Kreator Serial Chihayafuru Luncurkan Situs Pendanaan untuk Industri Karuta

January 16, 2020 9:47 am
Kreator Serial Chihayafuru Luncurkan Situs Pendanaan untuk Industri Karuta

Kreator dari manga “Chihayafuru”, Yuki Suetsugu umumkan pada hari Selasa lalu bahwa ia akan meluncurkan pendanaan untuk mendukung industri Karuta. Sebuah situs diluncurkan dan memuat informasi mengenai tujuan dari pendanaan ini serta bagaimana cara ikut andil dalam mendonasikan sejumlah uang.

Bersamaan dengan diluncurkan situs pendanaan ini, Suetsugu juga mempublikasi sebuah manga pendek di situs Comici. Manga ini menjelaskan motif dari gagasannya dalam membuat situs pendanaan ini.

Suetsugu dalam manga-nya merefleksikan bagaimana cerita dalam Chihayafuru menuju akhir. Sepanjang serialisasi manga, banyak orang di dunia nyata yang berasal dari kompetisi karuta telah banyak membantunya. Ia juga merasa memiliki hutang yang besar terhadap mereka. Akan tetapi, walaupun karuta makin populer dalam beberapa tahun terakhir, banyak organisasi mengalami kekurangan dana dan sumber daya manusia untuk membayar para pemain karuta sekaligus untuk mendidik para pemainnya. Suetsugu merasa bahwa membuat manga adalah satu-satunya kemampuan baginya, sehingga ia menggunakan cara tersebut untuk mendulang dana untuk memperbaiki industri karuta tersebut.

Komite dari penggalangan dana ini merencanakan sebuah acara pertemuan karuta pada 23 Februari mendatang yang bernama “Piala Chihayafuru Ogurayama Pertama”. Kedelapan atlet karuta akan berkompetisi untuk mengumpulkan dana.

Suetsugu meluncurkan manga ini di majalah Be-Love pada Desember 2007. Serial ini mendapat adaptasi anime dan film live-action. Musim ketiga anime-nya telah tayang pada Oktober lalu.

Sumber: ANN