Aquaplus: Pengembangan Game Konsol untuk Serial Utawarerumono Tengah Berjalan

January 23, 2020 10:13 am
Aquaplus: Pengembangan Game Konsol untuk Serial Utawarerumono Tengah Berjalan

Aquaplus tampaknya sedang memanjakan para pemain gamenya terutama yang berada di luar Jepang. Dalam wawancara dengan Dengeki Online, pihak Aquaplus menyatakan bahwa mereka tengah mengembangkan serial Utawarerumono ke dalam beberapa konsol. Perlu diketahui, dua novel visual mereka akan resmi dirilis di Steam pada hari ini.

Perwakilan Aquaplus menjelaskan, “Kami memiliki berbagai (proyek) pengembangan untuk konsol juga, jadi mohon untuk menantikan pengembangan di masa depan menghabiskan waktu kalian untuk bermain Utawarerumono: Itsuwari no Kamen dan Utawarerumono: Futari no Hakuoro.”

Proyek pengembangan untuk konsol lain sudah mulai diumumkan oleh Naoya Shimokawa pada Juli 2019. Saat ini Naoya mengatakan bahwa proyek lain di luar mobage “Utawarerumono: Lost Flag” tengah berjalan, termasuk juga untuk (beberapa) judul konsol. Walaupun terlihat ambigu dalam pernyataannya, namun sekarang sudah terlihat jelas setelah adanya pernyataan tambahan yang diutarakan kemarin di Dengeki Online.

Leaf, studio novel visual yang berada di bawah naungan AQUAPLUS merilis game orisinal Utawarerumono untuk PC pada 26 April 2002. Rating yang digunakan untuk perilisan ini adalah 18+. Game simulasi petualangan mengambil tempat dimana orang-orang memiliki telinga dan ekor hewan. Mereka membentuk negara masing-masing dan bertempur untuk merebutkan supremasi. Game ini kemudian mendapat pengembangan di platform lainnya seperti PS2, PSP, PSVita dan PS4.

Sebuah sekuel berjudul “Utawarerumono: Itsuwari no Kamen” mulai dipasarkan AQUAPLUS pada 24 September 2015. Sekuel Utawarerumono ini sebelumnya hanya tersedia untuk PSVita, PS3, dan PS4 dan menggunakan rating 15+. Game ini kemudian dipasarkan di Amerika Utara pada 23 Mei 2017. Sekuel berikutnya, “Utawarerumono: Futari no Hakuoro” dirilis di Jepang pada 21 September 2016 untuk platform PS Vita, PS4, dan PS3. Sekuel kedua ini mulai dipasarkan di Amerika Utara pada 5 September 2017. Sebuah game ponsel Utawarerumono: Lost Flag juga sudah dirilis pada 26 November 2019.

Novel visual Utawarerumono mendapatkan adaptasi anime pada tahun 2006. Anime yang berjumlah 26 episode ini tayang pada musim semi 2006 dan diproduksi oleh studio OLM (Pokemon series). Sekuel anime berikutnya, Utawarerumono: Itsuwari no Kamen mulai mengudara di Jepang pada musim gugur 2015. Tampil dalam 25 episode, sekuel ini diproduksi oleh studio WHITE FOX. Adaptasi musim ketiganya juga sudah diumumkan oleh Naoya Shimokawa.

Sumber: Gematsu, Dengeki Online