[JOI Spotlight] Year of The Rat Edition

January 26, 2020 7:56 pm
[JOI Spotlight] Year of The Rat Edition

Selamat datang di JOI Spotlight penutup bulan Januari ini. Berbagai episode sudah masuk ke episode ketiganya jadi seharusnya daftar tontonan sudah mulai stabil juga. Mari kita seperti biasa menyaksikan impresi para staf di bawah.

Eizouken 03

Kaptain

Animator ada untuk membuat animasi, untuk membuat gerakan. Agak sedih aja sih si Mizusaiki itu passionnya di sesuatu yang memang menakjubkan di aspek teknik, tapi sayangnya nggak gede pengaruhnya di aspek komersil. Kanamori seperti biasa punya pandangan pragmatik soal beban sumber dayanya, tapi cukup melek juga kalau mendikte kreativitas itu ide buruk. Kompromi dia itu cukup bagus melihat kebanyakan proyek pertama, terutama di proyek amatir; itu suka kelewatan scopenya.

Dorohedoro 02

Kaptain

There’s Noi. Ya, she will never stop being awesome. Tapi ya keluarga En secara keseluruhan itu menarik semua isinya. Seperti biasa saya akan ngasih tiga poin utama yang perlu diperhatiin.

  1. Hujan di Hole itu nggak sehat untuk manusia akibat kontaminasi sihir. Ini juga punya efek tersendiri dengan tanah yang meresap air hujannya.
  2. En punya banyak musuh. Namun dia punya ketertarikan tersendiri dengan orang dengan tato silang di mata mereka.
  3. Ebisu terluka secara mental sejak mukanya dirobek. Fujita secara efektif itu perawatnya sekarang.

Infinite Dendrogram 03

Kaczmarek

Minggu lalu saya baru nulis Ranko Hata sebagai Waifu Wednesday, dan sekarang muncul lagi jurnalis dalam game yang tampaknya lebih profesional dari Hata karena kerjanya nyari duit beneran demi tukar informasi. Lalu, mungkin para penontonnya bakal kaget setelah Rook bilang sub-classnya ternyata seorang Pimp. Iya bener Pimp, atau bahasa sini kita sebut muncikari. Seorang muncikari punya embryo Succubus, duo yang berbahaya demi keberlangsungan dan kesejahteraan keluarga.

Staff need to use common sense in Goblin scene. Gimana ceritanya di dataran rendah dengan pohon sedikit dari jauh kagak ngeliat goblin segede itu? Paling enggak gambarin jalannya deket perbukitan atau pegunungan sehingga pandangan korban-korban itu terhalang oleh tingginya puncak bukit/gunung dimana para goblin gede itu sembunyi dibaliknya. Oiya, jangan heran ceritanya masih biasa-biasa saja alias plotnya gak juga nongol karena ini masih tahap pengembangan awal alias perkenalan. Mungkin kita bisa melihat adanya plot di dua episode berikutnya.

Hal terakhir yang perlu ditanya lagi kepada penonton, apa kalian masih menonton hanya karena rating suatu forum? Saya sendiri udah gak memakai sistem seperti ini lagi semenjak anime Punchline” tayang bertahun-tahun lalu. Apalagi banyak rekan saya yang mulai malas untuk menonton hanya karena melihat rating di MAL dibawah 7 atau dibawah 5 di Anidb. Bagaimana menurut kalian tentang hal seperti ini?

FGO Babylonia 15

Kaptain

Ya ampun ini ngebut banget. Kirain ini Gorgon bakal satu episode tapi langsung aja ke momen Kingu dipensiunin. Saya tau ini masih ada satu film lagi, tapi lucu aja sih Medu tuh dapet lebih banyak screentime di sini dibanding di Heavens Feel. 3DCG itu ngebantu banget buat Lahmu berhubung sangat kelihatan nggak alami itu daya tarik utama mereka. Kalau di game dibuat ambigu, anime eksplisit banget ngasih tau Siduri nasibnya gimana.

Masih soal Lahmu, ngelawan lautan Lahmu itu masih doable melihat secara teknis kita ngebawa pasukan Servant di game. Sejauh ini konflik di Babylonia kebantu pasukan Uruk, cuma ya di anime sisa petarung tim kita bisa dihitung pake jari. Semoga aja bala bantuan yang diomongin Romani di awal musim itu nggak cuma komentar doang. Capek banget ga bawa Saber buat damage sponge kayak Lahmu

Kaczmarek

Dari awal nungguin Lahmu-nya dianimasiin, ternyata lebih mengerikan dengan dari yang saya duga. Saya sedikit bingung kenapa Tomoe dan dua servant lainnya ada di animasi penutup ini. Apa mereka bakal nongol di sisa episode? Ngingetin juga minggu depan bakal libur lagi.

