[JOI Spotlight] Entering Winter Season 2020 Edition

January 5, 2020 6:13 pm
[JOI Spotlight] Entering Winter Season 2020 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama untuk tahun 2020 ini. Memang seri yang hadir masih sedikit, tapi tentu para staf akan memberikan impresi pertama tahun ini.

Vinland Saga 24 (End)

Kaptain

The end of Askellad saga. Pro gamer move terakhir Askellad adalah ngejamin Canute dapet mahkota dan mastiin Denmark bakal terlalu sibuk buat ngurus krisis baru ini dibandingkan nyerang Wales. Thorfinn unsurprisingly didn’t take this well, dan gara-gara dia ngamuk Canute sekarang wajib ngehukum dia.

Saya seneng sama konten orisinal anime berhubung Thorfinn di sini jauh lebih parah kegagalannya melihat dia dah dikasih kesempatan untuk keluar. Kalo aja dia ga nyerbu masuk minimal Floki bakal dimatiin Askellad dan ini bakal membantu banget kedepannya. Di epilog ditunjukin para karakter yang bakal vital di Farmland Saga dan Merchant Saga nanti. Yang untuk Merchant Saga saya pesimis bakal bisa nyampe dalam dua cour sekalipun.

Secara keseluruhan saya rekomen adaptasi ini. If anything, Askellad itu salah satu karakter paling menarik dari 2019 kemarin.

Darwin’s Game 01

What’s this?

Australian Mirai Nikki

Kaczmarek

Buset, baru mulai episode pertama sudah ngajak berkeluarga. Entah kenapa ini memang seperti upgraded version dari Mirai Nikki. More profitable, but still dangerous. Saya gamau tertipu dengan episode pertama yang panjangnya dua episode ini, jadi saya gak bisa ngasih tebakan aneh-aneh dulu. Apalagi Shuka dengan mudahnya luluh oleh Kaname dan meminta membuat keluarga bersamanya.

BlueHeaven

Banyak orang yg anggep ini macem Mirai Nikki, tapi bagi saya ga juga ah. Buat episode 1 yang dibikin niat lumayan lah. Tapi untuk sekarang saya tidak mau berharap banyak. Toh adaptasi animenya agak berbeda dibanding manganya.

Koisuru Asteroid 01

What’s this?

Material Olimpiade Astronomi dan Kebumian

Kaczmarek

Suzu, do your best! Do your best! Untuk mewujudkan imajinasimu memang perlu perjuangan hehehe. Ao juga punya peluang untuk jadi mangsa lezat bagi imajinasi Suzu. Sementara itu, Mira ini memang airhead chara yang diperlukan di setiap serial CGDCT.

BlueHeaven

Nice opening. Meski seri ini masih berusia muda dan tidak terlalu populer, Doga Kobo berhasil membuatnya terlihat satu level lebih tinggi. Aura CGDCT yang kental ditambah yuri bait tentunya membuat anime ini makin menarik. Lagu pembuka dan penutupnya juga cukup asik, apalagi kamu bisa menikmatinya gratis di Muse Asia secara legal.

FGO: Babylonia 12

All is well again

Kaptain

Nggak sedikit yang bilang opening barunya itu sementara aja untuk nyembunyiin momen besar cour kedua ini. Tapi ya seperti yang saya bilang dulu Babylonia itu dikhususin buat mereka yang udah main gamenya, jadi ya sebenernya saya prefer mending pake OP sebelumnya aja dulu sampe momen “we’re all screwed”. Adaptasi gameplay kali ini juga paling nggak menuhin mandat utamanya, screwing over Istharin.

Kaczmarek

Didn’t expect to be this comical.

Magia Record 01

What’s this?

Madomagi with barely any of the original staff

Kaptain

Kecuali saya salah ngerti cerita Magireco itu terjadi di loop awal Homura. Saya emang mainnya baru awal (abis itu berenti karena mainin di +62 itu repot) tapi saya tau ini bakal punya cerita berbeda dibanding gamenya, atau minimal punya struktur yang lebih pas buat seri TV. OST ikonik seri ini tetep kepake jadi masih ada cita rasa Kajiura-nya walopun dirinya nggak hadir.

Good luck buat Shaft yang mulai ditinggalin staf veterannya. Last Encore yang tayang 13 episode kemarin aja kepayahan dan ini ada rumor kalau animenya bakal tayang split cour. Jadi walaupun ini episode pertamanya cukup kompeten saya pesimis sama progresi kedepannya.

Kantai Collection

Kaczmarek

Tak ada yang lebih membahagiakan dari menyelesaikan event sebelum deadline menghadang. Dengan menyisakan beberapa hari saja, saya masih putus asa untuk mencari Ooyodo yang hilang (padahal belum pernah punya). Melihat slot sudah melewati garis batas, saya terpaksa merelakan Kishinami. Demi Ooyodo! Demi Sutet!

Girls Frontline

Kaptain

Ya ampun HOC dua hari lagi. Sebenernya sih kita dapet sesi ngebangun yang lebih lama dibanding CN/KR dulu jadi ngumpulin 18000 batere harusnya lebih enteng. Dapet target utama rate-up. Sisa kayak Shotgun baru nanti dari True Core aja.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Seperti biasa, I didn’t choose the Arts life. The Arts life chooses me. Masih nyisa banyak buat 3rd anniversary banner nanti dan gara-gara ini juga saya ga mau nekat ngambil GSSR, ga butuh NP3 Xuanzang. Somehow lebih invested sama Suzuka di Trial ini, jadi kayaknya itu kunci ngeroll event banner. Sekarang NA masih harus nunggu sampe 3 bulan buat mulai Lostbelt 1.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Memang banyak cobaan di awal 2020 ini, tapi tidak ada salahnya untuk menikmati hal-hal baru yang menarik seperti fakta bahwa James May are anime now.

Header: Kito_Koruta