[JOI Spotlight] Hands Off YoRHa Edition

January 20, 2020 8:48 am
[JOI Spotlight] Hands Off YoRHa Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang masih mengumpulkan berbagai seri untuk musim dingin ini. Mari kita saksikan impresi awal lanjutan para staf JOI di bawah.

Eizouken 02

Kaptain

Bagus ada orang kayak Kanamori di sini berhubung tugas dia itu nekanin beban finansial produksi anime. Saya juga ngerasa komentar kalau “kita nggak dibayar buat kerja” itu sindiran buat industri ini. Cuma ya ini ajaib banget infrastruktur kayak kamera multi tingkat bisa ngumpulin debu di gudang.

Ini adalah seri yang mayoritas screentime digunakan untuk menjelaskan proses untuk membuat konten kreatif yang meyakinkan. Tapi uniknya dari chapter yang saya baca sejauh ini sedikit banget penjelasan soal dunianya. Kota jelas dipermak ulang (ruang guru itu kolam renang kosong) akibat perubahan iklim melihat ini di tahun 205x (dari kalender rumah) dan rumah sudah dibundel dengan jendela badai (yang frekuensinya tinggi). Mungkin itu tujuannya, sekarang giliran kita yang harus mikir soal dunia para karakternya.

Dorohedoro 01

What’s this?

One of the hardest series to be turned into anime.

Kaptain

Acceptable adaptation. Yang melihat sumber materinya ini sebuah keajaiban di industri ini.

Untung aja ini dikerjakan oleh staf yang jelas suka sama sumber materinya. Chapter bonus bakal dapet OVA 30 menit dan recap informasi juga ada di akhir episode. Jadi yang nonton eksklusif animenya juga dapet “bantuan” yang sama dengan pembacanya.

Dorohedoro itu seri misteri dan langsung saya ungkap aja kalau seri ini cukup sopan untuk ngejawab misteri utamanya yaitu identitas Kaiman dan kenapa Hole itu ditarget oleh para penyihir. Hal simpel kayak “ngejawab misteri utama” itu sesuatu yang banyak seri misteri gagal menuhin dan Dorohedoro walaupun terlihat berantakan ujung-ujungnya bisa nutup cerita dengan rapi. Ngikut seri ini saya kasih aja 3 poin yang perlu diperhatiin dari episodenya.

  1. Ngebunuh penyihir bakal matiin kutukan mereka. Ini alasan perburuan Kaiman dan alasan Nikaido ngebantu itu karena dia orang baik.
  2. Hole secara rutin diserang penyihir buat “leveling”. Umumnya mereka butuh jari/alat fokus untuk pake sihir mereka. Hancurin jari/alat yang relevan dan berdoa aja mereka nggak bawa senjata lain atau buff as hell.
  3. En mimpin Mafia yang pada dasarnya ngejaga stabilitas dunianya dan melindungi anggotanya. Tentu aja ada penyihir independen lain di luar pengawasannya yang secara rutin perlu dibersihin kalau membandel.

Isekai Quartet S2 01

Kaptain

Cuma episode ini aja yang saya kasih impresi. Ujung-ujungnya ya masalah yang sama masih ada, di spinoff komedi ini kru Konosoba aja yang ngecarry komedinya yang sekarang nambah dibebanin sama Tate Yuusha.

BlueHeaven

Semua sesuai dengan ekspektasi.

CTian

Misi, numpang nimbrung.

“Naofumi-sama!” Ahh, saya suka sekali suara Asami Seto jadi Raphtalia. The Shield Hero gang telah tiba~ Tapi sepertinya Isekai Quartet 2 ini gak bakal jauh beda sama Isekai Quartet 1. Party Shield Hero ini sepertinya hanya jadi guest character, gak bakal jadi karakter utama baru. Dilihat dari perannya yang diberikan, dan preview episode 2 yang udah dirilis, saya yakin mereka gak bakal jadi karakter seri utama dari mini seri ini. Gak kaget jadinya nanti kalau di akhir seri mereka bakal menghilang dari dunia ini. Saya rasa itu juga alasan kenapa seri ini masih bernama Isekai Quartet, bukan Isekai Quintet. Tapi saya tetap menantikan sekali interaksi seri ini dengan seri utama lainnya.

