[JOI Spotlight] Identity Theft Edition

January 12, 2020 8:02 pm
[JOI Spotlight] Identity Theft Edition

Selamat datang di JOI Spotlight. Di awal musim ini staf JOI mengumpulkan berbagai seri untuk ditonton dan mari kita lihat impresi awal para staf di edisi kali ini.

Eizouken 01

What’s this?

Anime creation. Kali ini lebih deket ke Aoi Honoo daripada Shirobako.

Kaptain

Extremely likeable. Keliatan banget Yuasa seneng ngerjain nih seri melihat si protagonis itu secara efektif self-insertnya. Penggunaan Future Boy Conan tuh kemungkinan besar juga atas permintaan dia melihat di manga-nya itu anime yang ditonton tuh generic action anime. Berhubung ini anime Yuasa saya ga perlu panjang lebar soal gayanya, because it’s filled to brim with it.

Saya rada nggak ngeh kalau nyebut ini sebagai anime CGDT, artstyle aside. Berhubung ada mandat dari Yuasa buat ngegambarin para karakternya senetral mungkin. Ini bisa diliat dari Asakusa yang penggambarannya kayak protagonis seri shounen, Kanamori yang perangainya kayak yakuza, dan Mizusaki aja jadinya yang feminim melihat latar belakangnya sebagai model.

Murenase! Seton Gakuen 01

What’s this?

Kayaknya sekarang ada mandat kalau tiap musim ada furry friendly anime

Kaptain

Rada khawatir ngeliat karakter yang nongol di openingnya. Antara ceritanya bakal lompat banyak chapter atau diburu-buru banget. Kualitas produksi mencukupi, cuma saya rasa sentimen buat pembaca manga yang ngerasa aneh sama warna bulu/rambut beberapa karakter cukup umum juga.

Hatena Illusion 01

What’s this?

Alm. Tomohiro Matsu’s Latest Relic

Kaczmarek

Sejak muncul pengumuman adaptasi anime-nya, saya meyakini segala hal untuk menutup cerita serial ini adalah dengan membangun skenario terbaru. Gabisa dibilang too much wasted, dikarenakan penyebab serial ini berhenti itu karena hal terburuk yang bisa dibayangkan. Kemudian setelah membaca para staf adaptasinya, saya terpaksa menurunkan ekspektasi seburuk mungkin. Takahashi Tetsuya dan Shin Matsui, semoga keduanya bisa memuaskan ekspektasi tinggi penontonnya. Teruntuk Tetsuya-sensei, kinerja anda di Rifle is Beautiful cukup memuaskan.

Untuk episode pertama, kayaknya jika kalian sudah membaca sinopsis anime ataupun novelnya, saya gausah pusing-pusing memikirkan kata yang tepat untuk menjelaskannya. Yep, episode pertama ini menceritakan apa yang tertulis dalam sinopsisnya. Just it. Oiya, jangan repot komentar soal Emma disini, saya bakal mantengin dia terus. Opening anime ini juga jadi perhatian bagi saya.

Bofuri 01

What’s this?

Battletank Eater

Kaczmarek

Emiya Shirou, lu ngapain? Ditambah lagi, itu seriusan naga racunnya dikemek seenak itu? Bahaya ini.

Kaptain

Awalnya mau nyibir soal developer game macem apa yang ngebiarin exploit macem gini di game online, terus saya inget kita ini di dunia di mana Anthem & Fallout 76 is a thing.

BlueHeaven

Nonton di Muse Asia sesuatu banget bisa dapet terjemahan segala macem chat yang ditampilin. So far menarik, ada berbagai karakter yang pengen saya tau gimana model aslinya setelah lihat openingnya.

Infinite Dendrogram 01

#NemesisForLyf

What’s this?

Log Horizon: Beginner Good Story Edition

Kaczmarek

Going comical to the end of first episode. Sempat membaca novelnya dan cukup nyaman untuk melanjutkannya (walau saya nyangkut di pertengahan jalan). Seri ini juga jadi satu-satunya serial yang saya kasih ekspektasi tinggi dibanding lainnya. Novelnya sudah sangat menarik bagi saya, moga saja pengadaptasian ini bisa numpahin hal tersebut jadi lebih menarik lagi. Episode pertama? Ga bisa dibilang jelek atau bagus, karena ya baru episode pertama. Bakal bernilai lagi nantinya kalau muncul suatu hubungan antara karakternya, dan disini cuma dikenalin beberapa saja.