Toaru Kagaku no Railgun T 02-03

Kaczmarek

MEMBER sudah nongol dan mari menunggu kekacauan apa yang akan mereka perbuat. Saya juga mengherankan betapa naifnya Kirifu dalam lomba ini hingga ia mudah sekali dikalahkan. Tokiwadainya juga terlalu meremehkan lawannya, sehingga mereka mudah kali dikalahkan. Di akhir episode ketiga ini juga MISAKA 10032 harus pingsan dan nampaknya dalang utamanya adalah Misaki dan orang lain yang saya kenali.

In/Spectre 03

Bocah kalo ngomong gak diayak!

Kaczmarek

Jadi kasus Aoi ini hanya ditutup dengan hipotesis aja? Saksi kunci dalam kasusnya ini gak lain adalah hantu yang berada di selnya sekarang. Semenjak Kotoko membuat peluang cabang kenapa Aoi membuang mayat itu ke perairan internal itu, saya malah berharap ada penyelesaian yang nyata dari permasalahan Aoi. Disini kita disuguhkan peluang lain, dimana Aoi pernah membuang janin di perairan itu yang berasal dari hubungan dengan mendiang pacarnya dan setelah mengetahui pacarnya dibunuh, ia berharap dapat menemukannya lagi dengan bantuan polisi lewat pembunuhan Yasuhara.

Saya gak mengira Kotoko bakal ketemu Saki (lagi) secepat ini. Dengan ini kita bakal dipertontonkan keributan soal masalah pasangan diantara keduanya. Cuma berharap Kojin atau Karin Nanase gak ngikut jadi rivalnya mereka berdua demi dapetin Kurou. Apalagi dengan aset segede gaban itu bisa aja menarik Kurou, tapi enggak kayaknya. Selain itu cinlok Terada terhadap Saki kini membumbung dan saya gak yakin Saki mau menerimanya (untuk saat ini).

BlueHeaven

Terus terang, saya secara pribadi tidak suka bagaimana mereka membuat anime seperti macam ini, kisah satu belum kelar udah dicut, trus lanjut di setengah episode depan, sehabis itu langsung gas di next arc. Meski bagian serunya sudah muncul, ada pertimbangan untuk saya drop serial ini.

Ishuzoku Reviewers 03

Kaczmarek

Seiyuu versi cewek dari Zel ini saya tebak adalah Hisako Kanemoto. Terima kasih kepada staf, karena saya bisa bayangin Keine (CHOYOYU!) atau Tomoe Gozen (F/GO) kalau lagi mendesah. Kemudian Makoto Koichi cocok juga meranin karakter cewek maskulin kayak Elza dan saya baru nyadar Stunks diperanin sama seiyuu-nya Ayumu.

Kaptain

Di awal penayangan Amahara selaku kreator ngasih komentar kalau anime bakal jauh lebih sensual. Ternyata ini karena animenya bela-belain ngeanimasiin prosesnya. Satu lagi nilai tambahnya tuh, respon party ke preferensi Crim jauh lebih positif dibanding manganya yang “oh no, a gae”. Never it be said that this series is unfair to your preference.

Hatena Illusion 03

Kaczmarek

Budget swap, budget swap! Budget swap, budget swap! Satu hal yang mengkhawatirkan dari proyek animasi ini dari awal memang masalah budget. Di episode ini aja kita bisa melihat secara kontras bagaimana kualitas animasi di akhir episode dengan animasi penutupnya. Semoga mereka memang sengaja menghematkan diri di pertengahan serial demi memperindah bagian akhirnya nanti. Delay mungkin bisa dipungkiri, namun tidak untuk waktu lebih dari 1 minggu.

Somali to Mori Kamisama 03

Kaczmarek

Apa yang diharapkan dari Golem yang kurang memiliki perasaan? Kemampuannya. Ia yang berperan menjadi bapak pengganti Somali taklah mudah. Mulai dari melindunginya jadi santapan makhluk di dunia ini, hingga untuk tetap hadir di sampingnya. Di akhir episode ini saya menebak-nebak apakah Somali bakal diculik atau dijadikan budak seperti sebelumnya.

Kiriina

Gemesin emang lihat Somali ini, cuman kalo dia nangis saya juga ikutan nangis. Golem-san juga sepertinya mulai mengerti cara belajar memahami perasaan manusia.

BanG Dream 04-05

Kiriina

Gimana MV nya RAS? Ga usah ditanya, cakep abis emang. Jadi sekarang kalian berpikir gimana caranya Popipa ngalahin RAS sama Roselia? Tenang, jalur prestasi atau orang dalam “plot protagonis” masih ada. Tapi mari kita lihat di episode kedepannya gimana setidaknya cara mereka / usaha mereka masuk ke Budokan dengan kondisi di episode 4 dan 5 nya yang jauh tertinggal dengan para rivalnya.

22/7 02

Kiriina

Sedikit, atau emang cukup boring episode kedua ini. Saya juga agak muak sama si Miu ini lama-lama. Timbul keraguan apakah bakal nerusin serial ini kedepannya atau enggak.

Darwin’s Game 04

Kaczmarek

Mohon maaf minggu lalu saya salah tulis nomor episodenya. Melihat episode ini, saya cuma nyengir-nyengir sendiri dengan armor dari kayu itu. Dengan berhasilnya Kaname dan Rein untuk turun lantai, apa berarti florist itu bakal bergabung dengan mereka? Dan apakah Shuka bakal gabung mereka setelah ini?

