasan cuaca. Bahkan kalimat pertama yang terucap adalah soal cuaca. Mengingat cuaca tahun baru kurang bersahabat di beberapa daerah, ini akan menjadi start yang bagus untuk bahasan artikel ini.

Sakura sendiri dikenal sebagai anak yang ceria. Ia digambarkan bak panas terik matahari menyinari hari yang cerah bagi orang-orang yang terlibat dalam kehidupannya (hare onna?). Dia selalu berada dalam sumbu positif yang bertolak belakang dengan sang MC. Saking cerianya, dia disebut memiliki jiwa yang super berisik.

Setelah pertemuannya dengan MC, dia banyak menghabiskan waktu bersamanya. Banyak hal gila yang mereka lakukan berdua, tentunya Sakura yang sebagai promoternya. Yang terkonyol tentunya saat dia menghabiskan seharian liburan sampai menginap satu kamar di hotel. Untungya MC bukanlah orang yang gampang tergoda, karena Sakura sendiri telah menelitinya terlebih dahulu.

+ Good Researcher

Ketertarikan Sakura dengan sang protagonis bukanlah sebuah kebetulan. Ini bukan takdir setingan dari pertemuan di rumah sakit secara tidak sengaja. Sakura telah melakukan observasi terhadap MC jauh sebelum pertemuan itu (but she’s not stalker). Buku catatan yang dipungut oleh MC ketika itu hanyalah trigger yang sudah dia nantikan sekian lama.

Berkat itu dia bisa terjun langsung ke dalam penelitian terhadap karakter MC ini. Tentu saja dia senang saat tahu MC memiliki sifat yang tak pernah dia rasakan sebelumnya dan menganggap Sakura bukanlah orang yang harus dikasihani meski sudah mengetahui rahasianya. Berhasil mendekati MC, membuat Sakura bisa mematahkan sikap MC dalam meniliti pendapat orang. Kemampuan peniliti ini sangat melengkapi dengan hal dia miliki di poin dibawah untuk mengubah kepribadian MC menjadi lebih baik.

+ Good Philosopher

Beberapa kali Sakura terlibat dalam perdebatan kecil dengan MC. Atau di satu dan dua kesempatan Sakura berhasil menarik MC kedalam permainan truth or dare. Selain untuk memperdalam relasi mereka, hal ini memunculan beberapa quote legendaris yang berharga dari mulut Sakura.

Saat mereka makan yakiniku, Sakura mengajarkan MC untuk tidak menilai pandangan orang lain dengan pendapat pribadi saja. Saat pertama kali bekerja bersama MC di perpustakaan, Sakura mengajarkan nilai suatu hari yang harus dinikmati sebelum waktunya Tuhan memanggil kita. Yang paling utama adalah saat Sakura mendeskripsikan apa artinya hidup. Hidup bagi Sakura adalah menggerakan hati orang dan hubungan antar manusia adalah bukti dari hidup itu sendiri.

+ Seigi no Mikata

Sakura adalah seorang gadis sekolahan normal yang cukup aktif (dengan umur yang lebih singkat). Dia tidak tahan jika seorang ditindas atau tersakiti. Buktinya adalah ketika dia menolong seorang wanita tua yang terancam oleh preman yang menabraknya. Sakura berdiri dengan gagah, menegakan keadilan dengan tendangan pemecah kacangnya.

Selain menolong wanita tua yang tak berdaya, Sakura juga menolong MC ketika dihajar oleh mantannya sendiri. Dia dengan bulat menolak keberadaan sang mantan dan menolong MC untuk berdiri kembali, bukan hanya secara fisik tapi secara mental juga.

– She wants to eat… EVERYTHING

Tidak tertulis siapa pihak yang bertanggung jawab atas tagihan makan Sakura ketika ia berpetualang menjelajahi wisata kuliner bersama MC. Tapi Sakura adalah tipe perempuan yang doyan makan. Seleranya pun cukup unik. Untuk yakiniku dia sangat menyukai jeroan dan segala isi perut sapi. Tapi di lain sisi, Sakura juga menikmati kue manisan dalam porsi yang cukup besar. Belum lagi makanan lainnya yang tidak disebutkan, mungkin akan menguras kocekmu jika kamu yang harus membayar tagihannya.

Satu hal unik lainnya yang dimiliki karakter yang diisi suaranya oleh Lynn ini adalah keberaniannya dalam mengungkapkan niatnya. Niatnya sungguh absurd: “Aku ingin memakan pankreasmu”. Bagaimana bisa seorang bisa tahan dengan seorang gadis cannibal wannabe. Saya kira hanya sang MC Shiga Haruki yang tahan kelakuannya ini.

– Of course she’s D-E-A-D

Apa yang kamu harapkan ketika memiliki waifu yang sakit parah dan sebentar lagi mau mati? Kecuali kamu mengalami gangguan orientasi seks necrophilia, saya rasa ini menjadi tantangan terbesar dalam mengklaim Sakura sebagai waifu.

Sakura divonis mati oleh dokter akibat penyakitnya pada pankreas. Namun tidak memadamkan keceriaan dan kegilaan yang sudah sejak kecil ia lakukan. Memang dia menutupi kebenaran ini bagi banyak orang, tapi bukan berarti dia seorang penipu ulung (seperti mayat disebelah).

Sakura memang menghabiskan banyak waktunya bersama MC, tapi bukan berarti dia menjadi kekasihnya. Sakura adalah individual yang bebas dari hubungan romansa yang bisa kamu dapatkan asal kamu bukan seorang yang ketat. Buat kamu yang belum nonton atau baca novel maupun manganya, saya sarankan segera cari di toko terdekat!