Hirohiko Araki dan Naoki Urasawa Mengilustrasikan Poster Olimpiade Tokyo 2020

January 7, 2020 8:07 pm
Hirohiko Araki dan Naoki Urasawa Mengilustrasikan Poster Olimpiade Tokyo 2020

Menjelang Olimpiade Tokyo tahun ini, 20 poster yang dibuat oleh berbagai seniman terbaik dan paling terkenal akan dipamerkan di aula masuk Museum Seni Kontemporer Tokyo hingga 16 Februari. Poster-poster itu dibuat dalam tema-tema Olimpiade dan Paralimpiade dan “digunakan sebagai poster untuk memupuk momentum dalam persiapan Olimpiade”.

Mnagaka Hirohiko Araki dan Naoki Urasawa adalah dua dari 20 seniman yang dipilih oleh Anggota Komite Pemilihan Seniman untuk membuat poster tersebut.

Hirohiko Araki terinspirasi oleh Ombak Besar Kanagawa karya Hokusai dalam membuat poster Paralympiade yang memiliki cita rasa tradisional Jepang. Araki mengatakan dalam komentarnya bahwa ia “membayangkan para dewa olahraga turun ke Jepang dari langit yang dipenuhi awan menyerupai gelombang turbulen” dan merasa sulit untuk memutuskan warna Gunung Fuji, yang akhirnya ditetapkan dengan warna madu.

Naoki Urasawa menggunakan motif manga olahraga untuk posternya. Urasawa berkomentar bahwa “manga olahraga memainkan peran penting dalam evolusi … manga Jepang” karena “serunya pertandingan yang memanas” dan “kegembiraan acara olahraga” yang ditangkap dalam tinta. Posternya adalah “upayanya untuk mewakili acara yang melampaui acara olahraga, ras, dan jenis kelamin.”

Poster-poster di atas, bersama 18 lainnya oleh pencipta Jepang terkenal seperti seniman kaligrafi Shoko Kanazawa dan sutradara/fotografer Mika Ninagawa (Ningen Shikkaku, video musik AKB48 “Heavy Rotation” dan “Kimi wa Melody”), akan ditampilkan di pintu masukaula Museum Seni Kontemporer Tokyo di Kota Koto, Tokyo hingga 16 Februari secara gratis.

Sumber: Crunchyroll