Membahas para karakter utama, para Isekai Quartet, hubungan mereka setelah episode terakhir tuh semakin asik untuk dilihat. Kapan lagi bisa lihat raja undead sama “pencuri celana dalam” jalan bareng di lorong sekolah, hahaha. Kalau di seri pertama itu masih kelihatan pengenalan, seri kedua sepertinya bisa lebih menarik interaksi antar seri ini. Apalagi di seri kedua ini mereka dibuat lebih “menyebar” gak main sama seri sendiri aja. Ya, yang udah nonton episode 1 pasti paham. Juga, karakter-karakter baru dari seri utama juga bermunculan di sini, dan udah masukin refrensi karakter masing-masing aja. Iya, para “kakek bucin”~

Bang Dream S3 02-03

Kiriina

Lucu ketika ChuChu jatuh cinta sama Rokka lewat rekaman, dan akhirnya malah dia tolak sendiri. Tapi bagus sih, saya sendiri awalnya ga nyangka kalo ada penolakan, ngga langsung diterima karena cuman dia “suka” aja. Di sisi lainnya Roselia akhirnya mutusin dengan tiba tiba buat bersaing sama RAS dan Popipa dan selamat buat Popipa juga, untuk single terbaru sekaligus opening dari Bang Dream S3 ini menduduki peringkat pertama chart Oricon, Popipa gang rise up!

22/7 01

She’s mine

What’s this?

Sally Amaki and friends show

Kiriina

Oh great, another idol group joins the battle. Saya suka sebenernya sama impresi di awal anime ini, terlebih yang biasanya MC anime idol itu adalah orang yang cheerful, sementara disini adalah orang yang bisa dibilang pemalu. Hingga kemudian saya agak sedikit bingung ketika mereka menerima sebuah “quest” dari benda “aneh”.  Ah Iya, saya juga ngerasa sedikit keganggu sama seiyuu nya, tapi wajar karena mereka baru.

Darwin’s Game 02

Kaczmarek

Rein/Rain akhirnya bisa menemui Kaname. Dalam situasi battle royale ini, tentunya kerja sama antar pemain dapat memudahkan sedikit pembersihan para kasual yang niatnya mudah ditebak. Tentu saja tidak untuk Kaname dan Rein, yang bekerjasama untuk melawan tim lain yang mengepung hotel tersebut. Ngomong-ngomong, saya makin terbiasa dengan keluhan para karakter yang dipernakan oleh Yuusuke Kobayashi.

Hatena Illusion 02

Kaczmarek

Masih dengan permasalahan awal. Hubungan Hatena dan Makoto masih belum sama-sama enak, sehingga yang diangkat hanya hal-hal ini saja. Di episode ini juga kita mengetahui bagaimana ansosnya Kana/Hatena, dan betapa mengganggunya Kokomi (yeah, saya berterima kasih komite produksinya nunjuk Sumippe buat karakter ini). Untuk berikutnya, saya menanti plot utama dari serial ini selain dari hubungan suka-benci antara kedua protagonis.

FGO Babylonia 14

Kaptain

A heart to heart with a bunch of inhumans dan lemparan Axe of Marduk yang dianimasiin dengan kompeten. Baru inget kalau Ana di ascension akhir emang nggak punya tato di dahi pas ngecek wiki. Harusnya sih abis ngurus Gorgon di minggu depan bakal masuk cour 2 yang beneran jadi akhirnya bisa mastiin apakah opening kali ini emang placeholder doang apa nggak.

