Belasan Juta Komputer di Jepang Masih Gunakan Windows 7, Microsoft Sarankan Upgrade

January 14, 2020 6:55 pm
Belasan Juta Komputer di Jepang Masih Gunakan Windows 7, Microsoft Sarankan Upgrade

Microsoft mulai memberhentikan dukungan gratis untuk sistem operasi Windows 7 per hari ini. Peringatan akan masalah keamanan dilancarkan seperti di Jepang, dimana 13,9 juta komputer di negara ini masih menggunakan sistem operasi tersebut.

Menurut pihak Microsoft Japan, sekitar 7,53 juta unit komputer di kantor dan fasilitas milik pemerintahan Jepang dan 6,38 juta unit komputer dalam rumah tangga masih menggunakan sistem operasi Windows 7. Angka ini melahap 20% dari pemakaian sistem operasi Windows di dalam negara Jepang.

Berakhirnya dukungan terhadap Windows 7 mendorong banyak pengguna untuk menaikan sistem operasi komputer mereka menjadi Windows 10 atau sistem operasi lainnya. Mereka juga disarankan untuk membeli komputer atau laptop terbaru dikarenakan perangkat keras yang sudah lama mungkin tidak dapat menggunakan perangkat lunak edisi terbaru.

Pihak Microsoft Japan juga menjelaskan bahwa sekitar 9 juta unit komputer yang menggunakan Windows 7 masih akan digunakan dalam kegiatan Olimpiade Tokyo 2020 pada Juli mendatang. “Olimpiade Tokyo akan menaikkan atensi secara global dan dapat membuat (Jepang) rentan terhadap serangan siber,” ujar perwakilan perusahaan tersebut.

BCN Inc menyatakan, bahwa penjualan laptop atau komputer terbaru di Jepang pada bulan Desember lalu naik hingga 27,6% dari tahun lalu. Hal ini diakibatkan oleh rencana permberhentian dukungan terhadap Windows 7 di negara sakura.

Lalu, bagaimana dengan kalian? Apa masih betah menggunakan sistem operasi Windows 7 atau sedang mengupayakan untuk upgrade ke sistem operasi yang lebih tinggi?

Gambar: Windows7_Nanami

Sumber: Japan Times