Gekijouban Kyochuu Rettou

Kaczmarek

Versi alternatif ini meng-cover hingga sebelum Mutsumi dan kolega bertemu dengan rombongan Chujou-sensei. Daripada versi sebelumnya, kualitas animasi filmnya kurang memuaskan. Untuk dari sisi cerita kayaknya ga perlu dibahas ya. Tak perlu protes soal hal tersebut, karena dari awal manga yang diadaptasinya juga biasa saja. Entah apakah ada sekuel untuk berikutnya walau sudah diberi teaser scene dari Chujou-sensei.

Nekopara 01

What’s this?

Cats, with better adaptation

Kaczmarek

Miku Itou beruntung dapat memerankan kucing paling elegan di franchise ini. Namun saya masih lebih memilih Yui Ogura sebagai seiyuu-nya. Kemudian, sudah lama Marin Mizutani tidak mendapat peran besar dalam proyek anime. Saya masih menunggu ia mendapat peran karakter tomboy berikutnya.

BanG Dream Season 3 01

What’s this?

Anime numpang lewat yang kebetulan dapet musim ketiga

Kiriina

Agak kaget dengan episode pertamanya yang langsung menjurus ke rivalitas RAS dengan Roselia dan Popipa. Ya karena mungkin di musim ketiga ini yang ga sampe 12 episode. 3D nya juga lebih baik dari musim keduanya, cuman saya agak kecewa sama animasi openingnya yang bahkan musim pertamanya jauh lebih keren.

Magia Record 02

Kiriina

Paling suka kalo ada fitur game yang masuk ke animenya, salah satunya adalah gambar diatas dimana fitur connect yang diimplementasikan. Sejauh ini udah bagus, dari episode awal alurnya nyaman buat diikutin, terutama buat yang ga main gamenya. Seinget saya juga ga terlalu banyak kena cut sejauh ini. Dan lagi, ClariS ngasih lagu ending dengan suasana gloomy, saya demen banget kalo ClariS bawain lagu kaya gini.

Kaptain

Saya berenti main di awal arc ini, tapi saya inget Rena itu salah satu meguca yang berisi. Ga se-Mami, tapi paling nggak D cup; ini kena nerf ya?

Toilet-Bound Hanako-kun 01

What’s this?

An Epic Toilet Encounter

BlueHeaven

Saya bukan pengikut manganya. Tapi karena tiap muter Animax dikasih lihat iklannya trus jadilah saya tertarik untuk mencoba menontonnya. Sebelumnya saya sudah tahu apa itu 7 misteri sekolah dan kisah Hanako. Jadi pas tahu Hanako yang ditampilin cowo tentunya bikin penasaran.

Buat impresi pertama, saya ga bisa bilang ini horror atau komedi. Hanya satu yang pasti: epic. Openingnya catchy banget, ditambah ending yang wahuy ala Lerche. Melihat antusias pembaca manganya terhadap anime ini, saya rasa ini bisa masuk top 10 anime yang saya ikuti musim ini untuk sekarang.

Toaru Kagaku no Railgun T 01

What’s this?

No more “Squeeze Time”

Kaczmarek

Melihat musim ketiga ini akan memaparkan dua arc hingga episode 25 membuat banyak penontonnya lebih menantikannya daripada adaptasi sempit-sempitan Index ketiga. Sogita Gunha akhirnya nongol dan juga more airing time for our queen. Dalam kelanjutan serial ini juga bakal muncul kembali para pemercaya Aogami sebagai esper level 5 nomor 6. Oiya kalo gasalah permulaan episode ini terjadi setelah Musujime Awaki bertarung dengan Kuroko dan ini lah kenapa ia terbaring di ranjang RS.

In/Spectre 01

What’s this?

The supernatural experience of Sakayanagi Arisu mk.2 and cool MC.