In/Spectre 02

Kaczmarek

Storytelling. Disini kita membahas kasus Tanio Aoi yang diduga membunuh Yasuhara. Bermula dari dendam yang masih abu-abu, kemudian mengembang menjadi peluang dari kemungkinan pelaku. Aoi sendiri mengakui membunuh Yasuhara, namun itu tak cukup untuk memperjelas kasus yang melibatkannya ini. Serpent di pegunungan yang menjadi saksi abstrak dalam kasus ini keheranan atas maksud Aoi yang membuang mayat Yasuhara dan mengatakan, “Aku berharap mereka menemukanmu”.

Keambiguitasan dari penjelasan terduga juga membuat motif dari pembunuhan ini jadi makin bercabang. Yep, kita harus nunggu minggu depan untuk tahu jawabannya. Episode ini malah mengingatkan saya akan serial Sakurako-san no Ashimoto wa Shitai ga Umatteiru. Kalau ini lebih memprioritaskan pembentukan hipotesa, sementara yang satunya lebih ke pembuktian langsung (dengan tulang pastinya). Selain itu, saya masih menunggu Nanase ToBrut Karin untuk nongol dalam waktu dekat.

Infinite Dendrogram 02

Kaczmarek

Memotong penjelasan dan terminologi di episode kedua bagi saya itu hal buruk. Sudah merasa mereka bakal memangkas sebanyak mungkin cerita untuk adaptasinya, benar saja mereka tak membahas tiga avatar dalam episode ini. Kalau membaca novelnya, pasti kita disuguhkan soal topik tersebut dan pembaca bakal dijelaskan lebih lanjut mengenai kemampuan dari embryo seperti Nemesis dan Babylon. Dengan sedihnya, saya memasukan anime ini dalam 3 episode ah enggak deh, 5 episode rule untuk dilanjutkan atau tidak. Tambahan terkakhir, punya embryo succubus itu sedikit membuat saya bereaksi, “Hohooooo!”

Bofuri 02

Kaczmarek

Sedikit aja, gaada yang bisa dikasih impresi disini. Karena segala aspeknya sesuai dengan ekspektasi saya, dalam arti baik. Selamat menonton sampai tamat!

BlueHeaven

Akhirnya Sally debut! Emang ini event merupakan suatu kebodohan. Maple masih nubi bisa ngebantai cuma diem di satu lokasi padahal.

CTian

Party yang isinya tameng hidup & tameng ngacir. Penasaran aksi mereka akan seperti apa~ Mengutip salah satu player yang ngirim pesan di chat room episode 2 “Can’t the next event come quickly? I can’t wait to see how good she is.”

Ishuzoku Reviewer 02

Kaptain

Seperti yang bisa kalian lihat di gambar atas, episode ini topiknya tentang politik. Di seri lain dunia yang fokusnya ke rumah bordil ini bisa ada just because. Tapi episode ini nyempatin waktu untuk ngasih tau kenapa dunia ini cenderung lebih egalitarian walaupun wujudnya kayak RPG fantasi standar.

The Orcs are really good at this bread and circus stuff. Dunia fantasi itu cenderung stagnan secara kultural yang durasinya bisa sampe ribuan tahun, makanya platform populisme yang ngejamin stabilitas si Orc itu wajar aja populer dibanding sama succubus yang fokus ke seks dan demon yang nggak hanya disruptif, juga punya stigma ras yang jelek.

Also boobs, I guess. Kaget aja si peri itu Yoko Hikasa.

Toilet-Bound Hanako-kun 02

BlueHeaven

Tensi semakin memanas. Daikon-ashi memulai kerjanya sebagai asisten Hanako. Dari ngebersihin toilet, hingga merubah rumor dikerjakannya dengan baik

Tapi ini adalah awal dari terbukanya misteri. Paruh waktu kedua memunculkan karakter pengusir roh yang bermaksud melenyapkan Hanako. Selain dari pertarungannya yang asik ditonton, masa lalu Hanako juga dibuka disini. Apalagi endingnya yang masih menggunakan naratif dari radio yang membahas “Tangga Misaki”, ada suatu clue dibalik opening dan ending ini.

