6 Orang di Tokyo Dilarikan ke Rumah Sakit Setelah Tersedak Kue Mochi

January 2, 2020 5:37 pm
6 Orang di Tokyo Dilarikan ke Rumah Sakit Setelah Tersedak Kue Mochi

Pada hari Rabu kemarin, 6 orang dilarikan ke rumah sakit di Tokyo Raya setelah tersedak oleh kue mochi yang mereka konsumsi. Tiga diantaranya harus menjalani tindakan CPR (Cardiopulmonary Resucitation) di tempat. Kejadian ini berhasil ditangani oleh pihak Pemadam Kebakaran Tokyo.

Dilansir oleh NHK, pihak Pemadam Kebakaran Tokyo menjelaskan bahwa mereka mendapat laporan terkait beberapa orang yang tersedak kue mochi sekitar pukul 21:00 waktu setempat. Diketahui bahwa keenam korban tersedak berusia di antara 68 hingga 96 tahun. Tiga diantara korban harus menjalai CPR di tempat sebelum dilarikan ke rumah sakit.

Pihak pemadam kebakaran menghimbau kepada orang-orang untuk mengonsumsi kue mochi dengan perlahan, apalagi saat yang mengonsumsinya adalah orang lanjut usia ataupun balita. JIka ada yang meneukan seseorang yang tersedak oleh kue mochi dan korban masih sadar, cobalah untuk menahan dada ataupun dagu korban kebawah, kemudian tepuk punggung korban di bagian belikat beberapa kali hingga makanan yang membuatnya tersedak bias keluar dari tenggorokan. Namun, jika korban sudah berada dalam kondisi tidak sadar, diperlukan tindakan CPR secepatnya.

DI hari yang sama namun di pagi harinya, tiga orang juga dilarikan ke rumah sakit akibat hal yang sama. Kejadian yang bermula pada pukul 08:30 di kota Nagoya ini dilaporkan oleh seorang pria berusia 70 tahun di kediamannya. Pria tersebut juga tersedak oleh kue mochi, bersama dua pria lainnya. Ketiganya langsung dibawa ke rumah sakit terdekat setelah jalani tindakan CPR juga.

Gambar: Ido

Sumber: NHK. TV Asahi