Fakta Menarik Manga The Quintessential Quintuplets Milik Elex Media

January 22, 2020 11:24 am
Fakta Menarik Manga The Quintessential Quintuplets Milik Elex Media

Seperti yang sudah diketahui, manga Go-Toubun no Hanayome sudah diterbitkan di Indonesia. Diterbitkan oleh Elex Media, manga ini diterbitkan di Indonesia dengan judul The Quintessential Quintuplets. Mengikuti judul official bahasa Inggrisnya. Tapi, ternyata ada fakta-fakta menarik dari manga edisi Elex Media, yang mungkin kamu belum ketahui. Berikut fakta-fakta menarik yang membuat manga Elex Media ini begitu worth it untuk dikoleksi.

Diterbitkan Premium

Manga ini adalah salah satu manga terbitan penerbit Gramedia Group, yang dicetak premium. Bagi yang belum mengetahui apa itu cetakan premium, edisi ini adalah manga tankoubun yang dicetak dengan bookpaper. Karena cetakan manga di Indonesia yang edisi biasa (reguler) memakai kertas koran. Kadang edisi ini juga disebut semi premium. Edisi cetak ini mulai populer pada tahun 2017. Di mana waktu itu m&c! menerbitkan manga My Hero Academia dengan format ini.

Kualitas kertas dan cetakannya jelas berbeda jauh dengan manga reguler. Ada kualitas, pasti ada harganya juga. Edisi ini dibandrol mulai dari 40.000 Rupiah. Sedangkan manga reguler dibandrol mulai dari 28.000 Rupiah (per tahun 2020). Manga Elex Media lainnya seperti Black Clover, Dragon Ball Super, Boruto, dan Demon Slayer (Kimetsu no Yaiba) juga menggunakan edisi ini.

Ukurannya Lebih Besar

Tak hanya premium biasa, ukuran manga ini bahkan lebih besar daripada manga Elex Media lainnya. Jika biasanya mereka menggunakan ukuran lebar 11.4 cm, dan panjangnya 17.2 cm, manga ini dicetak dengan ukuran 12×18 cm. Ukuran ini biasanya adalah ukuran yang digunakan manga Level Comics, imprint manga dewasa dari Elex Media. Bahkan ukurannya juga lebih besar dari manga asli yang di Jepang. Walau masih lebih kecil dari ukuran milik Kodansha USA.

Kualitas cetakan bisa dibilang sama, ukurannya lebih besar, bahkan harganya juga lebih murah. Di Jepang, jilid 1 manga Go-Toubun no Hanayome dijual dengan harga 429 Yen (sekitar 53.000 Rupiah). Belum termaksud ongkos kirim dan lainnya kalau ingin beli import. Terbitan Elex Media ini hanya dibandrol harga 40.000 Rupiah (harga pulau Jawa). Jelas lebih stonks kan? Terus tunggu, ada 1 lagi fakta yang membuat manga Elex Media ini semakin layak untuk dikoleksi.

Bahan Yang Didapat adalah Materi Digital

Dokumentasi Editor Elex Media

Mungkin kamu belum mengetahui apa spesialnya fakta ini. Oke, akan saya jelaskan sedikit. Penerbit di sini biasanya mendapatkan materi untuk dikerjakan, atau bahan mentah yang dikerjakan, berupa buku fisik. Di mana mereka harus meng-scan terlebih dahulu untuk menjadi bahan digital. Yang kemudian dikerjakan di kelompok adobe. Nah, manga ini bukan salah satunya. Manga ini adalah salah satu manga yang langsung mendapatkan bahan digitalnya

Apa yang membedakannya? Jelas hasil cetaknya nanti. Bayangkan, gambar yang di-scan lalu dicetak lagi, kadang hasilnya masih ada yang gelap atau ada cacat lainnya. Sedangkan bahan digital yang dicetak langsung pasti warnanya akan lebih terang, tergantung mesin cetaknya juga tetap. Hasilnya pun juga sudah terlihat, warna manga ini lebih jernih dibanding manga Elex Media lainnya. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri.

Hal ini saya ketahui saat editor Elex Media mengatakan kalau mereka sedang menunggu data digital manga ini. Faizal, selaku editor manga ini di Elex Media, juga mengkonfirmasi hal ini. Bahwa Elex Media mendapatkan bahan digital untuk pengerjaan manga ini. Dia juga mengatakan kalau hasil cetak bahan digital dan bahan yang di-scan terlebih dahulu pasti akan berbeda. Materi digital akan terlihat lebih terang warnanya.

Itu dia beberapa fakta menarik manga The Quintessential Quintuplets milik Elex Media. Apakah membantu kamu menjadi bahan pertimbangan mengoleksi manga berbahasa Indonesia ini? Manga ini bisa kamu dapatkan di toko buku Gramedia, toko buku fisik lainnya, maupun toko buku online.

Sumber/Refrensi: Editor Elex Media