CTian

Bahas dikit dari episode 1 dulu ya~

Saya sebagai pembaca manga seri ini, puas sekali sejauh ini dengan adaptasi animenya. Dari mereka mempertahankan art-nya yang unik, musiknya, warna yang dikasih, sampai akting pengisi suaranya sangat memuaskan. Tapi sedikit khawatir kalau ceritanya akan dipersingkat, mengingat porsinya hanya dapat 12 episode. Karena saya tahu persis, di cerita mana mereka akan menamatkan adaptasi anime ini. Semua petunjuk sudah dikasih di lagu tema pembukanya. Jadi pembaca manga pasti merasa dihantui dengan petunjuk-pentujuk itu.

Tapi (lagi), saya masih gak terima itu suara Aoi bukan Satomi Sato! (Chiya Gochiusa, Chitanda Hyouka) Padahal waktu baca manganya, ingin sekali dia yang meranin. Ya sudahlah, saya masih menaruh harapan di karakter yang belum diumumkan pemerannya. Semoga kesampain, fancast saya. Untuk episode 2, pengenalan Kou dan Mokke oke sekali~ Juga masa lalu Hanako-kun yang mulai terungkap ini. Bingung kan vibe seri ini imut atau seram?~

Ah ya, manganya sudah diterbitkan di Indonesia lho.

Diterbitkan Elex Media dengan judul “Hanako si Arwah Penasaran”. Sudah diterbitkan hingga jilid ke-8.

Somali to Mori no Kamisama 02

Kaczmarek

Seperti yang saya bilang di spotlight sebelumnya, saya kesal dengan keadaan dalam anime ini. Setelah memberitahu alasan mengapa Golem dan Somali berpetualang, tentunya saya makin kesal. Jika seperti ini, kita akan diperlihatkan bagaimana Golem ini menghabiskan akhir hayatnya nanti. Yang menyebabkan saya ragu adalah apakah dia berhasil menemukan ayah dan ibu Somali sambil menutupi identitasnya, Kita juga gamau melihat Somali dirantai (lagi) sebagai budak atau makanan.

Runway de Waratte 02

Lupakan soal fans service, calon waifu yang tumbang itu lebih penting.

BlueHeaven

Semuanya tidak semulus yang kita kira. Menggapai mimpi yang mustahil, seorang model dengan postur yang pendek dan desainer pakaian yang masih amatir mencoba dunia fashion pro tentunya banyak tantangan. Bosnya Ikuto juga perilakunya ga manusiawi. Kita lihat apakah mereka bisa menyelamatkan pameran di episode berikutnya.

CTian

Sangat menantikan episode berikutnya.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Penyakit saya kalau baca instruksi, pasti saya klik dengan harapan kalimatnya langsung lengkap dan tak perlu nunggu lama teksnya nongol. Bamboozled. Malah langsung kena skip. Kebiasaan tersebut harus saya kurangi sepertinya, akibat kebanyakan baca novel visual.

Kantai Collection

Kaczmarek

Jangan lupa kumpulin kacang guys! Mayan lah dapet Ginga, walau “‘dah lah males” tiap ke 5-5. Untuk Yuubari, saya hanya perlu ngedapetin 1 BP untuk bulan ini. Niat awal bulan buat Roma sih, cuman setelah Yuubari K2 nongol saya malah kepincut melon satu ini.

Girls Frontline

Kaptain

Lengkap dah. Nunggu stok data ngisi dulu dan stok batere juga bisa istirahat. Ini HOC emang resource sink banget walopun harusnya di Continuum Turbulence nanti punya satu aja harusnya dah cukup. Singkatnya ya misi utama harusnya gampang, tapi ranking bakal neraka banget.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Ya, saya tahu beberapa seri kelewat. Punya impresi untuk seri yang sudah tayang minggu lalu? Sampaikan di kolom komentar di bawah.

Header: LindaVonree