Toilet-Bound Hanako-kun 03

CTian

Hanako & Nene (dan Kou), mendatangi Nana Fushigi ke-2, Tangga Misaki. Indah sekali dunia perbatasannya Tangga Misaki~ Di manga karena hitam putih, saya cuman bisa melihat detail-detailnya. Adaptasi animenya indah sekali, pemilihan warnanya bagus. Pemilihan warna memang poin plus adaptasi ini menurut saya.

Juga, kalau diperhatikan animasinya lumayan meningkat di episode ini. Tapi apa bayarannya? Desain karakternya gak bisa ngimbangin. Susah pasti bikin gambar bergerak dengan desain seperti itu. Kelihatan, di beberapa adegan aksi Hanako sama Kou, garis penegas di gambarnya hilang. Itu lho, garis hitam yang ada di karakternya, ah maaf saya lupa nyebutnya apa.

Yukana sebagai si Nana Fushigi kedua, ahhh pas pas pas~ Waktu diumumin, jujur kecewa karena gak sesuai fancast. Tapi, waktu tahu dia dulu meranin Irusu-senpai, ah cocok lah~ Chitanda (Satomi Sato) gak meranin Aoi, setidaknya Irusu-senpai jadi Nana Fushigi kedua~

BlueHeaven

This is getting better and better. Akhirnya misteri yang paling saya nantikan dengan keterlibatan dua karakter yang saya paling sukai telah dimulai. Saya suka bagaimana mereka membuat scene dengan hanya memainkan layar seperti serasa digoyang. Masih dengan panel dan muka chibinya, anime ini sudah layak menjadi salah satu adaptasi terindah sepanjang musim ini.

Runway de Waratte 03

BlueHeaven

Bagaimana bisa saya mengabaikan episode yang mungkin membuat anime buatan Ezola ini menjadi salah satu yang terpandang di musim ini. Segala hal yang kau lihat adalah fiktif. Fiktif tapi efektif. Seorang desainer amatir debut jadi staff penjahit bisa merubah desain secepat kilat (dan lebih herannya diijinkan sedemikian jauhnya) serta model pendek debutan yang jatuh dan tersenyum, melanggar 2 hukum mutlak dari profesi ini. Semuanya itu disajikan dengan elegan tanpa membuat penonton awam menggerutu akan kekurangan yang ditampilkan. Malahan semua kekurangan itu membuat penonton terkesima atas karya dari sebuah studio anime yang masih hijau.

CTian

Ahh, episode ini bikin deg-degan sekali! Saya suka sekali cara para karakter utamanya saling mendukung satu sama lain. Bahkan karakter baru yang muncul di episode 2 juga, suka sekali. Semangat dan perjuangan mereka ini berkesan sekali. Sampai nangis saya nonton episode ini.

Saya nungguin sekali penayangan perdana anime ini. Bela-belain nonton dini hari, dan penantian saya sangat terbayarkan!!! Iya, nonton di YouTube Muse Asia. Ini episode anime terbaik Minggu ini, dan mungkin akan menjadi tontonan terbaik saya di musim ini. Yap, saya suka sekali anime Shonen macam ini~

BOFURI 03

BlueHeaven

Minggu ini episode batu loncatan untuk episode depan dimana event kedua dari NWO akan dimulai. Notable momentnya hanya kencan Sally dan Maple serta Maple yang kena nerfed.

CTian

Yaaaa kena nerf, wkwk~ Tapi malah jadi motivasi Maple yak, untuk ningkatin Vitality lagi. Hoo, duo-nya menarik, walau Maple belum kebanyakan bantu. Tidurr terooos~ Ahh candle light dinner-nya mereka lucu sih.

Tapi, episode berikutnya bakal banyak aksi sih. Juga, bakal lihat hal menarik kayaknya di episode berikutnya. Udah lihat preview episode berikutnya? Kaget saya lihatnya. Saya penasaran kenapa itu nanti si Maple.

Koisuru Asteroid 03-04

BlueHeaven

Kedua episode ini secara bersih menjelaskan latar belakang semua member dari club termasuk senseinya sendiri. Ditambah banyaknya ilmu pengetahuan yang dikeluarkan mulai dari arkeologi, geologi, geografi, fisika, dan masih banyak lagi. Semua ekspresi dan kelakuan para karakter juga memenuhi dosis setara jatah 3 hari insulin.

Girls Frontline

Kaptain

JP emang dapet Howa 89, tapi kita fix dapet 6* lebih awal. Berhubung Fire Control itu langka banget antara kalian ngeupgrade NTW buat ranking Februari atau dihemat buat HK416 nanti. Untuk sekarang saya ngandalin M200/Ceno/IWS sama dupe HG aja buat rank. Jadi Neural Fragment ada stok buat Soppo sama 45.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi mana saja seri yang memberi kalian impresi yang cukup signifikan? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.

Header: 三可TK