BlueHeaven

Sebagai orang yang ga terlalu demen horror atau supernatural, saya sendiri terkejut bisa nonton 2 anime beginian musim ini. Somehow episode 1 sudah disajikan sangat baik. Kedua karakter utama diperkenalkan dengan rapi ditambah gambaran situasi terkini. Worth to follow setidaknya sampai 3 episode pertama terlebih dahulu.

Koisuru Asteroid 02

BlueHeaven

Episode kali ini padet banget. Ga nyangka aja Doga Kobo bisa menyajikannya padahal masih 2 episode. Masih pagi udah dapet fans service onsen dan kelakuan random Monroe-senpai. Thanks for the meal! (ponytail Sakura mantep abis)

Somali to Mori no Kamisama 01

What’s this?

Made in Abyss with more kind of creature

Kaczmarek

The first episode itself is gloomy as hell. Despite the magnificient view, i couldn’t restrain myself to criticize the worst potential that could happened. Menahan hal itu semua, mari berfokus kepada Golem (yang beruntungnya gak punya emosi) dan Somali (bocah beruntung yang bisa kapan saja dilahap makhluk lain).

Ishuzoku Reviewer 01

Susah nyari gambar yang nggak NSFW, jadi saya kasih ini aja

What’s this?

Managed to outhorny Overflow

Kaptain

Kalau Danberu kemaren kita dapet versi anime Macho Man, sekarang kita dapet YMCA. Mari kita lihat anime mana yang nanti bakal pake In The Navy. Kualitas produksinya saya cukup kaget bisa dikasihin ke anime edukasional kayak gini dan melihat niconico ngasih nih anime respon yang bagus, saya rasa ini investasi yang sukses. Harapan saya cuma karya lain Amahara semoga bisa dapet anime juga.

FGO: Babylonia 13

Kaptain

Kompromi yang menarik. Ereshantu itu musuh placeholder sebelum Lanceresh diimplementasi, dan anime memutuskan untuk gabungin keduanya. Lupa total saya kalau Nakata Jouji nongol buat ngebunuh kontrak Eresh, dan seneng saya dia kemunculannya itu dengan ngebunuh sesuatu cuma dengan nongol doang.

Overflow 01

What’s this?

What’s this? WHAT’S THIS? Ask yourself!

Kaczmarek

This could be the last impression about Overflow series on JOI Spotlight. Animasinya cukup memuaskan, bahkan saya gak ngira bakal sebagus ini. Hal ini juga yang bikin saya penasaran bagaimana progres Comic Festa dalam setahun lalu, karena adaptasinya ya semacam ini. Apakah menguntungkan secara finansial atau malah merugi.

Perbuatan kriminal yang dilakuin Comic Festa di Overflow ini adalah ngasih peran ke Mai Kadowaki untuk Kotone, karena saya yakin banyak yang berfantasi dengan karakter Illya karenanya. Selain itu, saya mengira Tomoe sudah pensiun sampai akhir tahun kemarin. Saya menemukannya bersama seiyuu Mia Nanase dalam proyek VTuber. Kalau kalian penasaran silahkan cek channel mereka. Poin terakhir, lagu temanya lumayan enak didengar dan kalau dapet versi penuhnya nanti mungkin bakal coba dengerin lagi.

Smile at The Runway 01

What’s this?

Satu lagi seri yang susah banget dijadiin anime akibat subjeknya

Kaptain

Seperti yang dibilang langsung di episodenya, tanggung jawab model itu untuk ngepresentasiin baju. Jadi anime ini memutuskan untuk lebih fokus ke wajah daripada baju, karena ngeanimasiin baju dan segala detailnya itu mahal, banget. Jadi ya beli aja gih manganya, it’s great.

Girls Frontline

Set baju pertama yang bela-belain beli

Kaptain

HOC dah turun, saatnya batere bangkrut lagi. Tinggal mortar aja yang masih ngumpulin pecahannya sisanya ya skill training sampe muntah. Banyak banget update yang diinginin nongol di stream tanggal 9 kemaren, Capture, kolaborasi Gunslinger Girls, grinding yang lebih enak, season 2 anime, sama expo bulan Mei nanti.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Ya, kami yakin para pembaca bakal ngasih rekomendasi buat seri yang kami lewatin di edisi kali ini, jadi silakan berikan impresi kalian di kolom komentar di bawah.

Header: U_s0